Tips Menjaga Keharmonisan Suami dan Istri
Tips Menjaga Keharmonisan Suami dan Istri

Tips Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

Posted on
Cara Menjaga keharmonisan Suami dan Istri
Cara Menjaga keharmonisan Suami dan Istri

Semua orang yang sudah mengikatkan diri di dalam tali pernikahan pasti selalu menginginkan hubungan rumah tangga yang selalu harmonis. Yang harus dipikirkan terlebih dahulu yaitu, bagaimana caranya menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga sangat penting, karena di zaman sekarang banyak sekali pasangan suami istri yang mengeluhkan pernikahan yang sudah mulai hambar. Hal ini bahkan bisa terjadi pada pasangan yang baru menikah.

Menjaga keutuhan dan keharmonisan dalam rumah tangga tentunya tidak semudah saat kita membalikkan telapak tangan, banyak sekali cobaan yang harus dijalani dalam hidup ini. Inilah beberapa cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga :

Keharmonisan Dalam Rumah Tangga
Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

1. Jadilah Pendengar yang Baik

Dengarkanlah dengan baik apa yang sedang dikatakan pasangan anda dengan rasa penuh perhatian, sehingga anda akan mengetahui bagaimana perasaan dan apa yang sedang diinginkan oleh pasangan anda. Kadang di dalam pembicaraannya akan tersimpan sebuah keinginan atau harapan. Jadi, tanggapilah ha itu menjadi ungkapan yang baik.

2. Jalanilah Setiap Kesedihan dan Kegembiraan dengan Selalu Bersama

Pasangan suami istri merupakan partner dalam suatu kehidupan yang telah direkatkan dalam suatu tali pernikahan. Pasangan suami istri harus selalu berbagi dalam suka dan duka, saling membagi kesedihan dan kegembiraan yang sedang dirasakan, agar rasa kasih sayang di antara suami dan istri selalu bertambah.

3. Berusaha untuk Saling Mengenal dan Memahami

Perbedaan kondisi dan lingkungan tempat suami ataupun istri tumbuh akan sangat berpengaruh dalam terbentuknya ragam perilaku, selera, dan sikap yang berlainan pada tiap pihak dari yang lainnya.  Ini merupakan suatu kewajiban bagi pasangan suami istri untuk mengerti dan memahami keadaan ini, dan selalu berusaha mengenal pihak lain yang telah menjadi pasangan dalam hidupnya. Mereka juga harus faham dengan suatu hal yang berkaitan dengan keadaan kehidupan yang dapat mempengaruhi, jadi anda dapat melangkah maju ke depan dan mewujudkan suatu keharmonisan.

4. Selalu Komunikasi

Mungkin di setiap para pasangan membahas tentang suatu hal, itu merupakan hal yang sudah biasa, tapi maksudny bukan itu, menghabiskan waktu untuk saling ngobrol hal – hal yang lebih menyenangkan dan bisa tertawa bersam merupakan hal yang sangat sederhana tapi sangat istimewa.

5. Saling Jujur

Kejujuran, saling terus terang, dan keberanian merupakan kunci utama dalam suatu kebahagiaan dalam rumah tangga yang tidak mungkin lepas dari kesalahan. Artinya, di saat anda melakukan suatu kesalahan, anda harus segera meminta maaf kepada pasangan anda. Anda harus berani mengakui kesalahan anda dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Sikap ini tidak akan merendahkan harga diri anda. Hal ini malah akan mendorong pihak lain untuk mempercayai, memaafkan, dn menghormati anda.

6. Saling Mendo’akan

Do’a merupakan sesuatu yang penting dalam mewujudkan keharmonisan dalam rumah tangga. Saling mendo’akan akan membuat setiap pasangan merasa sangat penting di mata pasangannya. Mendo’akannya akan membuat pasangan anda sadar kalau anda benar – benar mencintai pasangan anda. Selalu libatkanlah Tuhan dalam setiap urusan rumah tangga kalian. Semoga saja kebaikan akan selalu hadir di keluarga kalian, sehingga keharmonisan dalam rumah tangga akan tetap utuh.

7. Melengkapi Kekurangan Pasangan

Setiap manusia itu tidak ada yang sempurna. Di setiap kelebihan manusia pasti ada kekurangannya. Di saat anda sudah mengetahui kekurangan pasangan anda bantulah memperbaikinya, dan berusahalah untuk melengkapi kekurangannya dengan kelebihan yang anda miliki.

8. Jangan Membuka Kesalahan Pasangan Anda di Hadapan Orang Lain

Jangan sampai hal ini kita lakukan. Hal ini akan membuat pasangan kita minder dan bisa membuat hubungan menjadi tidak harmonis lagi.

Semoga bermanfaat dan selalu menjadi keluarga yang harmonis.

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply