perangkat keras jaringan komputer
perangkat keras jaringan komputer

Beberapa Hardware Jaringan Komputer

Posted on

Beberapa Hardware Jaringan Komputer

Hardware jaringan komputer merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dan juga menghubungkan komputer dengan jaringan internet, sehingga komputer dapat saling bertukar informasi, sumber daya, dan juga mengirim ataupun menerima data. Dan pada pembangunan jaringan komputer tersebut membutuhkan perangkat keras yang mendukungnya.

 

Beberapa Hardware Pendukung Jaringan Komputer, antara lain :

 

1.Modem

modem
modem

Modem atau Modulator Demodulator ini merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai pengubah sinyal, yaitu dari sinyal analog kemudian diubah menjadi sinyal digital. Dan sinyal digital tersebut akan memudahkan komputer dalam menyambungkan ke jaringan internet.

2.Kabel Jaringan

kabel jaringan
kabel jaringan

Kabel jaringan adalah media penghubung antara komputer satu dengan yang lainnya, sehinggab komputer tersebut dapat Saling bertukar informasi dan juga sumber daya. Kabel jaringan sendiri memilki beberapa jenis yaitu kabel UTP, kabel Coaxial, kabel STP, dan juga kabel Fiber Optic.

3.Konektor

 

konektor
konektor

Konektor merupakan perangkat keras yang bentuknya agak kecil dan berfungsi sebagai penghubung antar kabel dengan Network Adapter. Konektor ini memilki beberapa jenis diantaranya adalah konektor RJ45, konektor ST, dan konektor BNC. Konektor RJ45 biasanya digunakan pada jenis kabel seperti pada kabel UTP, dan konektor ST biasanya digunakan pada kabel Fiber Optic dan konektor BNC digunakan pada kabel Coaxial.

4.Network Interface Card (NIC)

network interface card
network interface card

NIC atau lebih dikenalnya adalah LAN Card atupun Ethernet Card. Fungsi dari NIC ini sendiri adalah sebagai jalur penghubung antara komputer dengan jaringan. Dan yang dimana bentuk NIC ini seperti kartu yang kemudian ditancapkan dan ada juga yang seperti USB.

5.Hub Dan Switch

hub switch
hub switch

Hub adalah perangkat yang memiliki fungsi sebagai penyambung antara kabel jaringan dengan perangkat yang lainnya seperti menghubungkannya ke Workstation. Hub sendiri sering digunakan dalam membangun jaringan yang bertopologi seperti Bintang atau Topologi Star. Sedangkan fungsi dari Switch adalah tidak hanya sebagai penghubung, namun juga sebagai pembagi jaringan ke komputer atau ke perangkat yang lainnya.

6.Repeater

repeater
repeater

Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi sebagai penguat sinyal dan sehingga dalam mengakses atau berbagi informasi dan data, maka akan lebih maksimal. Cara kerja dari Repeater ini sendiri dengan cara : Repeater akan menangkap sinyal Wirelles dan kemudian sinyal tersebut akan dipancarkan lagi ke Komputer atau perangkat lainnya, dan sinyal tersebut akan menjadi kuat.

7.Bridge

bridge
bridge

Perangkat ini hampir sama seperti Repeater, namun fungsi dari perangkat ini lebih canggih karena Bridge dapat menghubungkan jaringan dengan menggunakan tranmisi atupun langkah yang berbeda misalnya dengan cara menggunakan Ethernet Baseband yang kemudian akan dapat dihubungkan dengan Ethernet Broadband.

8.Router

 

router
router

Perangkat ini hampir sama dengan Bridge dan juga Repeater, namun perangkat ini memiliki fungsi yang lebih besar yaitu bertugas untuk menentukan jalan untuk pengiriman data sehingg data tersebut sampai ke tujuan tanpa terjadi kesalahan. Fungsi Router juga sebagai penghubung antara Komputer anda dengan sebuah Jaringan.

Incoming search terms:

  • gambar kabel dan konektor

Leave a Reply