Ramuan Untuk Gusi Bengkak
Ramuan Untuk Gusi Bengkak

Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Secara Alami

Posted on

Pasti kita pernah mengalami sakit pada gigi kita dan bahkan sebagian dari kita juga pernah merasakan gusi bengkak. Gusi bengkak merupakan hal yang sering kita temui. Ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Dan sebagian orang yang mengalami gusi bengkak dapat mencapai ukuran yang besar hingga menutupi gigi.

Saat kita mengalami gigi bengkak terasa sakit sekali, terasa berdenyut-denyut hingga ke bagian kepala seakan-akan mau meledak. Jika terus dibiarkan gigi bengkak dapat menyebabkan terjadinya sakit gigi, itu disebabkan karena gusi merupakan jaringan kokoh yang menempel di bagian bawah gigi kita.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami
Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai penyebab gusi bengkak terlebih dahulu. Pada umumnya gusi bengkak disebabkan oleh penumpukan plak (karang) di gigi. Plak yang lengket ini umumnya terbentuk di saat proses makan dan minum. Dan juga terdapat banyak bakteri di plak (karang) yang dapat menggangu kesehatan gigi.

Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat berawalan dengan gejalanya gusi bengkak, antara lain yaitu gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kekurangan asupan gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi di mana tubuh kita kekurangan vitamin C.

Gusi bengkak  juga disebabkan karena pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang kurang tepat, dan juga sensitivitas terhadap penggunaan pasta gigi tertentu ataupun cairan untuk berkumur. Atau bahkan juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu.

Dan berikut adalah cara mengobati gusi bengkak secara alami, yang dapat kita coba,

Temukan Penyebabnya

Jika kita dapat mengetahui penyebab gusi bengkak yang kita alami pasti itu akan mempermudah kita untuk mengobatinya. Caranya dengan mengingat beberapa hari ini apa yang kita lakukan.  Dan jika kita tidak bisa mengetahui apa penyebab gusi bengkak yang kita alami kalian bisa menggunakan obat gusi bengkak alami yang akan kita bahas berikut.

Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Gangguan sepeti ini, dapat kita cegah dengan perawatan yang lebih pada keberishan gigi kita. Dan adapaun cara perawatan gigi kita dapat kita lakukan dengan cara berikut,

  • Gosok gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Dan uahakan saat menggosok jangan terlalu kasar namun dengan gerakan melingkar.
  • Flossing atau membersihkan gigi kita dengan memakai benang khusus untuk gigi.
  • Berkumur setelah makan yang bertujuan untuk membuang sisa makanan yang terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Dan boleh juga menggunakan obat kumur yang sudah terkenal dan terbukti khasiatnya.

Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam merupakan cara mengobati gusi bengkak yang telah banyak orang ketahui. Mungkin karena cara ini sangatlah efektif untuk meredakan gusi bengkak. Karena air garam memiliki sifat antibakterial yang mampu membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Dan juga diperkaya dengan kandungan anti-inflamsi yang mampu menenangkan radang pada gusi.

Banyak Minum Air Putih

Tidak semua jenis minuman itu baik untuk kesehatan gigi kita. Minuman yang tinggi glukosa, seperti soda, kopi, the, dan mengandung alkohol dapat merusak gigi dan mengakibatkan radang gusi. Dan untuk mencegahnya kamu dapat mengkonsumsi air putih, yang terbukti dapat mencegah terjadinya plak atau karang gigi.

Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Vitamin C dan D

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C, seperti lemon, jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya, dan stroberi. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan gusi. Dan juga perbanyak asupan vitamin D. vitamin jenis ini memiliki sifat anti-inflamsi, sehingga dapat dijadikan obat unutk mengobati gusi bengkak dan mencegah gusi bengkak kambuh lagi.

Ramuan Untuk Gusi Bengkak
Ramuan Untuk Gusi Bengkak

Cobalah Minuman Ramuan Berikut :

Kantung Teh

Kandungan asam tannic yang terdapat dalam kantung teh memiliki potensi yang besar untuk meringankan infeksi pada gusi dan iritasi. Caranya celupkan kantong teh ke dalam air panas, angkat lalu biarkan hingga dingin. Lalu tempelkan ke bagain gusi bengkak selama 5 menit, lakukan berulang-ulang hinga terasa lebih mendingan.

Madu Alami

Madu memang memiliki sifat antiseptik dan antibakterial yang dapat kita gunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya oleskan madu ke bagian gusi bengkak namun jangan terlalu banyak.

Baking Soda

Kandungan yang ada dalam baking soda dapat menetralisir asam yang ada dalam mulut. Dan terbukti dapat mengobati gusi bengkak. Caranya larutkan baking soda dengan air hangat sampai membentuk pasta. Lalu oleskan ke bagian gusi yang bengkak dan diamkan hingga meresap.

Bawang Merah

Kandungan dalam bawang merah yang memiliki sifat anti-inflamsi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang gusi, gigi berlubang, dan juga gusi bengkak. Caranya campurkan halus bawang merah dengan garam. Lalu oleskan merata ke bagian gusi yang bengkak. Diamkan beberapa saat lalu berkumurlah.

demikianlah sedikit info mengenai cara mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, semoga bermanfaat. Dan selamat mencobanya.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply