komponen CPU
komponen CPU

Mengenal Komponen Yang Ada Di CPU

Posted on

Mengenal Komponen Yang Ada Di CPU

Central Processing Unit atau yang biasa disebut CPU merupakan tempat atau rumah dari komponen – komponen komputer yang terpenting yang memiliki peran utama dalam memproses perintah yang dimasukan oleh Brainware yang kemudian hasilnya akan di tampilkan ke layar monitor ataupun ke Hardware output lainnya yang berupa tampilan teks maupun grafis sesuai yang dengan perintah yang dimasukan. Beberapa komponen yang ada di CPU, antara lain :

  1. Motherboar
  2. Processor
  3. Kipas Processor atau FUN
  4. RAM
  5. VGA Card
  6. Harddisk
  7. Sound Card
  8. Power Supply
  9. Optical Disk Drive
  10. Cassing

 

Jenis Komponen dan Fungsinya, antara lain :

 

1.Motherboard

matherboard
motherboard

Motherboard merupakan sebagai tempat di pasangnya komponen – komponen yang penting seperti processor, harddisk, memori dan juga komponen penting lainnya. Selain itu di motherboard juga terdapat chip atau tempat tertancapnya kabel yang nantinya akan menghubungkan komponen satu dengan lainnya sehingga dapat melakukan prosessing dalam komputer.

2.Processor

processor
processor

Processor merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam melakukan pemrosesan data, karena processor sendiri berperan sebagai otak komputer yang dapat melakukan prosessing data yang di masukan oleh pengguna atau brainware.

3.Kipas Procesor atau FAN

kipas processor
kipas processor

Komponen ini bertugas sebagai pendingin processor agar suhunya tetap stabil dan sehingga tidak terlalu panas. Karena jika processor suhunuya panas maka akan terjadi masalah pada komputer atau laptop yang anda gunakan seperti Macet bahkan juga bisa terjadi Hang.

4.RAM

RAM
RAM

RAM merupakan sebagai media penyimpanan berupa kartu grafis yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sudah di proses dalam processor yang belum ditampilkan. Untuk memilih RAM anda sebaiknya sesuaikan dengan kegunaan komputer yang akan anda gunakan. Jika komputer hanya akan anda gunakan seperti biasa saja anda bisa menggunakan RAM 2 giga dan jika komputer yang anda pakai itu akan anda gunaka untuk membuat desain grafis, bermain game yang memiliki spesifikasi yang berap dan juga anda gunakan untukn menjalankan aplikasi – aplikasi yang berat, sebaiknya gunakan RAM yang memiliki kapasitas 4 giga karena jika RAM dalam laptop atau komputer yang anda gunakan memiliki ukuran yang semakin besar maka peforma komputer kita akan semakin baik pula.

5.VGA Card

VGA Card

VGA atau yang berarti Video Graphic Editor mrupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai pengolah data yang berupa grafis atau jika saat anda ingin memainkan game yang memiliki ukuran yang cukup besar sehingga berat bagi laptop atau komputer anda untuk menjalankannya, anda bisa mengguanakan VGA agar game yang anda jalankan dapat bejalan dengan lancar.

6.Harddisk

Harddisk
Harddisk

Harddisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang ada pada laptop atau komputer tersebut, semacam data music, vidios, gambar dan data yang anda simpan lainnya.

7.Sound Card

Sound Card
Sound Card

Fungsi dari sound card adalah sebagai media yang memproses suara. Seperti saat kita ingin mendengarkan data suara yang ada pada komputer, yang kemudian akan di proses oleh sound card yang nantinya akan dikeluarkan melalui speaker.

8.Power Supply

Power Supply
Power Supply

Power Supply adalah komponen yang bertugas mengalirkan atau membagi daya listrik ke komponen – komponen yang ada di CPU sehingga komponen tersebut dapat bekerja.

9.Optical Disk Drive

Optical Disk Drive
Optical Disk Drive

Komponen ini berfungsi sebagai pengolah data apapun yang kita masukan di dalam CD maupun DVD dan kemudian akan ditampilkan pada komputer.

10.Cassing

Cassing CPU
Cassing CPU

Casing merupakan bagian paling luar dari CPU yang berfungsi sebagai tempat pelindung komponen penting yang ada di dalam CPU dan sebagai tempat berdirinya motherboard dan komponen yang lainnya.

 

 

Leave a Reply