macam macam software pengolah kata
macam macam software pengolah kata

Macam Macam Software Pengolah Kata

Posted on

Bagi anda yang bekerja di kantor pasti sudah tidak asing lagi dengan software software pengolah kata. Dan di sini saya akan menjelaskan macam macam software pengolah kata, sebelum saya memberikan macam macam software pengolah kata apakah anda sudah tau apa itu yang di maksud software pengolah kata. Software pengolah kata adalah  perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah atau memproduksi kata. Namun tidak itu saja fungsi software pengolah kata ada juga yang lain yaitu menyusun, mengedit, memformat hingga mencetak. Tapi fungsi sebenarnya software ini adalah membuat laporan, mengerjakan tugas sekolah, tugas kampus, pokoknya yang bersangkutan dengan pengolah kata.  Itu tadi penjelasan dari  pengolah kata dan sekarang saya akan mengupas sedikit macam macam software pengolah kata di antaranya:

Macam Macam Software Pengolah Kata

  1. Microsoft Word

macam macam software pengolah kata
macam macam software pengolah kata

Pastinya sudah sangat familiar dengan software ini, Microsoft office atau Microsoft word adalah perangkat lunak  pengolah kata yang menjadi andalan Microsoft. Microsoft word ini di terbitkan pada tahun 1983 dan masih bernama multi-tool word dan hanya untuk xenix lalu muncul versi versi baru dan akhirnya berdiri sebagai system oprasi

  1. Notepad

macam macam software pengolah kata
macam macam software pengolah kata

Bagi anda yang memegang system oprasi windows pastinya sudah kenal dengan notepad ini. Notepad adalah aplikasi pengolah kata bawaan dari windows.  Jadi kalau anda ngistal windows akan secara otomatis note pad juga ikut terinstal. Notepad ini biasanya di gunakan untuk menyimpan kode kode atau password dan merubah konfigurasi html.

  1. Abiword

Abiword ini pengolah kata yang hampir mirip dengan Microsoft word,  abisource.inc yang mengembangkan program abiword ini.  Program ini relative ringan dan bisa membaca extansi seperti doc. Sxw dll.

  1. Kword

Kword merupakan bagaian dari proyek office yang berdekstop KDE, walupun ada kemiripan nama namun Kword tidak tiruan  dari Microsoft word.meskipun fitur fitur utama word di dukung oleh kword namun ada yang membedakan satu sama yang lain.yang membedakan dengan word adalah kword memiliki tata letak yeng mengikuti dengan frame, dengan kita memanfaatkan frame yang ada di Kword dapat memudahkan penataan teks yang rumit.

  1. Wordstar

Aplikasi pengolah kata ini di kenalkan oleh MicroPro international, wordstar di buat oleh system oprasi CP/M  lalu di buat kembali untuk platform DOS.  Dulu pada tahun 1980  sempat mendominasi pasar.  Yang memiliki ide menciptakan adalah Rob Barnaby  dia menciptakan versi awal awal  padahal yang memiliki perusahaan Seymour l. rubinsten.

  1. Open Office

Jenis software pengolah kata kali ini cukup modern karna memiliki fitur fitur seperti AutoComplete, AutoCorret, AutoFormat dan Formating dan masih banyak lagi. Di dalam software ini terdapat komponen penting yang dapat mengedit dokumen format doc. Odt. Rtf dan export. Pdf. Yaitu OpenOffice.org Writer. Tidak itu saja banyak keistemewaan lain seperti sangat mudah dan cepat membuat memo lalu juga bisa membuat banyak halaman serta judul heading dan gambar.

  1. Wordpad

Sama halnya dengan notepad aplikasi pengolah kata ini bawaan windows. Jadi kalau kita menginstal windows secara otomatis aplikasi ini juga terinstal,  bedanya dengan notepad wordpres ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari notepad contohnya menyisipkan tanggal, memberikan paragraph dan banyak lagi.

  1. Atlantis Word Proccesor

Pengolah kata yang terakhir ini memiliki tampilan tampilan yang hampir mirip dengan Microsoft word. Atlantis ini juga mendukung beberapa ekstensi seperti: RFT, DOC, COD, dan txt.

 

Berikut macam macam software pengolah kata, jika anda mau menggunakan pilihlah sesuai kemampuan kita, sekian dari saya semogga bermanfaat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply