Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi di Dunia
Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Asia

Posted on
Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi di Dunia
Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi di Dunia

Pada zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, bangunan tinggi seperti gedung pencakar langit bukan hal yang luar biasa lagi. Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan juga persaingan yang sangat ketat menciptakan manusia yang cerdas dan juga terampil dalam menghasilkan sebuah ide dan kreasi baru yang awalnya baru di dalam imajinasi dan pemikiran mereka. Inilah beberapa gedung pencakar langit yang tertinggi di dunia :

1. Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter)

Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi
Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat (828 meter) Gedung Tertinggi

Dahulu gedung ini diberi nama Burj Dubai. Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi yang mencapai di Dubai, Uni Emirat Arab, yang pernah dibangun oleh manusia dan resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunan ini adalah mahakarya dari arsitektur Skidmore, Merril, dan Owings yang mencapai tinggi 828,9 meter dan mempunyai 160 lantai.

Menara ini diberi nama Burj Khalifa karena untuk menghormati serta sebagai simbol terima kasih kepada Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan, karena dirinya bersdia untuk menginvestasikan dananya sampai Burj Dubai selesai kemudian diganti namanya.

Gedung ini bisa menampung kira – kira 35.000 orang pada satu waktu. Mempunyai 57 lift dan 8 eskalator yang dipasang. Double-deck lift terdapat fitur hiburan misalnya layar LCD untuk melayani para pengunjung agar tidak bosan selama perjalanan mereka ke dek observasi. Lift ini mempunyai kapasitas 12 hingga 14 orang per kabinnya, dengan kecepatan naik dan turun hinggab10 m/detik (33 kaki/detik). Gedung ini memiliki kurang lebih 2.909 anak tangga mulai dari lantai dasar ke lantai-160, jadi totalnya 163 lantai.

2. Shanghai Tower, Shanghai, China (632 meter)

Shanghai Tower, Shanghai, China (632 meter) Gedung Tertinggi
Shanghai Tower, Shanghai, China (632 meter) Gedung Tertinggi

Gedung ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi ke-2. Shanghai Tower dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Perancang Shanghai Tower adalah Gensler. Gedung ini memiliki tinggi mencapai 632 meter dan di dalam gedung ini terdapat 121 tingkat dengan luas total area 380.000 meter persegi.

Biaya yang dibutuhkan untuk membangun gedung ini sekitar Rp.31 triliun dan masih merupakan tahap pembangunan. Pemerintah China mengatakan kalau gedung tinggi ini merupakan simbol masa depan bangsa yang penuh dengan harapan dan kesempatan yang tidak hanya habisnya. Gensler mempunyai ambisi untuk membuat jalan vertikal, seperti urusan transportasi gedung yang dilengkapi perjalanan lift tertinggi dan tercepat dengan catatan kecepatan kira – kira 40 meter per jam hingga ujung ketinggian menara. Shanghai Tower masih mempunyai banyak zona budaya, seperti taman langit, area rekreasi,museum, area perhotelan, dan area bisnis.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah, Saudi Arabia (601 meter)

Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah, Saudi Arabia (601 meter) Gedung Tertingggi
Abraj Al-Bait Clock Tower, Mekkah, Saudi Arabia (601 meter) Gedung Tertingggi

The Al-Bait Clock Tower mempunyai nama lain Menara Mecca Royal Hotel Clock. Abraj Al-Bait Clock Tower ini terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi dan merupakan rancangan para arsitek dari Dar Al Handasah Architects. Pelaksana pembangunan dilakukan Saudi Binladin Group. Kompleks ini dibangun agar dapat menampung jama’ah haji yang dari tahun ke tahun semakin banyak demi untuk menunaikan ibadah haji. Jika jumlah jama’ah haji setiap tahunnya bertambah maka bisnis perhotelan akan semakin berkembang cepat.

Kompleks bangunan ada di dekat masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat paling suci Islam, Masjid Al-Haram yang merupakan qiblat untuk semua umat islam di seluruh dunia. Kompleks ini mempunyai 7 menara yang mana salah satu menaranya diberi nama Hotel Tower. Rencananya hotel ini akan dijadikan hotel berbintang tujuh. Pembangunan kompleks ini dimulai dari tahun 2004 sampai selesai dan telah dibuka di tahun 2012. Kompleks ini juga memegang rekor dunia, yaitu menara jam tertinggi yang ada di dunia, wajah jam terbesar di dunia dan juga luas lantai terbesar di dunia. Mempunyai luas lantai mencapai angka 1.500.000 meter persegi (16.150.000 kaki persegi) dari floorspace, dan mempunyai 120 lantai.

4. Taipei 101 Taiwan

Taipei 101 Taiwan Gedung Tertinggi
Taipei 101 Taiwan Gedung Tertinggi

Taipei 101, disebut juga Taipei World Financial Center, merupakan sebuah gedung pencakar langit landmark yang berada di Distrik Xinyi, Taipei. Desain bangunan ini terinspirasi oleh arsitektur tradisional Cina, yang memiliki bentuk seperti pagoda. Gedung ini terdapat 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai bawah tanah yang tingginya mencapai 1.667 meter. Saat bulan Juli tahun 2011 lalu, bangunan ini diberikan sertifikasi LEED Platinum sebagai bangunan yang hemat energi terbesar dan tertinggi di dunia. Taipei 101 mempunyai fitur Dek Indoor di lantai 89 dan Dek terbuka di lantai 91. Tujuan perancangan ini untuk menahan angin topan dengan kecepatan antara 216 km/jam.

5.  One World Trade Center, 541 m, New York

One World Trade Center, 541 m, New York Gedung Tinggi
One World Trade Center, 541 m, New York Gedung Tinggi

Gedung ini mempunyai tinggi sekitar 541 meter. One World Trade Center juga dikenal dengan 1 World Trade Center, One WTC atau 1 WTC, bangunan ini biasa dikenal dengan nama Freedom Tower. Gedung ini mengacu bangunan utama kompleks dari World Trade Center yang baru terletak di Manhattan, kot New York City dan gedung ini adalah gedung pencakar langit tertinggi di bumi bagian barat.

Bangunan ini terdiri dari 104 lantai standar, tapi menaranya mempunyai 94 lantai. Gedung ini dibuka pada November 2014 lalu. Kalau dilihat dari permukaan jalan didekat gedung, One World Trade Center (Freedom Tower) akan terlihat seperti piramida seperti yang terlihat dalam gambar bangunan ini.

6.  International Commerce Centre Hongkong

International Commerce Centre Hongkong Gedung Tertinggi
International Commerce Centre Hongkong Gedung Tertinggi

International Commere Centre (ICC Tower) atau dikenal sebagai Union Square merupakan sebuah gedung pencakar langit komersial yang berada di West Kowlon, Hongkong. Tinggi menara ini sekitar 1.588 kaki. Bangunan yang besar ini terdiri dari 118 lantai, dilengkapi juga dengan Hotel Ritz-Carlton antara lantai 102 – 118.

Gedung pencakar langit ini selesai di tahun 2010. Ini merupakan bagian dari proyek Union Square yang dibangun di atas Kowloon Station. Gedung ini juga mempunyai observatorium yang bernama Sky100 di lantai ke-100. Ozone merupakan kolam renang yang bisa ditemukan di lantai 118. Ozone merupakan kolam renang tertinggi yang ada di dunia. Dengan 2.800 meter persegi (30.000 kaki persegi) Presidential Suite, yang menghabiskan biaya sekitar 100.000 HKD per malamnya, di lantai ke-117. Lantai 102-118 yang bisa dihuni adalah property dari Sun Hung Kai yang mempunyai International Commerce Centre, menawarkan 312 kamar dan menjadikannya menjadi hotel tertinggi yang ada di dunia.

7. Petronas Twin Tower Malaysia

Petronas Twin Tower Malaysia Gedung Tinggi
Petronas Twin Tower Malaysia Gedung Tinggi

Petronas Twin Tower merupakan menara kembar tertinggi di dunia yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Kompleks menara ini memiliki ketinggian sekitar 1,483 kaki dan telah dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir bin Mohamad pada 1 Agustus 1999. Perancang gedung ini adalah seorang arsitek Argentina – Amerika yang bernama Cesar Pelli, dan mempunyai 88 tingkat di setiap towernya.

Menara ini mempunyai decker langit yaitu jembatan ganda yang menghubungkan dua menara pada lantai 41 ke-42, yang merupakan jembatan tertinggi ke-2 di dunia. Tower One sepenuhnya diduduki dengan Petronas dan sejumlah perusahaan dan perusahaan asosiasi, sedangkan di Tower Two ditempati berbagai perusahaan multi nasional, misalnya Bpeing, IBM, TCS, AVEVA, HCL, Microsoft, Bloomberg, dan Reuters.

8. Zifeng Tower China

Zifeng Tower China Gedung Tertinggi
Zifeng Tower China Gedung Tertinggi

Zifeng Tower, dikenal juga dengan Greenland Center atau Greenland Square Zifeng Tower, merupakan gedung pencakar langit super duper tinggi yang berada di Nanjing, Cina. Sebelum pelantikan, gedung ini biasa dikenal dengan nama Nanjing Greenland Financial Center. Pembangunan mega proyek gedung ini dimulai saat tahun 2005 dan dibuka untuk umum saat tahun 2010 kemudian dengan ketinggian 1.480 kaki. Perancang gedung Zifeng Tower ini bernama Adrian Smith di bawah perusahaan arsitektur Merrill, Owings, dan Skidmore.

9.  Kingkey 100 China

Kingkey 100 China Gedung Tertinggi
Kingkey 100 China Gedung Tertinggi

Gedung Kingkey 100 ini juga dikenal dengan KK 100 dan Kingkey Finance Center Plaza, merupakan gedung pencakar langit yang berada di Shenzhen Luohu District, provinsi Guangdong, Cina. Pembangunan gedung kingkey 100 atau KK 100 ini dimulai saat tahun 2007 dan resmi dibuka untuk umum saat tahun 2011 yang lalu.

Bangunan ini merupakan bangunan yang tertinggi ke-4 di Cina. Kompleks pembangunan proyek mega ini mempunyai luas bangunan mencapai 1,449 meter, karena memiliki lantai 100 tingkat. 68 lantai dipakai sebagai kelas A, yaitu ruang kantor, 22 lantai sebagai hotel bisnis bintang 5 dan 4 lantai digunakan untuk taman dan beberapa restoran yang lainnya. Gedung pencakar langit ini mempunyai hotel megah yang dinamakan The St. Regis yang berada di lantai ke-75 hingga lantai 98 dari menara utama, dan juga mempunyai lobi sky garden yang berada di lantai 94.

10. Guangzhou International Finance Center China

Guangzhou International Finance Center China Gedung Tinggi
Guangzhou International Finance Center China Gedung Tinggi

Guangzhou International Finance Centre, yang biasa dikenal sebagai Guangzhou West Tower, merupakan gedung pencakar langit yang berada di Zhujiang Avenue West di Distrik Tianhe Guangzhou, Guangdong, Cina. Bangunan ini memiliki tinggi mencapai 1,439 meter. Gedung pencakar langit ini dirancang oleh Wilkinson Eyre. Pembangunan proyek gedung pencakar langit ini dimulai pada bulan Desember tahun 2005 silam, dan dibuka pada tahun 2010. Gedung ini mempunyai 103 lantai di dalamnya yang dipkai untuk pusat konferensi, kantor dan hotel.

Lantai pertama hingga lantai ke-66 dipakai untuk kantor, lantai 67 dan lantai 68 digunakan sebagai peralatan mekanik, lantai 69-98 mempunyai hotel bernama Four Seasons dengan lobi terletak di lantai 70, dan lantai 99 hingga 100 dipakai untuk dek observasi.

 

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply