Kacang Telur

Resep Membuat Kacang Telur yang Nikmat, Renyah, dan Gurih

Posted on

 

Kacang Telur Renyah Gurih dan Manis
Kacang Telur Renyah Gurih dan Manis

Kacang tanah sudah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia. Kacang tanah juga merupakan tanaman yang serba bisa dimasak menjadi berbagai jenis makanan yang enak, nikmat, mudah dan tentunya sehat guys. Kacang tanah biasanya dapat dimasak untuk sayur asam, sop, dan bumbu pelengkap masakan lainnya. Kacang tanah juga dapat dijadikan sebagai cemilan makanan yang enak lho, yaitu kacang telur yang gurih dan renyah. Cemilan yang renyah dan nikmat ini biasanya digunakan untuk acara pernikahan, lebaran, atau bisa juga dijadikan sebagai sahabat ngemil di saat santai. Inilah cara – cara membuat kacang telur yang nikmat, gurih dan terutama renyah.

Bahan dan Resep Kacang Telur Nikmat, Gurih, dan Renyah

1. Bahan utama yang sangat diperlukan adalah kacang tanah sebanyak 400 gram. Pakailah kacang tanah yang telah dikupas dari kulitnya dan kondisi butirannya penuh, jangan yang pecah.

2. Telur ayam sedang sebanyak 4 butir. 3 butir telur ayam diambil bagian kuning saja dan yang 1 butir bagiannya diambil semua (kuning telur dan putih telurnya).

3. Gula pasir yang halus atau bisa juga menggunakan gula bubuk, berilah sedikit saja karena hanya untuk menambah rasa manis (kira – kira setengah sampai 1 sendok makan saja). Kalau kalian termasuk orang yang suka manis, bisa ditambahkan sesuai selera.

4. Bawang putih sedang sebanyak 10 pcs. Kupaslah kulitnya lalu haluskan sebagai campuran bumbu.

5. Garam dapur beriodium secukupnya (kira – kira hanya butuh sekitar 2 sendok kecil atau 2 sendok teh saja).

6. Santan yang kental kira – kira 200 ml. Jika bisa, gunakanlah santan kental dari perasan buah kelapa agar lebih gurih dan renyah.

7. Kemiri kira – kira 2 pcs. Sangrai dahulu lalu haluskanlah bumbunya.

8. Tepung maizena yang berkualitas bagus kira – kira 85 gram.

9. Tepung tapioka atau biasa disebut dengan tepung kanji sekitar 350 gram.

10. Air yang bersih secukupnya (kira – kira 200 ml).

11. Ketumbar yang sudah dihaluskan atau ketumbar bubuk sekitar seperempat sendok kecil atau sendok teh.

12. Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng kacang telur secukupnya saja.

Cara Membuat Kacang Telur

Resep Kacang Telur Nikmat, Renyah, dan Gurih
Resep Kacang Telur Nikmat, Renyah, dan Gurih

1. Pertama – tama gorenglah kacang tanah yang sudah dikupas tanpa menggunakan minyak atau biasa disebut sangrai. Bolak – balik dan aduk – aduklah agar kacang tanah tidak gosong sampai matang. Dinginkanlah terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan yang lainnya.

2. Siapkanlah satu wadah yang cukup besar. Masukkanlah bawang putih yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan garam, gula halus, ketumbar bubuk, dan kemiri yang sudah dihaluskan. Aduk – aduklah sampai semua bahan tercampur dengan rata.

3. Masukkanlah kacang tanah sangrai ke dalam. Aduk – aduklah lagi sampai semua bahan tercampur rata.

4. Pecahkan dan masukkanlah 1 pcs telur ayam. Campur dan aduklah hingga telur tercampur rata dengan kacang dan bumbu yang lain.

5. Masukkanlah 3 kuning telur. Aduk dan campurlah lagi hingga semua bagian tercampur rata.

6. Masukkanlah santan kental yang sudah disiapkan tadi. Aduklah santan dengan bahan lain hingga semuanya tercampur dengan rata.

7. Masukkanlah 85 gram tepung maizena. Aduklah sampai semua bagian tercampur rata dan pisahkanlah butiran kacang satu sama lain agar tidak menempel.

8. Masukkanlah tepung tapiokanya. Aduklah hingga semua bagian kacang tertutup dan tercampur dengan tepung. Pilihlah butiran kacang, jangan sampai ada yang menempel antara satu dengan yang lainnya.

9. Siapkanlah alat penggorengan, dengan menggunakan api yang sedang. Isilah dengan minyak yang cukup banyak agar semua bagian kacang telur terendam dengan minyak panas.

10. Masukkanlah adonan kacang telur ke dalam penggorengan, lalu gorenglah sampai berwarna kecoklatan dan matang. Lakukanlah sampai semua adonan yang anda buat habis.

Jika kacang telur mau dimasukkan ke dalam toples, tunggu biar kacang telur dingin dulu ya bun? Semoga bermanfaat.

 

 

Incoming search terms:

  • membuat kacang telur menggunakan gula pasir halus atau gula pasir biasa?
Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply