sambal terasi
sambal terasi

Cara Membuat Sambal Terasi yang Enak

Posted on
sambal terasi
sambal terasi

Orang indonesia kebanyakkan gemar dengan sambal. karena makan tanpa sambal rasanya terasa hambar bagaikan sayur tanpa garam, makanya sambal menjadi makan yang enak, dan banyak digemari oleh masyarakat, memang indonesia terkenal dengan masakan yang satu ini. Untuk membuat sambal yang satu ini memang sangatlah mudah untuk anda buat dirumah, apalagi untuk tambahan masakan anda.

Sambal memang masakan yang terkenal pedas dan enak, apalagi sambal rasa terasi yang akan saya ajarkan untuk membuatnya, sambal terasi memang berbeda dengan sambal-sambal yang lain, karena sambal terasi ini menggunan terasi pilihan yang dipilih dan cocok untuk digunakan sebagai tambahan sebagai sambal atau masakan yang lainnya, sambal terasi ini memang sangatlah mudah untuk membuatnya, setiap orang bisa membuatnya, karena cara pembuatannya sangatlah mudah dan menggunakan alat-alat yang sederhana yang ada di dapur anda.

Bahan utama yang digunakan adalah cabai sebagai bahan utamanya, karena rasa pedasnya memang menjadi ciri khas sambal, sambal yang dihasilkan memang dari caberawit itu, sambal memiliki beberapa jenis atau beberapa rasa, kali ini saya akan mengajarkan kepada anda cara untuk membuat sambal terasi, sambal terasi yang kali ini sambal yang enak dan pasti anda dan keluarga anda menyukainya, pasitkan masakan anda menjadi masakan yang paling di sukai oleh keluarga anda, berikut ini saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana caranya membuat sambal terasi, dengan cara dan bahan-bahan sebagai berikut:

bahan-bahan sambal terasi
bahan-bahan sambal terasi

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal terasi:

  • Cabai merah yang mempunyai ukuran yang besar, gunakan cabai merah sesuai selera anda.
  • Caberawit yang memiliki warna merah, gunakan caberawit ini sesuai selera anda.
  • Bawang merah.
  • 1 sendok makan terasi yang sudah digoreng sebelum digunakan untuk sambal.
  • 1-2 sendok teh garam.
  • Gula jawa gunakan gula jawa secukupnya.
  • Tomat ukurannya yang besar.
  • Daun salam, yang sudah dicuci bersih.
  • Batang serai yang sudah anda geprek.
  • Lengkuas, kemudian iris lengkuas, lalu geprek lengkuas.
  • 5 sendok makan minyak goreng, untuk menggoreng bahan-bahan.

Cara membuat sambal terasi:

  1. Langkah pertama haluskan cabai merah, cabairawit, bawang merah dan terasi, kemudian ulek bahan-bahan atau blender bahan-bahan hingga halus.
  2. Kemudian siapkan minyak goreng untuk menggoreng, lalu masukkan tomat yang sudah diiris tipis tadi goreng hingga agak setengah matang.
  3.  Kemudian masukkan bumbu halus, garam, dan masukkan gula jawa dan bahan-bahan yang lainnya. Kemudian aduk hingga rata.
  4. Kemudian tumis semua bahan-bahan dengan menggunakan api yang sedang, sambil diaduk dan hingga benar-benar matang.
  5. Setelah sambal terasi matang, sambal terasi siap untuk disajikan.

Sangatlah mudah bukan untuk membuat sambal terasi yang saya ajarkan tadi, pasti anda menjadi orang tersayang bagi keluarga anda, karena anda tidak hanya bisa mengurus keluarga anda juga bisa memasak, apalagi masakan yang anda buat sangatlah enak dam lezat. Memang sangatlah judah untuk membuat sambal terasi ini.

Demikian cara-cara untuk membuat sambal terasi yang sangat mudah ini, pasti anda bisa mengikuti cara-cara yang saya ajarkan tadi, soalnya cara-cara yang saya tunjukkan tadi sangatlah mudah untuk ditiru untuk ibu-ibu yang ada dirumah.

Sambal terasi memang masakan yang paling ditunggu-tunggu saat akan makan, gunakan cabai sesuai ukuran yang anda inginkan, jangan sampai anda menggunakan cabai yang terlalu banyak sehingga menghilangkan nafsu anda untuk memakan masakan yang sudah ada didepan meja makan anda.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply