Macam Macam Awan
Macam Macam Awan

Macam- Macam Awan dan Pengertianya !

Posted on

Saya akan memberikan informasi tentang macam-macam awan,Awan adalah terdiri dari kristal es dan terlihat sangat halus dan lembut seperti bulu-bulu yang pada umunya berwarna putih awan ini berada di sekitar ketinggian 5000 meter dari dataran kita.memiliki suhu yang sangat dingin walaupun di saat musim panas atupun musim semi.sangat di definisikan bahwa awan yang terlihat tampak tersusun dari serat yang sangat lembut dan sangat halus juga memiliki warna putih mengkilap bagaikan menyentuh sutra.Mungkin anda bisa membayangkan sendiri.

Berikut adalah macam-macam jenis awan serta pegertiannya.

1. Sirokumulus

Sirokumulus
Sirokumulus

Awan ini merupakan awan yang mengandung butiran air yang super dingin debgan campuran kristal es.Apakah kalian tahu butiran air akan sangat cepat membekunya.Awan jenis ini memiliki umur yang sangat singkat.dan sangat cepat berubah menjadi awan jenis cirrostratus.awan ini mengandung hujan yang tidak sampai ke permukaan bumi (virga).awan ini bercampur dengan salju ,dan awan ini memiliki lapisan terdiri dari unsur kecil yang menyerupai biji-biji padi  kecil tanpa bayangan layaknya  sirrus.

 2. Sirostratus

Sirostratus
Sirostratus

awan ini berasal dari gugusan kristal es dapat menyebar dan menutup sebagian keseluruhan langit sehingga dapat menyerupai selaput tupis tembus cahaya.dan awan ini sering berbentuk cincin atau keluarnya matahari atau bulan,Kadang – kadang kalau terjadi hujan ,hujan ini mengeluarkan air tapi tidak sampai ke dataran kita yait bumi.sehingga seolah – olah terlihat cerah jika dari permukaan bumi kita awan ini  yang sangat tampak seperti tirai kelambu halus keputih-putihan.

3. Altokumulus

Altokumulus
Altokumulus

Awan yang paling puncak putih yang bergulung dengan berkumpulnya dasar awan yang paling gelap dan secara umunya melebar,seperti halnya pecah atau malahan menjadi halus ,dan ketebalannya sangatlah beragam.awan jenis ini bagaikan awan yang menggambarkan udara yang cerah namun awan ini bisa berkembang jadi awan hujan ataupun lain-lainnya.bahkan cumulonimbus. Lapisan awan lenticularis dapat terbentuk di atas pegunungan, atau angin kencang pada siang hari, massa udara stabil dan kering. lapisan awan berwarna putih atau kelabu yang terdiri dari unsur2 berbentuk bulatan pipih

4. Altostratus

Altostratus
Altostratus

Awan kali ini seperti lembaran halus yang berwarna abu-abu gelap .Awan jenis ini dapat menghasilkan hujan gerimis atau bisa di sebut juga hujan ringan ataupun sedang,Umumnya terbentuk sepanjang sore hari, diikuti hujan pada senja atau malam hari. Dalam kondisi tertentu dapat berkembang awan altostratus lenticularis, akibat angin kencang, dan tidak menghasilkan hujan. awan yang nampak berserat/seragam tapi berwarna kelabu/kebiruan menutupi sebagian/seluruh langit

5. Nimbostratus

Nimbostratus
Nimbostratus

Nimbostratus (Ns),Awan yang jenis ini  berwarna gelap, visibility rendah, langit tertutup awan, dan sinar matahari terhalang. Umumnya disertai cuaca buruk. Hujan turun dengan intensitas rendah hingga sedang, untuk waktu yang lama. lapisan awan yang seragam, luas dan berwarna kelabu tua. Awan ini sering terjadi pada negara kita karena negara kita memiliki 2 iklim salah satunya hujan dan mungkin cuaca ini sangat mirip dengan kita saat mengalami iklim  tau musim hujan. dan ketika hujan atau iklim ekstem jangan sampai terkena penyakit demam ya dan saya sarankan jaga kondisi agar bisa selalu sehat selalu !

Jadi jika kita lihat dari macam- mcam awan dan sudah melihat pengertian tersebut mungkin anda bisa memperkirakan cuaca anda sendiri dan bisa mengetahui perbedaan awan – awan tersebut ! mungkin artikel kali ini bisa di jadikan refrensi yang pas buat kalain semuan dan menjadi manfaat yang baik bagi anda semua.

Incoming search terms:

  • macam macam media dari awan
Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply