kebiasaan orang indonesia
kebiasaan orang indonesia

Ini Nih Kebiasaan Unik yang Cuma Ada Di Indonesia

Posted on

 

kebiasaan orang indonesia
kebiasaan orang indonesia

Di dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dianggap normal sebagai orang indonesia. Wajar saja ketika orang-orang di sekitar kita melakukannya. Tapi bagaimana kalau orang-orang lur negeri melihat kebiasaan kita sehari-hari.

1. Makan Cabai Rawit Mentah-mentah

makan cabe mentah
makan cabe mentah

Kebanyakan dari orang indonesia suka sekali makan cabai rawit dengan cara langsung. Apalagi kalau lagi makan gorengan, nasi goreng ataupun mie goreng. Kalau di luar negeri cabai biasanya di olah dulu sebelum di makan.

2. Makan Pakai Tangan

Hampir semua orang indonesia makan memakai tangan. Makan memakai tangan memang memiliki kenikmatan tersendiri. Hal ini di anggap aneh oleh orang-orang luar negeri yang biasanya makan memakai sendok, garpu dan pisau.

3. Rasanya Belum Makan, Kalau Belum Makan Nasi

Nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari orang indonesia. Kebanyakan juga sering nyemil matabak, roti dan lain-lain hingga kenyang. Tapi seandainya di tanya udah makan belum? Pasti akan menjawab belum, tadi cuma makan martabak belum makan nasi.

4. Harus Makan Pakai Sambal

Mungkin tidak semuanya makan pakai sambal, tapi kebanyakan orang indonesia akan kerepotan mencari sambal setiap kali makan. Cabai ini memiliki rasa yang pedas, sehingga cukup mengherankan bagi orang-orang luar negeri ketika kiita menginginkan cabai dengan sukacita.

5. Menunjuk Pakai Jempol Untuk Bersikap Sopan

Banyak orang luar negeri bertanya kenapa orang indonesia khususnya orang jawa memiliki kebiasaan menunjuk dengan jempol, bukan dengan telunjuk. Menurut mereka hal ini cukup membingungkan karena aah yang di tunjuk kurang jelas.  Kalau menurut kita menunjuk dengan jempol itu di lakukan untuk memperlihatkan sikap sopan dan santun.

6. Sakit Masuk Angin

Orang luar negeri sering heran dengan penyakit yang sering sekali melanda orang indonesia, yaitu sakit masuk angin. Mereka juga bingung ketika diingatkan menggunakan jaket pada malam hari. Bagi mereka itu, terpapar udara di malam hari sudah biasa. Jadi saran untuk memakai jaket agar tidak masuk angin hanya berlaku untuk orang indonesia saja.

7. Kerokan

Kerokan ini merupakan bentuk penyembuhan yang mengerikan bagi orang luar negeri, seperti bekas di cambuk. Kalau orang indonesia biasa di kerok sebagai solusi masuk angin.

8. Mandi Sehari Dua Kali

Orang indonesia memang rajin dalam hal kebersihan. Dari kecil selalu di ajari mandi minimal dua kali sehari. Di indonesia suhu udaranya memang begitu panas dan tingkat kelembapan udara tinggi. Tubuhpun menjadi gampang berkeringat. Beda dengan mereka yang suhu lingkungannya dingin, mereka cuma mandi sehari sekali ataupun seminggu sekali.

9. Masih SD Sudah Punya Handphone

Pengguna teknologi bagi orang indonesia kadang sedikit berlebihan. Anak-anak sd sudah punya hp sendiri, bukan hanya satu tapi dua. Sementara itu orang dewasapun bisa punya beberapa ponsel yang berbeda.

10. Sangat Kepo dan Sering Bertanya “Udah Punya Pacar?”

Wajahnya orang luar negeri, terutama yang berkulit putih yang sering kita pandang sebagai wajah yang ganteng dan cantik. Kebiasaan kita yang ceplas ceplos pun mendorong kita untuk bertanya: kamu sudah punya pacar?. Padahal bertanya seperti ini bagi mereka tidak sopan dan tidak perlu di tanya. Apalagi kalau kamu belum kenal mereka. Kalau memang mau tau, kamu bisa tanyakan hal yang lebih netral, seperti asl kmu mana? Ataupun gimana rasanya tinggal di indonesia dan lain-lain.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply