permasalahan pada laptop dan komputer
permasalahan pada laptop dan komputer

Beberapa Permasalahan Pada PC Dan Laptop Beserta Cara Mengatasinya

Posted on

Beberapa Permasalahan Pada PC Dan Laptop Beserta Cara Mengatasinya

Di setiap alat elektronik secanggih apapun pasti juga akan mengalami permasalahan, tak terkecuali juga pada Laptop dan Komputer. Sering juga terjadi permasalahan pada komputer dan juga laptop, tentunya hal itu akan membuat anda jengkel karena adanya masalah tersebut sehingga pekerjaan kantor yang sedang anda buat menjadi terhalang. Namun tenang saja setiap permasalahan pasti ada acara untuk mengatasinya. Dan dibawah ini saya akan memberikan beberapa masalah yang sering terjadi pada laptop atau komputer, beserta dengan cara mengatasinya.

 

Beberapa Masalah Pada Laptop atau Komputer, Dan Cara Mengatasi :

 

            1.Blue Screen

blue screen
blue screen

Blue Screen adalah permasalahan yang terjadi pada monitor dari komputer yang anda gunakan. Jika terjadi masalah seperti ini maka layar monitor anda berubah warna menjadi warna biru, tapi jangan anda anggap warna biru pada monitor anda ini adalah background dari monitor itu sendiri. Dan jika terjadi masalah seperti itu sebaiknya anda coba untuk reboot komputer anda, dan apabila masalah masih terjadi maka akan muncul tulisan pada monitor anda dari permasalahan tersebut. Jika anda tidak bisa memahami tulisan tersebut, sebaiknya anda bawa saja ke tempat service komputer.

 

            2.Loading Menjadi Lambat

loading lambat
loading lambat

Masalah yang satu ini merupakan masalah yang sangat dijengkelkan oleh setiap pengguna komputer atau laptop, karena saat anda sedang mengoperasikannya tiba – tiba komputer anda menjadi lemot dan tentunya anda akan tidak sabar untuk menunggu proses yang lemot. Hal itu bisa saja terjadi karena ada komponen yang rusak, namun sebaiknya anda diagnose dulu apa masalah yang sedang terjadi sehingga komputer anda menjadi lemot. Selain itu, usahakan anda untuk memeriksa aplikasi – aplikasi yang berat sehingga komputer anda tidak mampu untuk mengangkatnya sehingga komputer anda menjadi lemot. Dan sebaiknya anda copot aplikasi yang tidak terlalu penting dan mempunyai ukuran yang berat, karena hal itu adalah salah satu penyebab dari lemot nya komputer anda.

 

            3.Koneksi Internet Kurang Stabil

koneksi internet kurang stabil
koneksi internet kurang stabil

Masalah ini sering terjadi pada saat anda mengakses internet, namun koneksi yang anda gunakan terasa lemot atau lambat. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kecepatan dari koneksinya sendiri yang kurang dan bisa juga laptop anda yang bermasalah. Jika hal itu terjadi sebaiknya anda bersabar dulu dan kemudian lakukanlah diagnosa masalah apa yang terjadi pada laptop anda sehingga koneksi internet menjadi tidak stabil dan lambat.

 

            4.Komputer atau Laptop Tiba – Tiba Mati

komputer mati tiba - tiba
komputer mati tiba – tiba

Jika masalah ini sering terjadi pada komputer anda, maka hal itu akan berpengaruh pada data yang sedang anda kerjakan bisa jadi file anda hilang dan tersimpan. Biasanya masalah komputer mati secara tiba – tiba karena komputer terlalu panas, sebaiknya anda gunakan juga coolpad atu kipas pendingin agar kondisi pada laptop anda tetap stabil. Dan selain itu, anda juga bisa mengecek komponen – komponen yang terhubung langsung ke kabek power.

 

            5.Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Dengan Baik

keyboard tidak berfungsi dengan baik
keyboard tidak berfungsi dengan baik

Pada saat anda akan menggunakan keyboard ternyata ada beberapa huruf yang tidak bisa berfungsi dengan baik atau saat diketik tidak memunculkan karakter huruf yang dimasukan. Jika hal ini terjadi segera periksalah apa penyebabnya, bisa jadi software yang berhunungan dengan keyboard tidak berfungsi. Selain itu anda bisa mengecek kondisi keyboard itu sendiri dengan mengotak – atik keyboard tersebut, bisa jadi tombol keyboard nya yang rusak dan bisa saja jalus bus pada keyboard rusak atau terputus.

 

 

Leave a Reply