Naik ke Puncak Gunung Semeru
Naik ke Puncak Gunung Semeru

Liat Nih, Tempat Menarik dan Penuh Cerita di Gunung Semeru

Posted on

Masih banyak pendaki yang mendaki gunung harus sampai puncaknya. Memang di pucak gunung pemandangannya sangat spektakuler. Kalau tidak sampai ke puncak gunung rasanya seperti ada yang kurang. Tapi hal yang perlu di sadari bahwa pendaki gunung adalah sebuah perjalanan yang sangat menyeluruh. Kita bisa menemukan keindahan di mana saja, tidak harus di puncak.

Gunung semeru adalah gunung yang menjadi tujuan favorit para pendaki. Gunung ini menawarkan keindahan di setiap sudutnya. Setelah sampai di ketinggian 2.400, disambut dengan keindahan yang berupa danau alami ranu kumbolo. Danau ini di anggap sebagai tempat yang paling indah dari gunung semeru. Setelah ranu kumbolo, ada yang namanya tanjakan cinta yang tidak kalah indahnya. Pucak mahameru bukan satu-satunya keindahan yang ada di gunung semeru. Tapi masih banyak tempat-tempat yang indah di gunung semeru.

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo yang Indah
Ranu Kumbolo yang Indah

Ranu kumbolo ini memiliki arti yang lebih dari sekedar danau alami. Danau ini memiliki sebuah keindahan, sumber cerita, sumber inspirasi dan canda tawa. Tidak satu pun pendaki semeru ini yang tidak menyempatkan dirinya untuk mampir ke danau. Danau yang berada di atas ketinggian adalah sebuah keindahan yang sungguh menawan. Danau ranu kumbolo ini berada di ketiggian 2.400 mdpl. Danau ini memiliki luas 15 hektar. Di sekelilingnya ada pohon-pohon pinus dan bukit yang di penuhi padang rumput.

2. Tanjakan Cinta

Tanjakan Cinta yang Sungguh Menawan
Tanjakan Cinta yang Sungguh Menawan

Setelah puas dengan keindahan ranu kumbolo, saatnya melanjutkan perjalanan. Di atas danau ranu kumbolo di sambut dengan dengan tanjakan yang di penuhi dengan padang rumput serta pepohonan pinus. Para pendaki menyebut ini dengan tanjakan cinta. Bagi para-para pendaki, tanjakan cinta ini memiliki arti yang lebih dari tanjakan yang di lalui untuk melanjutkan perjalanan. Tanjakan ini memiliki sebuah mitos yaitu siapa saja yang berhasil melewati tanjakan ini maka keinginannya tentang cinta akan di penuhi.

3. Oro Oro Ombo

Oro Oro Ombo yang Indah
Oro Oro Ombo yang Indah

Oro-oro Ombo merupakan salah satu tempat yang berada di Gunung Semeru yang bisa membuat kita terpesona dengan keindahannya. Di tempat ini kita akan disambut oleh pemandangan dengan warnanya yang ungu luas yang menakjubkan. Warna ungu ini adalah padang bunga lavenderyang sangat indah.

Oro-oro Ombo ini merupakan bagian yang paling unik karena tidak banyak dari gunung-gunung yang memiliki padang lavender seperti gunung Semeru ini. Saat musim hujan, pohon-pohon bunga lavender biasanya akan berbunga dan menghasilkan pemandangan warna ungu yang luas dan menakjubkan. Sedangkan saat musim kemarau, padang bunga ini akan berubah menjadi warna kuning karena biasanya bunga-bunga lavender ini akan mengering. Tapi kedua pemandangan ini sama-sama indahnya.

4. Kalimati

Pemandangan Kalimati yang Indah
Pemandangan Kalimati yang Indah

Kalimati ini merupakan batas akhir pendakian aman dari Gunung Semeru. Pihak dari Gunung Semeru hanya mengijinkan para pendakian sampai ke tempat ini, karna kondisi dari Puncak Mahameru yang cukup berbahaya. Wujud dari Kalimati ini adalah sebuah padang rumput yang dipenuhi oleh bunga edelweis yang sangat indah.

Dari Kalimati ini, kita bisa melihat pemandangan Puncak Mahameru yang begitu menawan. Di Kalimati ini kita bisa mendirikan tenda dan menikmati keindahan malam di Gunung Semeru bersama sahabat-sahabat sambil berbagi cerita bersama. Saat hari sudah terang, disini bisa menikmati pemandangan alam yang berupa padang rumput yang dikelilingi dengan bunga-bunga edelweis yang indah.
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply