Tahap Pembudidayaan Ikan Mas yang Mudah Untuk Dicoba

Posted on

Ikan mas yang memiliki nama latin Cyprinus carpio adalah jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh yang besar, dan termasuk ikan yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Karena ikannya yang besar memiliki daging yang besar dan gurih, namun duri ikan ini cukup besar juga. Jadi saat kita mengkonsumsi ikan ini kita bisa memisahkan durinya agar tidak tertelan. Ada sumber yang berkata bahwa ikan ini di datangkan ke Indonesia dari benua Eropa dan negara Tiongkok. Dan daerah di Indonesia pertama yang mampu mengelola atau membenihkan ikan mas ini adalah masyarakat Ciamis, Jawa Barat, pada tahun 1860.

Habitat ikan mas yang paling ideal adalah di perairan yang mengalir dengan suhu 20-25oC. Dengan pH air yang berkisar 7-8.

Ada dua tahap dalam proses budidaya ikan mas, yaitu proses pembenihan dan pembesaran. Pembenihan di sini bertujuan agar kita mendapatkan bibit ikan yang unggul dan pembesaran di sini bertujuan untuk mendapatkan ikan-ikan mas yang telah layak untuk dikonsumsi.

Budidaya Pembesaran Ikan Mas

Tahap Pembudidayaan Ikan Mas yang Mudah Untuk Dicoba
Tahap Pembudidayaan Ikan Mas yang Mudah Untuk Dicoba

Kali ini kita akan membahas mengenai pembesaran ikan mas. Langkah pertama untuk membudidayakan ikan mas adalah mempersiapkan benih. Benih di sini juga harus yang memiliki sifat unggul agar nantinya ikan konsumsi yang dihasilkan juga berkualitas. Ukuran ikan mas yang dijadikan bibit biasanya yang berukuran 10-12 cm dan memiliki berat rata-rata sekitar 80-100 gram per ekor. Dengan benih yang sebesar ini diharapkan nantinya hasil yang didapat juga maksimal. Dan untuk lama pembesaran ikan mas berkisar 2-3 bulan.

Teknik atau pembesaran atau budidaya ikan mas terbagi menjadi tiga, seperti metode kolam air deras, kolam air tenang, dan tumpang sari dengan tanaman padi atau biasa disebut minapadi. Dan untuk kolam yang digunakan dapat berupa kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sawah, jaring apung ataupun keramba. Itu bertujuan agar dalam memilih kolam sesuai dengan kondisi alam lingkungan ataupun modal yang kita miliki.

Budidaya Ikan Mas Kolam Air Tenang

Kebanyakan para petani ikan membudidayakan ikan mas denga metode air tenang ini karena memang minim perawatan dan pembuatannya mudah. Selain itu kolam air tenang ini dapat menyediakan pakan ikan secara alami. Berbagai organisme akan tumbuh subur di dasar kolam ini seperti cacing,atau tumbuh-tumbuhan air seperti lumut.

Untuk pakan ikannya, yang baik kita dapat memberikan pelet dengan kadar protein 25%. Idealnya pemberian pakan ikan ini sebanyak 3-4 % dari bobot ikan mas. Untuk ikan yang berbobot 100 gram dapat diberikan pakan sebanyak 3-4 gram pelet per ekor setiap harinya. Jika di dalam kolam terdapat 1000 ekor ikan mas maka pakan yang dibutuhkan sekitar 3-4 kg per hari. Untuk waktu pemberian makan ini dapat dibagi menjadi 3 waktu yaitu pagi, siang , dan sore hari. Dan untuk mengetahui perkembangan berat ikan dapat dilakukan penimbangan berat ikan secara acak setiap 2 minggu sekali, yang bertujuan untuk mengukur banyaknya makanan yang harus diberikan.

Budidaya Ikan Mas Kolam Air Deras

Kolam air deras di sini memiliki arti adalah air yang memiliki sirkulasi air yang cepat. Untuk membuat kolam model ini memanglah sulit Karena jika menggunakan pembangkit listrik akakn memerlukan biaya yang sangat mahal tentunya. Dan agar lebih alami dengan menggunakan aliran air sungai.

Keunggulan dari metode ini adalah ikan dapat memiliki nafsu makan yang besar karena ikan terus bergerak terdorong oleh aliran air. Dan juga kadar oksigen di air yang berarus deras juga relatif lebih tinggi. Sehingga metode ini mempunyai kapasitas tebar ikan yang lebih besar daripada kolam air tenang.

Panen Budidaya Ikan Mas

Ikan Mas Siap Dibesarkan
Ikan Mas Siap Dibesarkan

Berat ikan mas yang telah ideal atau layak untuk dikonsumsi adalah yang sudah memiliki berat sekitar 300-400 gram per ekor. Sedangkan bial memiliki bobot yang lebih dari itu akan membuat ikan menjadi tidak ekonomis lagi karena semakin besar ikan semakin banyak memerlukan pakan dan itu juga belum tentu akan laku di pasaran karena terlalu besar.

Dan biasanya waktu yang diperlukan untuk melakukan pembesaran ini berkisar sekitar 2-3 bulan. Dan setelah itu mungkin ukuran ikan akan lebih besar namun ada sebagian pasar ikan yang tidak menerima ukuran ika yang terlalu besar, namun ada sebagian yang tetap menerimanya.

Demikianlah sedikit tentang budidaya ikan mas, yang mungkin bisa kalian coba praktekan di rumah. Mohon maaf jika ada kesalahan cara atau informasi, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply