Laptop Gaming
Laptop Gaming

Cara Memilih Laptop Gaming

Posted on

Laptop merupakan sebuah perangkat mini dari komputer. Laptop mempunyai banyak kelebihan jika dibangingkan dengan komputer, tetapi laptop juga pasti memiliki kelemahan. Baiklah kali ini saya akan coba memberikan tips bagaimana cara memilih laptop gaming yang tepat.Games memang sudah mendunia saat ini, ditambah lagi banyaknya game online yang bermunculan.

Laptop merupakan media yang paling banyak digunakan untuk bermain game saat ini. Laptop memiliki keunggulan yaitu enteng dan mudah dibawa kemana-mana. Hal inilah yang membuat banyak pengguna komputer beralih menggunakan laptop untuk bermain game. Apabila kita menggunakan komputer untuk bermain game, maka sudah bisa dipastikan kita akan berada dirumah terus atau dikosan terus. Tetapi dengan menggunakan laptop, kita bisa bermain game secara kelompok disuatu tempat.

Laptop yang digunakan untuk bermain game itu tidak sembarangan. Ada spesifikasi khusus yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sebuah game secara maksimal. Setiap game membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda-beda, mulai dari laptop dengan spesifikasi sedang dan bahkan ada juga yang membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi, misalkan game Dota dan game PES.

Laptop untuk game tidak harus baru, bisa juga dengan menggunakan laptop bekas dengan spesifikasi yang masih bisa diandalkan. Itu semua tergantung budget dan kitanya sendiri. Laptop bekas bukan berarti laptop itu sudah jelek, hanya saja laptop itu telah digunakan oleh orang sebelumnya. Jadi kami sarankan apabila anda ingin membeli laptop bekas untuk bermain game, telitilah terlebih dahulu, mulai dari hardware, performa dan software. Atau anda juga bisa membawa teman anda yang lebih mengerti mengenai dunia komputer dan laptop.

Laptop Gaming ASUS
Laptop Gaming ASUS

Tips-tipsnya untuk memilih laptop gaming yaitu:

Lebih telilti saat memilih GPU

Jika anda mencari laptop untuk kebutuhan game, maka salah satu komponen yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu GPU (Graphic Processing Unit). GPU mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai pengolah grafis 3D digame yang anda mainkan. Jadi pastikan bahwa anda memilih laptop dengan GPU yang terbaik, paling besar, dan yang pemrosesan datanya lebih cepat.

Teliti saat memilih cpu

CPU yang memiliki clock yang lebih cepat dengan core yang lebih banyak tentu saja akan jauh lebih powerful jika digunakan untuk editing video, editing foto, dan bahkan desain animasi. Tetapi kalau untuk gaming selama CPU tersebut memenuhi system requirement dari sebuah game, maka kelebihan dari performa CPU tidak akan begitu berpengaruh terhadap kelancaran game yang dimainkan.

Cari Ram Yang Kapasitasnya Besar

Pastikan berapa kapasitas RAM yang cukup sesuai dengan kebutuhan anda. Banyak orang yang membeli RAM hingga kapasitas 16GB untuk bermain game, karena berharap mendapatkan performa yang lebih maksimal saat bermain game. Cara ini tidak salah, hanya saja anda diharapkan bisa memaksimalkan budget.

Gunakan SSD, Karena mampu menigkatkan peforma

Sebenarnya untuk laptop gaming tidak harus menggunakan SSD (Solid State Drive), tetapi dengan menggunakan SSD akan mampu meningkatkan performa laptop dalam bermain game khsusunya untuk load dan kecepatan game.

Resolusi layar yang bagus

Saat ini laptop yang memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel sudah lebih dari cukup untuk menampilkan gambar grafis game yang memuaskan. Layar IPS akan jauh lebih jernih dan tajam saat digunakan untuk bermain game.

Memiliki Bobot dan ukuran yang lebih

Laptop gaming yang maksimal atau yang kuat itu biasanya memiliki ukuran dan berat yang lebih jika dibandingkan dengan laptop biasa. Ini dikarenakan laptop gaming memiliki GPU yang besar dan ada juga yang dilengkapi Dual GPU.Laptop gaming telah dirancang khusus dibuat lebih besar untuk memastikan sirkulasi udara dan pendinginan terhadap panas dari GPU dan hardware yang lainnya bisa lebih lancar.

Sekian dari informasi yang bisa saya bagikan semoga dapat bermanfaat.

Gravatar Image

Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku.
juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply