Manfaat Jahe Merah
Manfaat Jahe Merah

Manfaat yang Terkandung Dalam Jahe Merah Bagi Tubuh

Posted on

Jahe adalah salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan subur di tanah jawa. Banyaknya manfaat yang terkandung dari tanaman ini membuat banyak orang yang menanamnya untuk dijual ataupun hanya sekedar hobi menanam tumbuhan.

Jenis jahe dibagi menjadi tiga jenis, yaitu jahe putih, jahe kuning, dan jahe merah. Jahe merah memiliki rasa pedas dan pahit lebih tinggi daripada jenis jahe lainnya yang biasa digunakan oleh banyak orang di dunia pengobatan tradisional. Dan salah satu manfaat jahe merah yang sangat terkenal adalah khasiatnya untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas.

Kandungan Dalam Jahe Merah

  • Mengandung minyak atsiri
  • Mengandung volatile oil
  • Mengandung gingerol dan minyak terbang
  • Mengandung oleoresin
Manfaat yang Terkandung Dalam Jahe Merah Bagi Tubuh
Manfaat yang Terkandung Dalam Jahe Merah Bagi Tubuh

Asma dalam bahasan yunani yaitu asthma yaitu sulit bernafas, penyakit ini terjadi karena terjadinya pembengkakan pada saluran pernafasan yang mengakibatkan kemampuan bernafas menjadi semakin terbatas. Penyebab terjadinya penyakit ini bermacam-macam, yaitu bulu binatang, debu, asap, serbuk sari,ataupun olahraga berat.

Cara membuat ramuan dari jahe merah untuk dijadikan obat asma sangatlah mudah. Yang pertama siapkanlah jahe merah sebanyak 250 gram untuk satu hari. Cuci jahe hingga bersih, tidak perlu dikupas. Setelah itu potong jahe menjadi tipis-tipis dan rebus dalam air 500 ml. tambahkan gula bila secukupnya. Jika sudah mendidih tuang dalam gelas, setelah hangat minumlah secara rutin segelas sehari hingga asma benar-benar sembuh.

Ada banyak sekali manfaat dari tanaman jahe ini, tidak hanya untuk mengobati penyakit asma. Tanaman murah dan mudah dijumpai ini ternyata memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, apa saja manfaat dari tanaman jahe ini? Berikut adalah manfaat tanaman jahe bagi tubuh kita.

Manfaat Jahe Merah

Mengatasi Rematik

Jahe merah mengandung zat yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada otot. Penyakit rematik atau yang sering kita sebut encok. Caranya dengan merebus beberapa rimpang jahe merah dicampurkan dengan temulawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, setelah direbus minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari.

Menyembuhkan Batuk

Sebenarnya jahe merah ini tidak hanya melegakan tenggorokan kita saat kita sedang batuk, namun sebenarnya juga menyembuhkan. Karena sifat jahe merah yang menghangatkan inilah yang dapat membantu menyembuhkan sakit batuk dan radang tenggorokan.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kandungan jahe merah yang sangat banyak itu juga bermanfaat untuk membuang racun yang ada dalam tubuh. Salah satunya yaitu kolesterol jahat yang ada dalam darah. Kolesterol tersebut dapat membahayakan tubuh, karena akan mengganggu aliran darah. Dan jahe merah dapat memperlancar peredaran darah yang secara tidak langsung juga akan menghancurkan kolesterol jahat  dalam perderan darah.

Meredakan Sakit Kepala

Caranya merdakan sakit kepala dengan jahe merah adalah dengan menyeduhnya dengan air hangat atau dengan menghisap aroma jahe merah yang telah dipotong-potong.

Membantu Diet

Manfaat lain dari tanaman jahe merah ini adalah dapat membantu diet. Manfaat jahe merah ini dapat kita rasakan dengan cara meminum air jahe merah ini secara rutin. Karena jahe merah dapat membantu membakar lemak di perut dan dapat mengurangi nafsu makan.

Membantu Menjaga Kondisi Jantung

Jika terdapat banyak kolesterol dan juga minyak dalam tubuh kita akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Dan kandungan alami di dalam jahe merah ini dapat membantu atau menjadi obat penurun kadar trigliserida dan juga kadar kolesterol berlebihan yang ada di dalam tubuh kita.

Ada banyak seklai manfaat lain dari jahe merah yang tidak sempat ami tuliskan lagi seperti mencegah kanker usus, dapat memperlancar saluran pencernaan, dapat mengatasi morning sickness, dan masih banyak lagi.

Itulah sedikit mengenai manfaat jahe merah dan juga jenis-jenisnya, yang perlu kalian ketahui juga manfaat dari tanaman yang sering kali kita temui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply