Kulkas Bau
Kulkas Bau

Cara Menghilangkan Bau Kulkas dengan Bahan Alami

Posted on

Kulkas yang berbau mungkin adalah salah satu masalah yang sedang anda hadapi saat ini, selain menggangu indra penciuman kita, kulkas yang berbau juga berdampak pada makanan yang kita simpan dalam kulkas. Yang awalnya makanan itu tidak berbau menjadi berbau karna tertular dengan makanan yang menimbulkan bau. Bau kulkas disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah makanan basah yang dibiarkan terbuka dan terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Contohnya seafood, sebaiknya anda menyimpan seafood atau bahan makanan basah lain di dalam freezer dan jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas. Saya akan membagikan tips lain dari mencegah bau kulkas di antaranya adalah:

  • Simpan bahan makanan yang anda letakkan di dalam kulkas dalam sebuah toples yang kedap udara, susn bahan makan anda dengan rapi.
  • Selalu bersihkan dan lihat kondisi kulkas anda, bila ada makanan yang sudah tidak layak dan mulai berbau, segera keluarkan makanan tersebut dari kulkas anda.
  • Bila anda meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, matikan kulkas dan biarkan pintunya sedikit terbuka, bila anda sudah kembali jangan lupa bersihkan kulkas anda sebelum dimasuki bahan makanan.

Bila kulkas anda sudah terlanjur berbau, di bawah ini saya akan membagikan tips menghilangkan bau kulkas dengan bahan alami:

1.Menggunakan Buah Lemon atau Jeruk

Caranya sangat mudah yaitu peraslah beberapa buah lemon atau buah jeruk segar, taruh air perasan nya pada wadah lalu letakkan di sudut kulkas dan freezer. Tunggulah paling lama sampai 1 jam, aroma segar pada lemon dan jeruk akan menyebar ke seluruh kulkas anda.

2.Vanili

Ambilah beberapa kapas dan basahi kapas menggunakan cairan vanili, letakkan kapas tadi ke sudut-sudut kulkas dan biarkan setidaknya selama 12 jam. Bau kulkas akan hilang dan kulkas anda akan berbau segar lagi.

3.Baking Soda

Selain vanili, bahan membuat kue lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan kulkas adalah baking soda, caranya sangat mudah yaitu taruhlah beberapa sendok baking soda ke dalam sebuah wadah, lalu letakkan wadah tersebut ke dalam kulkas dan jangan lupa tutup pintu kulkas. Tunggu beberapa saat, bau kurang sedap pada kulkas anda akan menghilang.

4.Bubuk Kopi

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan nyamuk, aroma dari bubuk kopi yang kuat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau busuk pada kulkas. Caranya juga sangat mudah yaitu letakkan beberapa sendok bubuk kopi di atas piring, taruhlah piring tersebut di dalam kulkas dan tunggu kurang lebih selama 1 jam.

5.Garam

Salah satu bumbu dapur ini ternyata bisa menghilangkan bau busuk pada kulkas. Caranya campurkan segenggam garam dengan 1 galon air hangat. Lap kulkas dengan air garam tersebut.

6.Cuka

Selain garam, bumbu dapur lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kulkas adalah cuka. Caranya pun sama dengan garam, campurkan cairan cuka dengan 1 baskom air hangat. Lap dinding dalam dan dinding luar kulkas dengan cairan cuka tersebut.

7.Arang

Caranya: letakkan beberapa arang ke dalam mangkuk dan letakkan mangkuk tersebut ke dalam kulkas, atur suhu kulkas ke arah yang paling minim, tutup pintu kulkas dan diamkan selama 3 hari.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply