Mendaki Gunung

Inilah Filosofi Mendaki Gunung yang Akan Membuat Hidup Anda Berubah 247 Derajat

Posted on
Mendaki Gunung
Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah aktivitas yang diminati banyak orang terutama dikalangan anak remaja, selain bisa merasakan keindahan alam, merefresh fikiran, dan melatih mental dan fisik, ternyata mendaki gunung juga dapat melatih fisik dan mental kita, dan juga mendaki gunung  mengajarkan kita tentang filosofi hidup, berikut ini adalah macam macam filosofi naik gunung dalam kehidupan.

1.Menetapkan Tujuan

Tujuan orang mendaki gunung itu berbeda beda, anda harus menentukan terlebih dahulu apakah anda ingin mendaki sampai puncak atau tidak, sama halnya dengan hidup anda harus menentukan tujuan, karna hidup itu sama halnya dengan naik gunung. Sebelum anda melakukan sesuatu anda harus bisa membuat tujuan hidup, tidak usah meniru niru orang lain, tetapkan sesuatu yang anda yakinkan bahwa anda bisa meraihnya, dan anda harus tau sesuatu hal yang bisa membaut anda bahagia.

 2.Siapkan Rencana

Mendaki gunung tidaklah sama seperti jalan jalan ketempat hiburan, mulai dari perjalanan, situasi, kondisi itu sangat sulit dan tidak mudah untuk ditebak, maka dari itu sebelum anda mendaki anda harus menyiapkan rencana yang sangat matang, mulai dari menentukan waktu keberangkatan, jalanan, perlengkapan, kesehatan, jika anda mendaki dan anda tidak memiliki rencana yang matang maka itu akan membunuh anda, jadi ini bukan sesuatu hal yang sepele.

Sama halnya dengan hidup, kalau hidup tidak memulai dengan perencanaan yang sangat matang maka hidup anda akan berantakan, maka dari itu anda harus menyiapkan segala sesuatu yang akan anda lakukan.

3.Kebersamaan

Dalam mendaki gunung sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri, tapi itu akan menadi lebih ringan lagi jika anda melakukannya bersama dengan keluarga atau kerabat anda, karena dengan medan dan kondisi  yang cukup berat anda pasti akan terasa sulit jika menyelesaikan itu semua sendirian.

Sama seprti hidup walaupun anda bisa menjalankannya sendiri tapi akan lebih ringan lagi jika anda menjalankan dengan keluarga atau sahabat anda, karna seperti yang telah kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk social yang membutuhkan bantuan orang lain.

4.Anda akan menyadari ini bukan tentang menaklukan alamn tapi menaklukan diri sendiri

Tantangan dan situasi yang sangat berat maka akan membuat fikiran anda mudah untuk berfikir menyerah, dengan mendaki anda akan sadr bahwa mendaki itu bukan tantangan untuk menaklukan alam tapi ini tantangan untuk menaklukan diri sendiri.

Begitu juga dengan hidup yang kita jalani ini, menjadi orang yang luar biasa bukanlah tentang menaklukan dunia dan isisinya, tapi menjadi orang yang sukses itu tentang menaklukan ego diri sendiri dan dapat menguasai diri dengan baik.

5.Mencapai Puncak Tujuan Memerlukan Perjuangan dan Pengorbanan

Puncak gunung merupakan tujuan yang ingin sekali disapai oleh para pendagi gunung, tapi itu semua membutuhkan pengorbanan yang sangat berat karena semua pendaki pasti merasakan hal ini karna disana tidak ada kendaraan yang dapat membantu mereka untuk sampai kepuncak gunung.

Hal ini sama persis dengan perjalanan hidup kita, karena tidak ada hal yang instan didunia ini, jika anda ingin berhasil menggapai tujuan anda anda harus berusaha keras dan berjuang untuk kesana, karena akan adaselalu banyak rintangan dan halangan yang akan anda tempuh untuk menggapai puncak kesuksesan.

6.Jika Anda Ingin Memperoleh Keindahan Maka Keluarlah dari Zona Nyaman

Gunung merupakan zona yang tidak aman bagi semua orang, untu berjalan kepuncak gunung dan ingin mendapatkan pemandangan yang indah itu membutuhkan prosesnyang sangat rumit dan menantang, jika anda mendaki gunung berarti anda sudah keluar dari zona nyaman.

Demikian juga dengan hidup, kesuksesan itu akan didapat jika kita keluar dari zona nyaman artinya kita harus berusaha mengeluarkan segala yang kita miliki untuk menyampai kesuksesan.

7.Ketahuilah Bahwasannya Tubuh Kita Bukanlah Mesin

Saat anda mendaki gunung anda harus tau kemampuan tubuh manusia ketika beraktivitas, supaya bisa mencapai tujuanmu anda juga harus beristirahat untuk mengisi ulang energimu.

Begitu juga dengan kehidupan kita sesibuk apapun kita dalam mengurusi pekerjaan atau kuliah kita harus istirahat sejenak untuk memulihkan lagi energy yang ada pada tubuh kita.

8.Dengan Naik Gunung Kita Akan Sadar Bahwa Ada Banyak Orang yang Mau Menolong Kita di Dunia ini

Ketika anda sedang mendaki gunung pasti anda akan menemukan seseorang yang akan menolong anda ketika anda dalam keadaan sulit walaupun hanya memberi air minum atau support yang pastinya mereka telah membantu anda.

Sama halnya dengan kehidupan masih ada banyak orang baik yang mau menolong anda, karna pada hakikatnya manusia itu adalah orang yang baik. Apalagi jika kalian baik kepada semua orang pasti aka nada banyak orang yang akan menolong anda.

9.Anda Akan Memahami Makna Pulang Kerumah dan Sebuah Keluarga

Tujuan utama dari mendaki gunung bukanlah mencapi puncaknya melainkan tujuan utama dari mendaki gunung yaitu bisa pulang kembali kerumah dengan selamat, ketika anda berada di gunung anda akan menyadari bahwa rumah adalah tempat segala kenyamanan dan kebahagian berada karena disitulah tempatnya orang orang yang selalu membuat anda bahagia dan senang, mereka itu adalah keluarga besar anda.

Mendaki gunung itu samahalnya anda melakukan hidup anda. Anda harus bisa membuat strategi yang matang, membutuhkan ketelitian, keterampilan, dan juga keteguhan supaya anda bisa mencapai tujuan anda masing masing.

 

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply