Bayi Minum Asi Eksklusif daripada Susu Formula
Bayi Minum Asi Eksklusif daripada Susu Formula

Hey Mother! Bayi Kalian Berilah Asi Eksklusif Jangan Susu Formula, Kenapa?

Posted on

Keunggulan Asi Eksklusif sebagai nutrisi bagi bayi itu sudah banyak sekali yang mempelajarinya dan sudah di buktikan oleh para peneliti hingga oleh Organisasi Kesehatan Dunia yaitu WHO merekomendasikan Asi Eksklusif itu untuk bayi sampai 6 bulan tidak boleh di campuri yang lain dan kalau sudah lebih dari 6 bulan baru di tambahi makanan pendamping Asi  sampai 2 tahun atau lebih.

Meskipun seperti demikian angka ibu menyusui secara eksklusif di Indonesia menurut survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2007 itu baru hanya mencapai 32% padahal Asi itu sangat penting untuk bayi, bayi yang di lahirkan di fasilitas kesehatan kebanyak di beri susu formula bukan Asi Eksklusif dari ibunya.

Baiknya Asi Eksklusif bagi Bayi
Baiknya Asi Eksklusif bagi Bayi

Di luar jalur medis, pemerintah Indonesia akan membuktikan komitmennya bahwa akan menurunkan kematian pada bayi dan mendukung pemberian Asi Eksklusif untuk bayi dengan pemerintah Indonesia menurunkan Undang-Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009, pasal 128. Yang isinya yaitu menekankan kalau bayi itu harus mendapatkan Asi eksklusif kecuali atas indikasi medis dan ancaman pidana bagi orang yang tidak mau mendukungnya, termasuk di antaranya adalah para petugas kesehatan.

Bab inilah yang mengemukakan alasan medis yang dapat di terima oleh perintah untuk memberikan susu formula pada bayi yaitu dalam beberapa situasi. Bayi boleh di berikan susu formula jika ada beberapa alasan seperti khusus di mana Asi Eksklusif itu tidak boleh di berikan kepada sang bayi, atau susu formula hanya di berikan untuk sementara dan susu formula di butuhkan sebagai tambahan di samping pemberian Asi Eksklusif.

Banyak sekali manfaat Asi Eksklusif untuk bayi, di antaranya yaitu :

  • Pemberian Asi Eksklusif pada bayi dapat menurunkan tingkat kematian bayi mendadak pada tahun pertama.
  • Asi Eksklusif dapat meningkatkan kecerdasan pada anak, penelitian mengatakan bahwa Asi Eksklusif memiliki tingkat fungsi kognitif yang lebih tinggi.
  • Menghasilkan antibodi pada bayi kalian agar tidak gampang terkena penyakit atau tidak gampang sakiit, seperti terkena infeksi telinga.
  • Asi itu lebih mudah di cerna oleh bayi dari pada susu formula, maka dari itu memberi Asi eksklusif pada bayi dapat mengurangi resiko sembelit dan juga gas berlebih pada bayi.
  • Bahkan Asi juga dapat menghidarkan resiko anak kalian kelebihan berat badan, diabetes tipe 1 dantipe 2, leukimia, sakit asma, limfoma, kolestrol tinggi, penyakit Hodgkin.
Ibu Memberi Asi Eksklusif pada Bayi
Ibu Memberi Asi Eksklusif pada Bayi

Menyusui juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui, karena menyusui dapat menghindarkan kalian terkena penyakit kanker payudara, kanker ovarium, penyakit jantung, osteoporosis, diabetes.

Tapi kalian para ibu jangan lupa kalau alasan para ibu memberikan Asi Ekslusif pada bayi yaitu pengalaman untuk merasakan ikatan yang indah pada bayi kalian para ibu.

Asi juga dapat di pompa dengan alat khusus yang memungkinkan anggota keluarga kalian atau orang lain memberikan Asi kepada anak kalian jika kalian sedang sibuk atau banyak acara sehingga tidak bisa memberikan Asi eksklusif pada bayi.

Tetapi apapun yang kalian berikan pada bayi kalian Asi ataupun susu formula untuk memenuhi nutrisi bayi kalian yang terpenting adalah anak kalian dapat nutrisi yang cukup dan tidak kekurangan nutrisi sehingga terkena penyakit, dan yang penting juga anak kalian bisa terawat dengan baik, diberikan cinta kasih oleh orangtuanya agar mereka tumbuh dengan baik.

Rawatlah bayi kalian dengan baik agar mereka tumbuh berkembang dan sehat.

Gravatar Image
Seseorang yang bercita-cita menjadi pengusaha yang sukses dunia akhirat dan ingin membanggakan orang tua. Ingat! Bermimpilah setinggi langit dan jangan lupa pijakkan kakimu di bumi.

Leave a Reply