permainan bola basket
permainan bola basket

Suka Main Basket? Ayo Pelajari Sejarah Dari Bola Basket Di Indonesia

Posted on

Permainan basket sangatlah menarik dan juga menyenangkan permainan yang di gemari sebagian laki-laki ini menjadi salah satu olahraga yang sangat di gemari, yang uniknya tidak hanya para laki-laki aja yang suka bahkan banyak dari kalangan perempuan yang suka dengan basket bahkan sering memainkannya, bola basket tidak kalah menarik jika di bandingkan dengan sepak bola, Sejarah dari bola basket sendiri sangatlah panjang permainan bola basket yang tidak sengaja di ciptakan oleh seorang guru olahraga ini sangatlah menarik. Tepatnya pada tahun 1981 guru olahraga bernama Dr. James Naismith guru berdarah Kanada ini mengajar di sebuah perguruan tinggi YMCA.

permainan bola basket
permainan bola basket

Waktu itu James di minta untuk membuat permainan yang berada di dalam ruangan untuk mengisi waktu luang siswa pada saat musim dingin, dia membuat permainan yang terinspirasi dari permainan yang dia mainkan pada saat dia kecil dan sampai sekarang permainan ini menjadi favorit dan sering dimainkan dan dunia menyebut permainan ini dengan nama Bola Basket dan pertandingan resmi bola basket di laksanakan pada tanggal 20 Januari 1982 di YMCA dan tidak di sangka permainan ini menjadi terkenal di Amerika Serikat, bahkan permainan bola basket menjadi pertandingan yang sering di selenggarakan di Amerika Serikat.

Berikut ini adalah sejarah dari bola basket di Indonesia.

1.Masuknya Bola Basket Ke Asia

China adalah salah satu negara yang menjadi sasaran oleh YMCA untuk mengembangkan permainan bola basket tepat pada tahun 1984 di utuslah Bob Baily ke Tientsien untuk memperkenalkan olahraga baru ini, selain Cina negara lain yang juga menjadi sasaran adalah negara Filipina dan juga Jepang, kedua negara itu juga mendapat kesempatan yang pertama untuk mengenal olahraga basket ini tepatnya pada tahun 1900.

2.Permainan Bola Basket Masuk Ke Indonesia

Permainan basket masuk pertama kali di Indonesia di bawa oleh perantau dari Cina tepatnya pada tahun 1920an, mereka membawa permainan ini setelah berkembang di negara mereka selama 20 tahun. Dulu olahraga ini berkembang di sekolah-sekolah Tionghoa.

3.Bola Basket Pasca Kemerdekaan

Setelah proklamasi kemerdekaan olahraga basket mulai di kenal di kota-kota yang menjadi basis perjuangan seperti Yogyakarta dan juga Solo. Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama di tahun 1948, olahraga bola basket di mainkan.

Saat itu peserta PON yang pertama masih terbatas di mainkan oleh kalangan laki-laki dari masing-masing karasidenan dan juga perkumpulan-perkumpulan setiap kota seperti PORI Solo, PORI Yogyakarta dan juga Akademi  Olahraga Sarangan. Setelah itu pada PON yang kedua di tahun 1951 olahrga basket sudah di kompetisikan di berbagai kota dengan pemain dari dua regu yaitu regu Putra dan regu Putri, regu yang akan di kirim pun bukan dari Karasidenan melainkan sudah mencakup ke Provinsi.

Pada saat itu regu dari Jawa Timur, DKI Jakarta,  Jawa Barat, dan Sumatra Utara yang popularitasnya mengemuka karena memiliki kemampuan dalam bermain bola basket di atas regu yang lain. Padatahun yang sama olahraga ini menjadi semakin populer dengan datangnya pemain yang bernama Maladi yang meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi yang menaungi klub-klub basket di Indonesia atas prakarsa keduanya, akhirnya pada tanggal 23 Oktober 1951 terbentuklah PERBASI.

Perbasi
Perbasi

Seperti itulah sejarah dari bola basket dari dulu hingga pada saat ini, olahraga sangat penting untuk kesehatan, dan juga mempelajari tentang olahraga akan lebih bermanfaat, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply