Berhenti Makan Sebelum kenyang
Berhenti Makan Sebelum kenyang

Mengapa Kita Harus Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Posted on

Makan adalah suatu kebutuhan yang sangat wajib untuk dipenuhi oleh seluruh makhluk hidup yang ada didunia ini, tapi semua ini harus dilakukan dengan pola dan tatacara yang benar. Hal ini telah di ajarkan oleh nenek moyang kita turun temurun, didalam agama Islam Nabi Muhammad SAW besabda kepada umatnya “makanlah kalian sebelum perut kalian merasa lapar dan berhentilah kalian sebelum kalian kenyang” dan pada jaman nabi tersebut pola ini seperti bentuk ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Dan dalam ilmu dunia perintah nabi itu di benarkan oleh para ahli kesehatan atau para medis, mereka menyatakan bahwa makan ketika kondisi perut dalam keadaan lapar memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh kita, dan sama dengannyab ketika makan sampai perut merasa terlalu kenyang, hal ini mempunyai dampak masing masing yang pastinya akan mengganggu pola kesehatan hidup kita.

Disini kami telah merangkum dampak dari makan dalam keadaan lapar dan makan terlalu kenyang, semua itu telah kami ulah dibawah ini.

Bahaya Makan Saat Perut dalam Kondisi Lapar

Bahaya Makan Ketika Perut Dalam Keadaan Lapar
Bahaya Makan Ketika Perut Dalam Keadaan Lapar

Suatu kebiasaan menahan lapar biasanya disebabkan karena pekerjaan yang banyak atau aktivitas yang padat sehingga membuat kita lupa untuk makan, ini adalah contoh pola makan yng tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata makan ketika kondisi perut dalam keadaan sangat lapar itu akan menyebabkan masalah yang cukup serius bagi kesehatan, berikut ini adalah baya atau dampak yang akan terjadi dari perut terlalu lapar:

1.Otak kita akan terganggu karena tidak mendapatkan masukan nutrisi, hal ini disebabkan karena tubuh akan menggunakan simpanan glukosa yang ada pada tubuh kita yang mana simpanan glukosa tersebut seharusnya digunkan untuk menjalankan fungsi otak.

2.Jika kita tidak makan kurang lebih dalam waktu delapan jam maka tubuh kita akan menyerap simpanan glukagen yang terdapat dalam hati kita yang bertujuan untuk mengenkstrak energi.

3.Jika menahan lapar dalam jangka waktu 12 jam maka tubuh akan menyerap glukagen yang ada pada otot otot di tubuh kita, sehingga menyebabkan kita menjadi lemas dan malas untuk melakukan aktivitas kita yang lain.

4.Tidak hanya berdampak pada fisik saja tapi menahan lapar terlalu lama akan berdampak pada emosional, psikologi. Selain itu juga akan membuat kita merasa lemah, pusing, mengantuk.

5.Dan penyakit yang mungkin akan timbul dari menahan lapr terlalu lama adalah maag, meskipun terlihat sepele tapi sakit maag yang sangat parah bisa membunuh penderitanya, contohnya sudah banyak korban yang meninggal dikrnakan menderita penyakit maag. Jika ini dilakukan secara terus menerus maka akan menyebabkan kelemahan pada bagian otot, ketik stabilannya elektrolit, sembelit, tubuh menjadi lemah, perubahan pada tekanan darah, dan detak jantung yang tidak teratur hingga gagal ginjal.

Bahaya Jika Tidak Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Bahaya Makan Terlalu Kenyang

1.Akan terjadi gangguan pada pencernaan akibat perut terlalu kenyang, sebaiknya  perut terisi oleh tiga bagian yaitu 1/3 makanan, 1/3 air,dan 1/3 udara. Jika makanan yang ada dalm tubuh kita terlalu penuh maka enzim tidak akan mencerna makanan tersebut dengan tidak stabil, dan makanan yang tidak dapat dicerna oleh enzim maka akan masuk kedalam usus dan itu bisa menyebabkan fermentasi, menimbulkan gas, dan salah cerna, dan itu semua yang menyebabkan anda muntah, dan diare.

2.Makan yang terlalu berlebihan akan menyebabkan naiknya kadar gula darah, ketik kadar gula darh naik maka tubuh akan memproduksi hormone insulin yang besar untuk menurunkan kadar gula darah,  dan menaiknya kadar gula darah maka akan menyebabkan tubuh kita menjadi lebih pandai untuk menyimpan lemak dari pada menggunakannya sehingga menyebabkan bobot tubuh kita menjadi lebih berat.

3.Tidak berhenti makan sebelum kenyang akan berdampak pada kebugaran, bnyaknya makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan membuat saluran pencernaan bekerja lebih keras sehingga menyebabkan tubuh kita menjadi lemas dan tidak memiliki banyak tenaga.

4.Jika makan terlalu banyak maka akan menyebabkan sesak nafas, disaat makanan yang masuk kedalam tubuh kita mengandung banyak karbohidrat maka akan banyak krbondioksida yang diproduksi dari makanan, maka tubuh akan kebanyakan karbondioksida dan kekurangan oksigen.

Diatas tadi adalah bahaya yang akan berdampak bagi tubuh kita jika kita tidak makan dengan pola atau aturan yang benar.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply