Kilisuci Taman
Kilisuci Taman

Kilisuci Taman Penghilang Bosan

Posted on

Tujuan Perintah Kabupaten Kediri membangun Taman Kilisuci adalah untuk menyediakan ruang publik yang luas dan nyaman. Taman Kilisuci letaknya dekat dengan Majid An Nur Pare, tepatnya di samping barat Masjid. Taman Kilisuci telah meraih adipura pada tahun 2013 dalam Kategori Kota Kecil. Tujuan pemerintah membangun Taman Kilisuci selain itu adalah diharapkan dengan adanya Taman Kilisuci ini dapat mewujudkan sinergitas antara pemasaran atau pengembangan UMKM dan pemenuhan ruang publik. Sehingga akan dibangun kios-kios di dalam Taman Kilisuci yang akan diisi oleh UMKM Kab. Kediri.

Nama Kilisuci diambil dari latarbelakang cerita Sanggramawijaya Tunggadewi yang diberi nama gelar pertapa. Dia seorang putrid dari raja Airlangga dan dia juga seorang pewaris tahta dari Kerajaan Kahuripan yang ditetapkan sebagai Mahamantri yang berkedudukan tertinggi setelah raja. Kisah Dewi Kilisuci juga berhubungan dengan dongeng terciptanya Gunung Kelud.

Kilisuci Taman
Kilisuci Taman

Pemerintah kabupaten Kediri sengaja menghubungkan kisah Gunung Kleud sebagai latarbelakang nama Taman yang ada di Pare ini. Karena Gunung Kelud memang sudah menjadi ikon wisata yang ada di Kediri sehingga Pemerintah menamakan taman ini dengan nama Kilisuci.

 

Selain tempatnya yang luas dan nyaman beberapa fasilitas umum juga tersedia disana  antara lain kamar mandi, taman bermain (Play Ground), tempat parkir yang luas, tempat sampah yang memadai, free WIFI, tempat duduk dan lain-lain. Suasana yang hijau dan pemandangan yang indah menjadi tempat favorit masyarakat untuk nongkrong saat sore hari atapun pagi hari setelah berolahraga (jogging) atau setelah bersepeda. Lokasinya yang strategis yaitu di tengah kota Pare dan dekat dengan kios-kios, menjadikan orang yang lewat ingin mampir meskipun hanya ingin beristirahat sejenak dari ramainya kendaraan atau hanya sekedar berfoto. Taman yang dibuat untuk siapapun yang datang dan tanpa membayar ini bisa langsung menikmati pemandangan dan fasilitas-fasilitas yang disediakan. Silahkan Anda berkunjung atau sekedar mampir untuk beristirahat dari berkendara dengan menikmati jajanan yang dijual di sekitar Taman Kilisuci. Taman Kilisuci terletak di Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa Ds. Tulungrejo Kec. Pare Kab. Kediri buka 24 jam.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply