matherboard
matherboard

Mengenal Komponen Motherboard Beserta Fungsinya

Posted on

Komponen  Motherboard Beserta Fungsinya

Motherboard atau biasanya juga disebut dengan Mainboard ini merupakan sirkuit pertama atau tempat beradanya komponen – komponen komputer yang berperan utama pada kinerja komputer itu sendiri. Komponen tersebut berfungsi sebagai penghubung dari komponen komputer yang lainnya seperti : Keyboard, Mouse, Printer, dan perangkat keras lainnya. Selain terdapat komponen – komponen, di dalam Motherboard juga terdapat berbagai chipset yang berfungsi sebagai penghubung antar komponen dalam Motherboard. Jadi fungsi dari Motherboard sendiri adalah sebagai terminal utama atau penghubung antara hardware satu dengan hardware yang lainnya.

 

Bagian Utama Pada Motherboard, antara lain :

komponen utama motherboard
komponen utama motherboard

            1.Socket Processor

Socket processor ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat pemasangan processor itu sendiri sehingga processor dapat terhubung dengan baik dan terbaca pada komputer. Jika jenis processor berbeda maka bentuk socket dari motherboard biasannya juga harus berbeda dan harus sama dengan pin yang ada pada processor itu sendiri. Maka sebelum anda membeli processor, sebaiknya anda amati terlebih dahulu jenis socket yang ada pada motherboard anda.

            2.Slot Memori atau RAM

Slot Memori atau RAM berfungsi sebagai tempat terpasangnya Memori pada motherboard. Bentuk socket pada motherboard itu sendiri tergantung dengan jenis RAM yang akan digunakan seperti : SD Ram, DDR 2, dan DDR 3. Dan yang perlu anda perhatikan sebelum membeli RAM adalah, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa jenis socket yang ada pada motherboard itu sendiri karena slot memori tersebut memiliki berbagai macam slot.

            3.Chipset NortBridge

Fungsi dari komponen ini sendiri adalah sebagai pengatur berjalannya data antra processor dengan komponen yang lainnya semacam memori dan lainnya. Dan chipset ini biasanya letaknya dekat dengan socket processor.

            4.Chpset Southbridge

Peran dari komponen ini sendiri adalah sebagai pengatur dari berbagai kinerja pada komputer itu sendiri, semperti : Keyboard, Mouse, PCI Bus, USB, dan perangkat input lainnya.

            5.Slot PCI Express x16

Berfungsi sebagai menancapkan VGA Card versi terbaru dan memiliki kecepatan lebih baik dari pada PCI yang biasanya.

            6.Slot PCI Express x1

Slot ini berfungsi sebagai tempat tertancapnya peripheral komputer seperti LAN Card.

            7.Slot AGP

Slot ini digunakan untuk menancapkan  VGA Card ke motherboard. Sebelum adanya PCI, slot ini sering digunakan pada VGA Card jenis lama.

            8.Chipset BIOS

Komponen inu berfungsi sebagai media penyimpan program dari BIOS. BIOS merupakan sebuah program yang berisi informasi pada sistem komputer itu sendiri.

            9.Baterray CMOS

Berfungsi sebagai pemberi daya untuk BIOS, dan apabila komputer dimatika  maka settingan waktu dan tanggal komputer tidak akan berubah dan sehingga sesuai dengan waktunya.

            10.Port SATA

Biasanya port ini digunakan sebagai penghubung pada Harddisk dan CD-ROOM.

            11.Port IDE

Port ini digunakan untuk penghubung pada perangkat yang menggunakan port jenis ini misalnya pada Harddisk dan CD-ROOM.

            12.Port Kabel Power

Port ini digunakan sebagai tempat mengalirnya daya dari Power Supply yang nantinya akan disebarkan ke motherboard melalui kabel 20/24 pin.

            13.Back Panel

Komponen ini adalah sebagai tempat kumpulan port yang letaknya di belakang motherboard. Jenis port yang berada di back panel adalah port USB, PS/2 mouse dan keyboard, VGA Card, Sound Card dan lainnya.

Port – Port Yang Ada Pada Back Panel, antara lain :

back panel
back panel

1.Port PS/2 Mouse dan Keyboard

Port ini digunakan untuk menancapkan mouse dan keyboard yang menggunakan port PS/2. Dan dalam Back Panel ada dua warna Port PS/2 yaitu hijau dipakai untuk Mouse dan Ungu dipakai untuk  Keyboard.

2.Port USB

Port jenis ini digunakan untuk menancapkan peripheral komputer yang memilki port USB seperti : Flashdisk, USB Printer dan yang lainnya.

3.Parallel Port

Port jenis ini biasanya digunakan untuk menancapkan peripheral seperti pada Printer Dot Matrix.

4.VGA Card

Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor.

5.LAN Card

Berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan LAN, seperti : Modem, hub atau switch dan lain – lain. Dan LAN Card sendiri biasanya menggunakan port RJ 45.

6.Sound Card

Berfungsi sebagai penghubung ke perangkat audio. Soun Card sendiri memiliki 3 port yang memiliki perbedaan warna yaitu warna biru, merah, dan hijau. Port warna hijau digunakan untuk output audio dan port warna merah digunakan untuk line in.

 

 

Leave a Reply