Tips Cara Memanfaatkan Loteng Rumah Menjadi Tempat Ternyaman
Tips Cara Memanfaatkan Loteng Rumah Menjadi Tempat Ternyaman

Tips Cara Memanfaatkan Loteng Rumah Menjadi Tempat Ternyaman

Posted on

Loteng rumah, bagi orang indonesia adalah tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mungkin sudah tak terpakai. Padahal sebenarnya loteng juga bisa dijadikan tempat yang ideal untuk tempat kita bersantai ataupun kamar tidur kita. Dengan pengertian bahwa sebenarnya loteng juga bisa menjadi tempat yang lebih bermanfaat daripada hanya menjadi tempat yang kotor dan bermanfaat jika dirancang dan memiliki desain yang baik.

Menggunakan loteng untuk melakukan kegiatan sehari-hari merupakan salah satu cara cerdas untuk menghemat ruang yang ada di rumah kita. Dan pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips tentang cara merancang atau memanfaatkan loteng yang bisa dihuni dengan sangat nyaman untuk rumah kalian.

  • Perhatikan Kemudahan Akses dan Lalu Lintas

Di setiap ruangan kemudahan akses dan lalu lintas memanglah menjadi bagian terpenting. Namun jika ini mengenai loteng pasti akan sangat kita perhatikan. Kemudahan akses itu mencakup semua kemudahan melakukan aktivitas di sana, cara anda sampai kesana atau penggunaan tangga. Kita harus menata barang-barang milik kita dengan benar, karena ada bagian loteng yang paling rendah yang pastinya mempersempit ruang gerak kita, dan kita bisa mengubahnya menjadi sebuah laci ataupun benda-benda yang tidak sering kita ambil. Usahakan jangan menaruh barang terlalu banyak di loteng tersebut karena akan mempersulit akses gerak kita di sana.

  • Tinggi Langit-Langit yang Tepat

Namun tidak semua loteng dapat dihuni, batas kemiringannya 50% dari langit-langit atau harus berada pada ukuran sekitar 84 inchi atau lebih. Dengan keadaan yang demikian akan membuat kita dapat beraktifitas sepenuhnya dengan keadaan berdiri. Dan itu semua dapat disesuaikan setelah mengetahui tinggi para penghuni rumah, setelah itu dikira-kira ketinggian lotengnya.

  • Puncak Atap

Mungkin akan lebih bagus lagi jika terdapat banyak ruangan di bagian loteng. Karena memang bagian puncak atap dapat memberikan banyak ruang  yang sangat berguna dibagian sampingnya. Dan pada bagian bawahnya dapat kita gunakan untuk meletakan berbagai furnitur, area penyimpanan, dan berbagai dekorasi menarik lainnya.

  • Tambahkan Dormers
Tips Cara Memanfaatkan Loteng Rumah
Tips Cara Memanfaatkan Loteng Rumah

Dormers adalah jendela yang dipasangkan di area atap rumah. Jika kita menambahkan dormers, berarti kita juga mendapat tambahan kapasitas ruang yang dapat digunakan. Dormers juga dapat membuat ruangan menjadi lebih terang, dan ruangan menjadi lebih tinggi. Dan jika kita melihatnya dari luar juga akan menambah daya tarik di bagian eksteriornya. Dan pada akhirnya kita dapat menikmati perbedaan memasang dormers atau tidak. Karena memang itu dapat membuat ruang loteng menjadi area yang lebih nyaman untuk tinggal.

  • Memiliki Struktur yang Kokoh

Sudah harus loteng yang hendak kita tempati itu memiliki struktur yang sangat kokoh terutama dibagian lantainya, itu merupakan faktor yang sangat penting. Lantai pada loteng harus mampu menahan jumlah semua beban benda-benda yang kita tempatkan di dalam loteng tersebut. Agar lebih kuat tambahkanlah balok kayu di bagian lantainya agar lebih kokoh dan mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan.

  • Perhatikan Suhu dan Cuaca

Ini juga sangat perlu kita perhatikan, yaitu keadaan suhu di loteng, untuk mengurangi rasa panas saast siang hari kita bisa mengganti genteng tanah liat dengan genteng alumunium yang dapat memantulkan panas matahari. Atau kita juga dapat memasang pengatur suhu, sehingga kita dapat mengatur suhu ruangan sesuai yang kita inginkan.

  • Tangga yang Aman

Tangga untuk menuju loteng harus dibangun sesuai dengan penggunaannya. Usahakan menggunakan tangga built-in, yang memungkinkan kita dapat berjalan dengan leluasa. Dan juga akan mempermudah kita ketika kita hendak membawa barang-barang ke atas dan tentunya akan memberikan akses yang lebih mudah.

  • Desain yang Mengutamakan Kenyamanan
Cara Memanfaatkan Loteng Rumah
Cara Memanfaatkan Loteng Rumah

Tentunya kita ingin selalu merasa nyaman jika kita berada di loteng kita bukan? Dan itu semua tergantung kita , bagaimana kita mengatur atau membuat loteng kita menjadi tempat ternyaman bagi kita. Anda harus mengatur tata letak, pencahayaan, dan lain-lain. Selain cara-cara di atas pastikan juga hal-hal berikut, atur furniturnya dengan susunan yang baik dan berilah pencahayaan yang memadai. Taruhlah beberapa kain yang memadai jika kalian ingin menjadikan loteng sebagai tempat tidur kalian.

Loteng dapat dimanfaatkan dengan cara yang berbeda-beda tergantung cara kita merancangnya. Jika kalian telah memperhatikan tips-tips di atas, semestinya anda sudah bisa merancang ruang loteng yang nyaman dan menyenangkan hati kalian.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply