Menutup Aurat
Menutup Aurat

Hargai Dirimu Dengan Menutup Aurat, Mari Menutup Aurat

Posted on

Jika kita melihat orang–orang yang di sekitar kita, banyak sekali yang kita jumpai kaum wanita keluar rumah dengan tidak menggunakan jilbab, bahkan memakai rok mini yang mengumbar aurat mereka, dan kini ada juga wanita keluar rumah dia betul memakai jilbab, tapi dipertengahan jalan dia melepaskan jilbabnya, hal seperti itu sudah biasa kita jumpai.

Banyak yang mengganggap  seakan-akan menutup aurat itu bukan suatu kewajiban dan membuka aurat itulah yang dianggap tidak dosa.

Pembahasan Aurat dan Kewajiban untuk menutupnya.

Aurat merupakan suatu anggota badan yang tidak boleh diperlihatkan atau ditampakkan, diperlihatkan kepada lelaki atau perempuan lain.Menutup aurat hukumnya itu wajib, sebagaimana firman Allah SWT : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandanganya , dan memelihara kemaluannya, demikian itu merupakan lebih suci bagi mereka, sesungguhnya allah maha mengetahui apa-apa yang mereka perbuat.”Katakanlah kepada wanita yang beriman ,”Hendaklah mereka wanita menahan pada pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janglah mereka menampakkan perhiasannya , kecuali yang biasa nampak darinya.Dan hendaklah mereka menutupkan kain(kerudung) ke dadanya, dan jangan menampakkan perhiasnnya, kecuali kepada sang suami mereka, atau Ayah mereka, atau Ayah suami mereka, (keluarga)dan lain-lain.Dan janglah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung.” (An-nur 24:31)

Janganlah seorang laki-laki melihatkan auratnya kepada laki-laki lain, dan janganlah pula seorang wanita mmelihatkan auratnya kepada wanita lainnya.Seorang laki-laki  bersamaan dengan laki-laki lain menggunakan satu kain(selimut), dan tidak boleh juga wanita bersama wanita lain menggunakan satu kain(selimut) bersamaan.(H.R Muslim, no 388 dan lainnya).

Batas-Batas Aurat :

  • Aurat Sesama Laki-Laki.

Auratnya mulai dari bawah pusar sampai atas lutut(dari paha sampailainnya).

  • Aurat Wanita Di Depan Wanita Lainnya.

Boleh memperlihatkan bagian tubuh yang menjadi tempat perhiasan , seperti rambut, leher, dada bagian atas, kaki, lengan tangan, betis.

Dengan Anda menutup aurat, anda bisa menghindarkan diri dari api neraka.Selain itu menutup aurat juga dapat melindungi selama didunia.

Hikmah Dan Manfaat Menutup Aurat :

  • Terhindar Dari Dosa Besar Akibat Mengumbarkan Aurat.
  • Menghindarkan Dari Fitnah, Tuduhan.
  • Menunjukkan Diri Kalau bukan Wanita Murahan.
  • Mencegah Hawa Nafsu Lawan Jenis Maupun Sesama Jenis.
  • Mencegah Rasa Cemburu Pasangan Hidup.
  • Melindungi Tubuh Dan Kulit dari Lingkungan.
  • Mencegah Terkena Penyakit dan Gangguan Kesehatan.
  • Memberi Sesuatu Kepada Sang Suami.
  • Melindungi Diri Kita dari Berbagai Tindak Kejahatan.
  • Bisa Menutupu Aib Rahasia Yang Ada Dalam Diri.

Seorang bapak sangat berkewajiban untuk menjaga  aurat anak perempuannya jika telah baligh.Bapak berkewajiban melarang anak perempuannya berdandan berlebihan dan berpakaian yang tidak menutup aurat ketika keluar dari rumah.

Perbaikilah pakaianmu, tutuplah auratmu, dan jagalah kemaluanmu, karena itu semua hanya untuk dirimu dan suamimu.”Hargai Dirimu Dengan Menutup Aurat.

Gravatar Image

Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua.

ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply