kehamilan kedua
kehamilan kedua

Apa Ya Perbedaan Kehamilan Pertama Dengan Kehamilan Kedua

Posted on

Biasanya kehamilan pertama itu membuat ibu cemas, pasalnya calon ibu belum mempunyai pengalaman hanya saja banyak sekali calon ibu yang mendapat cerita dari mertua atau ibunya bahwa melahirkan itu tidak akan terasa sakit tapi tetap saja banyak calon ibu yang merasa cemas dan juga menjadikan tekanan mental, kehamilan adalah kejadian alamiah yang terjadi pada seluruh wanita jk wanita itu masih mengalami menstruasi berarti kehamilan masih bisa dia alami, namun jika menstruasi tidak terjadi lagi berarti kehamilan tidak bisa terjadi, pengertian dari kehamilan adalah berhubungan dengan perkembangannya  embrio di dalam tubuh calon ibu yang terjadi dari 40 minggu dari terakhir datang bulan sampai hingga terjadi kelahiran, riwayat kehamilan satu ibu dengan ibu yang lainnya berbeda.

kehamilan kedua
kehamilan kedua

Kebanyakan ibu mengeluhkan kehamilan pertama, pada saat kehamilan yang kedua ibu merasa lebih tenang dan mengasyikan, dan ibu pada umumnya lebih nyaman karena sudah memiliki pengalaman karena telah mengalami kehamilan sebelumnya.

Dari kehamilan ibu satu dengan ibu yang lain pasti berbeda itu juga berlaku pada kehamilan pertama dan kehamilan kedua, masih banyak sekali ibu yang khawatir dengan kehamilan keduanya banyak ibu yang mengkhawatirkan tentang berat badannya, kekuatan fisiknya pada saat melahirkan dan masih banyak lagi.

Ibu dan bayi
Ibu dan bayi

Berikut ini adalah 4 perbedaan antara kehamilan yang pertama dengan kehamilan yang kedua yang wajib anda pelajari dan juga bisa untuk antisipasi agar pada saat hamil yang kedua anda tidak merasa kaget.

1.Kehamilan Lebih Singkat

Kerap ib yang sedang hamil anak kedua merasakan lebih singkatnya masa kehamilan, ini di karenakan ibu menjadi lebih sibuk karena selain menjaga kehamilannya ibu juga sibuk memperhatikan anak pertamanya, sehingga keluhan pada kehamilan yang kedua jarang di rasakan sehingga anda di sarankan untuk membuat agenda atau jarak antara anak pertama dan kedua.

2.Di Kehamilan yang Kedua Perubahan Fisik Terjadi Lebih Cepat

Usia dapat berpengaruh pada kehamilan ibu yang sudah usia lanjut akan banyak mengalami perubahan fisik, sering kali ibu pada kehamilan yang kedua sering mengeluhkan kondisi fisik yang terganggu. Perubahan fisik yang timbul lebih cepat ini lah yang membuat kehamilan kedua sering sekali mengakibatkan timbulnya resiko varises yang lebih tinggi, berat badan yang tidak bisa terkontrol atau lebih sering mengalami sakit pinggang.

3.Pergerakan Bayi Menjadi Lebih Cepat

Dan yang akan di rasakan perbedaannya pada kehamilan yang kedua adalah janin yang ada dalam kandungan akn mengalami pergerakan yang lebih cepat jika di bandingkan dengan kehamilan yang pertama sering kali pada usia kehamilan  5 bulan ibu sudah bisa merasakan tendangan janin, dan pada kehamilan yang kedua ibu akan lebih awal merasakan tendangan janin yakni pada usia kandungan yang baru menginjak 4 bulan hal ini dapat di hubungkan pada pengalaman ibu di kehamilan sebelumnya yaitu perasaan sensitif pada saat ibu mengalami tendangan.

4.Proses Persalinan

Perbedaan selanjutnya ada pada proses persalinan, persalinan yang pertama dapat menjadi acuan di persalinan yang selanjutnya, anda akan lebih bisa mengkontrol rasa sakit, rasa khawatir anda yang pada persalinan pertama merasakan pengalaman yang menyenangkan tentunya pada persalinan yang kedua akan lebih tenang, tapi anda yang pada persalinan pertama merasakan pengalaman yang kurang menyenangkan anda harus bisa lebih tenang dan juga harus lebih piawai dalam menghadapi situasi yang membuat traumatik.

Nah itulah beberapa perbedaan kehamilan yang pertama dengan kehamilan yang kedua tentunya dari semua ibu memiliki perbedaan tersendiri, dan semua ibu juga pasti tahu cara terbaik untuk menghadapinya.

 

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply