Obat Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit Sinusitis
Obat Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit Sinusitis

Obat Herbal yang Terbukti Ampuh Mengobati Sinusitis

Posted on

Sinusitis merupakan peradangan sinus, rongga berisi udara yang bisa ditemukan di bagian tengkorak: frontal (bagian bawah dahi), sphenoid (bagian belakang rongga hidung), ethmoid (antara jembatan mata dan hidung), dan maxillary (tulang pipi). 4 bagian tengkorak dikenal sebagai sinus paranasal.

Sinusitis merupakan penyakit yang sudah umum dan menyerang sebagian orang di berbagai negara. Di negara Indonesia, penyakit ini sudah banyak ditemukan dan biasanya penyebab sinusitis terjadi pada orang yang tinggal di daerah udara yang bersuhu rendah.

Gejala sinusitis tidak terlalu terlihat, biasanya gejala yang muncul hanya mirip dengan flu biasa. Tapi, gejala yang lebih lama lebih dari 2 minggu bisa menjadi penyebab sinusitis yang serius. Pengobatan yang dibutuhkan untuk penyakit sinusitis bermacam – macam, dilihat dari kondisinya. Pengobatan untuk sinusitis berat harus di bantu oleh dokter, sedangkan untuk penderita penyakit sinusitis ringan hanya perlu perawatan di rumah saja. Inilah beberapa obat sinusitis yang terbuat dari bahan alami :

1. Kulit Manggis

Khasiat Kulit Manggis untuk Mengobati Sinusitis
Khasiat Kulit Manggis untuk Mengobati Sinusitis

Sudah pernah makan buah manggis kan? Pasti ada kulitnya kan? Hehe. Ternyata bukan hanya rasa buahnya yang enak, tapi kulitnya pun mempunyai banyak khasiat lho. Di antaranya bisa untuk mengobati penyakit sinusitis. Antioksidan yang terkandung di kulit manggis bisa digunakan untuk mengobati penyakit sinusitis. Jika ingin mendapatkan manfaat dari kulit manggis, kamu bisa mengonsumsinya untuk obat alami penyakit sinusitis. Caranya sangat mudah sekali. Iris kulit manggis hingga menjadi potongan yang kecil dan tipis, lalu jemurlah sampai kulit manggis itu kering. Seduhlah irisan kulit manggis dengan menggunakan air hangat. Konsumsilah secara teratur jika ingin cepat sembuh.

2. Daun Sereh

Manfaat Daun Serai untuk Mengobati Sinusitis
Manfaat Daun Serai untuk Mengobati Sinusitis

Serai adalah tanaman rempah yang bisa kamu jadikan sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit sinusitis. Jika kamu ingin membuat obat herbal dari serai, siapkanlah serai sekitar 5 batang. Gunakanlah bahan tambahan daun sereh sebanyak 7 lembar, cengkih sebanyak 17 biji, jeruk nipis sebanyak 3 buah, dan jahe 2 jari.

Bersihkan terlebih dahulu bahan rempah tersebut, lalu rebuslah dengan bersamaan sampai airnya hanya tersisa setengah saja. Minumlah obat herbal sebanyak 3 kali sehari secara teratur sampai penyakit sinusitis anda sembuh.

3. Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit Sinusitis
Manfaat Lidah Buaya untuk Mengobati Penyakit Sinusitis

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya dapat untuk mengobati penyakit sinusitis. Di dalam lidah buaya terdapat senyawa yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit sinusitis. Rebus lidah buaya dengan menggunakan air secukupnya. Minumlah rebusan lidah buaya saat masih hangat, berikan sedikit sisa untuk diteteskan ke dalam lubang hidung anda.

4. Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Sinusitis
Manfaat Bawang Putih untuk Mengobati Sinusitis

Bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit sinusitis. Sediakanlah kira – kira 5 siung bawang putih, 10 gram jahe, dan 60 gram lokio. Rebuslah ketiga bahan tersebut dengan menggunakan 6 gelas air hingga airnya hanya tersisa setengah saja. Jika sudah dingin, segera minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap 2 kali sehari.

5. Daun Sambiloto

Manfaat Daun Sambiloto untuk Mengobati Sinusitis
Manfaat Daun Sambiloto untuk Mengobati Sinusitis

Tanaman ini terbukti ampuh bisa menyembuhkan segala jenis penyakit misalnya sinusitis. Caranya, haluskan daun sambiloto hingga halus. Lalu peraslah airnya, kemudian teteskan pada lubang hidung yang terkena sinusitis. Air perasan daun sambiloto akan terasa pahit jika sudah sampai kerongkongan, tapi percayalah, obat ini sangat ampuh untuk menyembuhkan sinusitis.

6. Minum Jus Strawberry

Manfaat Jus Strawberry untuk Mengobati Sinusitis
Manfaat Jus Strawberry untuk Mengobati Sinusitis

Buatlah jus stroberi segar tanpa gula tambahan. Buah stroberi sangat efektif untuk menyembuhkan sinusitis secara alami. Stroberi kaya akan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi peradangan yang buruk sebab sinusitis. Buatlah jus stroberi dengan mencampur stroberi yang masih segar. Jangan menggunakan air atau gula untuk tambahan. Jika rasanya sangat masam, anda bisa menambahkan madu untuk memberikan rasa yang sedikit manis.

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply