Cara Membedakan Kemangi,Lempes dan Sweet Basil

Posted on

saya akan memberikan informasi cara membedakan tanaman kemangi,tanaman lempes atau juga bisa di sebut ruku-ruku dan sweet basil

Tanaman Lampes / Ruku-ruku sangat dikenal dalam kuliner di pulau sumatra barat.Tanaman kemangi yang biasanya terdapat dan sering di gunakan sebagai lalapan atau pindang ikan  dan Basil merupakan tanaman keluarga Lamiaceae dengan Genus Ocimum.

Berikut ini ada beberapa gambar yang bisa anda bedakan dan anda bisa mengetahui perbedaanya.

Tanaman Lampes
Tanaman Lampes
Tanaman kemangi
Tanaman kemangi
Tanaman Sweet Basil
Tanaman Sweet Basil

Tanaman kemangi atau juga bisa disebutkan tanaman selasih yang juga dapat anda kenal sebutan tanaman lemon basil tanamani ini juga punya sebutan latin yaitu Ocimum citriodorum,dalam beberapa manfaatnya sering kali tanaman ini sebagai hidangan bentuk lalapan bagi para masyarakat pulau jawa barat,atau tanaman ini bisa di hidangkan di dalam masakan ikan pindang palembang.rasa dauan dari tanaman kemangi ini sangat pedas jika anda memakannya,dan ada rasanya  dingin ,manis,dan tanaman ini memiliki bau wangi yang sangat khas.

Tanaman ini biasanya digunakan untuk di budidayakan stek batang atau penyemaiaan benih dari bunganya yang telah mengering. Saat tanaman ini tumbuh besar, pemetikan pucuk tanaman harus seringkali dilakukan untuk menghindari munculnya bunga, ketika bunga muncul maka daun akan mengecil sehingga sulit dimanfaatkan dan tampilannya kurang bagus.

Tanaman ini juga termasuk daun herbal yang banyak sekali manfattnya seperti tanaman kemangi ini bisa di jadikan sebagai antioksida.,bisa mengatasi gula darah ,dan bisa di jadikan obat demam ,antiseptik alami,tanaman ini juga dapat mecegah timbulnya berbagai macam infeksi dan penyakit randang ,dapat meningkatkan imunitas tubuh anda dan lain-lain.

Ruku-ruku yang begitu sangat populer pada kuliner di daerah pulau sumatra barat,biasanya tanaman ini dimanfaatkan daun segar dan batang mudanya sebagai bumbu dalam masakan gulai ikan seperti gulai ikan mas, tanaman ini juga dikenal dengan sebutan holly basil dan memiliki nama latin Ocimum tenuiflorum,tanaman ini dibudidayakan sama seperti tanaman kemangi tetapi menurut pendapat pribadi saya kalau tanaman ini agak sedikit lebih lambat di bandingkan tanaman kemangi.apabila anda ingin menanam tanaman ini coba tanyakan tetangga anda yang berasal dari keturunan minang dan memiliki hobi memasak mungkin bisa jadi dia menanamnya.

selain sebagai tanaman herbal antioksida tanaman ini juga bisa menurunkan kadar gula, lampes juga berkhasiat untuk mengatasi kelebihan lipida, termasuk lemak dalam darah. Lipida berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Khasiat ekstrak lampes sebagai penurun kadar lemak dan membantu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

Tanaman Basil atau disebut juga “sweet basil” , biasanya dimanfaatkan pada kuliner Mediterania, memiliki nama latin Ocimum basilicum, benihnya bisa di beli di toko tanaman dan mengusung perusahaan pembibitan seperti Yates dari Australia atau Sang Hyang Seri dari negri sendiri, budidayanya cukup mudah, cukup disemaikan dalam pot dan kemudian dipindahkan ketika panjangnya kira kira 3 cm, dan warna daunnya menarik.

Manfaat Tanaman Basil Secara Umum Dalam Pengobatan Herbal

-Bisa mengatasi batu ginjal

-tanaman basil juga bisa di jadikan obat anti-stress

-Bisa juga mengatasi masalah pencernaan anda

-tanaman ini juga bisa di jadikan pengobatan penyakit dia betes secara alami.

Gimana apakah anda semua udah tahu perbedaan dari tanaman lampes dan tanaman kemangi,tanaman basil ini dan pasti anda beberapa sudah tahu kalau tanaman ini juga banyak sekali manfaatnya.

sekian dari artikel saya semoga dengan isi artikel ini bisa di jadikan manfaat yang baik untuk anda semua

Terima kasih.

 

 

Incoming search terms:

  • daun lampes
  • cara membedakan daun ruku ruku dan kemangi
  • Kemangi Lampes dan Sweet Basil
Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply