kue mochi enak
kue mochi enak

Gini Nih, Caranya Membuat Kue Mochi Isi Ice Cream

Posted on

Mochi merupakan kue yang terbuat dari tepung beras ketan. Sebenarnya kue ini berasal dari jepang, di negara asalnya kue mochi ini banyak di sajikan saat merayakan hari tahun baru jepang. Tapi kue ini sudah sangat populer di indonesia. Selain rasanya yang enak, kue ini juga populer karena bentuknya yang sangat unik. Salah satu dari jenis kue mochi ini yang sedang booming di indonesia adalah mochi ice cream.

kue mochi
kue mochi

Di indonesia kue mochi sudah cukup terkenal, terutama yang tinggal di kawasan bogor, cianjur dan sukabumi. Cara pengolahan mochi di indonesia tidak jauh berbeda dengan di jepang, hanya saja bentuk dan pengemasaannya sedikit berbeda. Di jepang kue mochi memiliki ukuran sebesar kepalan tangan kecil, tapi kalau di indonesia kue mochi hanya memiliki ukuran sebesar kelereng. Kemudian mochi tersebut dibungkus dalam sebuah kerang bambu yang kecil yang dapat menampung 10 butir kue mochi.

Mochi yang berisi es krim sebenarnya bukan jenis mochi yang baru, karena mochi ini sudah ada di jepang sejak tahun 1981. Mochi es krim ini kemudian menyebar ke negara-negara lain termasuk indonesia. Sebenarnya di indonesia kue mochi ini sudah ada sejak lama, tapi baru populer beberapa tahun belakangan ini. Mochi yang di gunakan ialah mochi jepang yang berukuran besar dan diisi dengan es krim yang beraneka rasa.

kue mochi enak
kue mochi enak

Bahan-bahan Mochi Ice Cream

Untuk membuat kue mochi isi ice cream ini, pertama kita harus menyiapkan dahulu bahan-bahannya. Dalam resep ini kita menggunakan ice cream instant agar tidak memakan banyak waktu dalam pembuatannya. Berikut ini bahan-bahan yang harus anda siapkan.

  • Siapkan tepung beras ketan 50 gram
  • Siapkan air putih matang 100 ml
  • Siapkan gula 100 gram
  • Siapkan vanila bubuk 2 sendok teh
  • Siapkan ice cream minimal dua rasa sesuai selera
  • Siapkan tepung kanji seperlunya

Cara Pembuatan Mochi Ice Cream

Apabil semua bahan sudah terkumpul, sekarang langsung mengolahnya. Pertama siapkan sebuah panci lalu campurkan tepung beras ketan, vanila bubuk, gula dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Sambil memasukkan bahan tersebut, aduk agar tercampur rata.

Memasak adonan menggunakan api yang sedang saja dan terus mengaduk. Harus di pastikan bahan tersebut sudah mengental dan lengket. Lalu siapkan sebuah tempat dan taburi dengan tepung kanji. Taburan ini berguna agar adonan kue tidak lengket pada tempat yang di siapkan tadi.

Selanjutnya tuang adonan yang telah di olah tadi ke dalam tempat yang di siapkan tadi. lalu taburi lagi tepung kanji di atasnya. Selagi panas, gilinglah adonan tadi dengan gilingan roti dengan tingkat ketebalannya 2-3 mm. Jika sudah selesai diamkan hingga dingin.

Jika adonan kue mochi sudah dingin, lalu ambil dan potong dengan bentuk bulat-bulat berdiameter sekitar 4 cm. Supaya lebih mudah dan rapi adonan tersebut di bagi dahulu sebanyak 10 bagian.

Bentuklah es krim menyerupai bola kecil, Agar mengeras letakkanlah es krim tersebut ke dalam kulkas selama beberapa menit. Lalu ambil adonan kue mochi dan bulatan es yang sudah mengeras. Letakkanlah es krim di atas adonan mochi lalu tutup adonan kue mochi hingga semua bagian es krim tidak terlihat. Terakhir simpanlah kue mochi di dalam kulkas. Sajikan kue selagi masih dingin. Pastikan langsung memakan mochi es krim supaya tidak mencair agar rasanya tetap enak. Jika tidak ingin memakan langsung, lebih baik simpan di kulkas saja.

 

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply