semut rangrang
semut rangrang

Mengenal Berbudidaya Semut Rangrang yang Menghasilkan Kroto

Posted on

Memang tidak mudah untuk membudidaya semut rangrang, tapi budidaya semut rangrang, memmpunyai campuran telur, larva dan puva yang dimiliki oleh semut rangrang, kroto merupakan makanan burung yang dipelihara, tapi kroto bukan hanya makanan burung peliharaan lho, kroto bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan, tapi tidak semua jenis semut menghasilkan kroto yang bisa digunakan untuk bahan pakan karena tidak semua jenis semut menghasilkan kroto.

Kroto dihasilkan oleh semut, yang semut itu adalah semut merah yang biasanya disebut dengan semut rangrang, semut mulai ditemukan dari india, asia tenggara, dan australia bagian barat. Awalnya semut rangrang diperoleh dari perkebunan yang bebas, rangrang mempunyai sarang yang banyak ditemukan diperkebunan, yang bertengger antara pepohonan.

Seiring berjalannya jaman, sekarang semut rangrang sangat sulit didapatkan, dan kalau dijual pada tahun sekarang harganya sangat mahal bila dengan harga pakan yang lainya, sekarang kroto mulai dikembangkan melalui budidaya semut yang keadaan lingkungan yang terkontrol tidak menimbulkan masalah bagi semut untuk menghasilkan kroto.

semut rangrang yang menghasilkan kroto
semut rangrang yang menghasilkan kroto

Habitat semut rangrang:

Semu rangrang adalah hewan yang sosial, selalu dapat ditemukan disekitar lingkungan kita. Dalam setiap pertemuan semut ranrang anda bisa menemukan semut rangrang hingga jutaan ekor semut rangrang, dari setiap sarang yang ditempati semut rangrang memiliki beberapa sarang, setiap sarang biasanya dihuni beribu-ribu semut rangrang yang tidak dapat dihitung oleh manusia, semut rangrang memang terkenal hewan yang sangat mempertahankan tempatnya dan barang siapa yang mengganggu tempatnya semut rangrang biasanya akan jadi santapan untuk semut rangrang.

Semut rangrang dalam membangun sarangnya dengan daun-daun yang daun itu oleh senut dianyam sedemikian rupa, sebagaimana untuk rumah dan bisa melindungi dirinya dari tangan-tangan manusia, biasanya semut ini disebut dengan semut yang pandai menganyam, biasanya semut rangrang untuk membuat rumah semut rangrang menggunakan pohon yng daunnya lentur dan lebar, atau semut menyukai daun-daun yang kecil namun daun yang kecil itu rimbun.

Semut rangrang biasanya sebagai predator hama. yang berada dibeberapa tempat seperti kebun jeruk, dan kebun buah-buahan yang lainnya, semut rangrang ini semakin dipelihara karena bisa mengendalikan hama.

Perkembangan semut rangrang:

Semut rangrang ini dapat berkembangbiak dengan menggunakan telur, semua semut yang ada didalam sarangnya menjaga telur-telur tersebut, semut rangrang membangun sarannya menggunakan jaring-jaring yang berwarna putih yang ada dalam telur.

Makanan semut rangrang:

Semut rangrang biasanya menyukai makanan yang mengandung protein yang tinggi dan semut rangrang juga menyukai gula, semut rangrang mendapatkan gula dari kutu daun, kutu daun mendapat perlindungan dari serangan predator yang lainnya.

Tapi bila semut rangrang tidak bisa menhasilkan madu lagi, semut rangrang akan memangsanya,protekin yang didapat semut rangrang biasanya dari mangsa, yaitu serangga atau cicak, dan hewan kecil lainnya. Tapi terkadang semut juga memakan bangkai hewan besar,

Budidaya semut rangrang:

Indonesia banyak orang yang membudidayakan semut rangrang, karena orang-orang indonesia hobi memelihara burung dan memancing, kroto yang dihasilkan oleh semut bisa menjadi pakan untuk burung dan bisa menjadi umpan untuk memancing,.

Jaman sekarang kroto berkembang dengan pesat, semut rangrang yang menghasilkan kroto tidak hanya dibudidayakan dipepohonan yang sarangnya terbuat dari dedaunan, tapi semut rangrang juga bisa diplihara dirumah, dengan cara menggunakan wadah yang sederhana untuk tempat semut rangrang bekembangbiak, berbudidaya semut rangrang sangatlah cocok untuk pekerjaan sampingan, berbudidaya semut rangrang bisa dilakukan dengan modal yang sederhana.

Silahkan anda coba untuk membudidaya semut rangrang.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply