Makanan yang Mengandung Karbohidrat yang Tinggi
Makanan yang Mengandung Karbohidrat yang Tinggi

Nih 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Posted on

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh kita, terutama yang di peroleh dari makanan dari tumbuhan dan produk susu. Ada 3 jenis-jenis karbohidrat yaitu pati, gula dan serat. Pati terbuat dari rantai gula kecil yang di pecah untuk memberikan energi. Setiap gramnya pati mengandung 4 kalori, sedangkan gula adalah karbohidrat sederhana yang dengan mudahya di cerna oleh tubuh. Dan serat tidak memberikan kalori, karena di dalam tubuh kita tidak memecah serat-serat selamaa proses pencernaan. Kebanyakan orang memilih untuk diet redah karbohidrat supaya menurunkan berat badan. Tapi asupan karbohidrat untuk tubuh harus selalu seimbang, karena bisa berbahaya bagi tubuh karena kekurangan karbohidrat. Setiap gramnya karbohidrat mengandung 3,75 kilo kalori. Tubuh kita ini memerlukan 40-60% kalori dari karbohidrat. Jika lebih rendah maka tubuh kita tidak sehat.

Berikut Ini 17 Makanan yang Mengandung Karbohidrat yang Tinggi

1. Putih Telur

putih telur
putih telur

Putih telur ini tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga tinggi karbohidratnya. Karbohidrat ini sangat penting untuk mendapatkan massa otot. Putih telur ini juga kaya akan riboflavin, selenium dan kolesterol.

2. Kentang

kentang
kentang

Kentang mengandung cukup baik karbohidrt dalam bentuk pati. Kentang goreng mengandung karbohidrat jumlah tertinggi 35%, dan kentang goreng mengandung 27% karbohidrat. Kentang ini juga kaya akan kalium. Satu kentang dalam ukuran sedang memberikan 110 kalori dan bebas dari natrium dan lemak, itulah yang membuat kentang bagus untuk diet apapun.

3. Biji-bijian

Biji-bijian
Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber karbohidrat kompleks dan serat-serat makanan yang bagus sekali. Hampir setiap butir dari biji-bijian berisi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang sangat tinggi. Beberapa biji-bijian yang banyak sekali mengandung karbohidrat termasuk jagung, barley, beras dan gandum.

4. Buah Jeruk

buah jeruk
buah jeruk

Produk jeruk ini merupakan sumber vitamin, serat dan mineral makanan yang berkontribusi untuk pertumbuhan yang sehat. Energi utama dalam buah jeruk ini adalah karbohidrat. Jeruk ini mengandung karbohidrat yang sederhana. Satu buah jeruk yang ukurannya sedang mengndung 18,5 karbohidrat dan juga 2,7 gram serat, dan 151 gram jeruk mengandung 14 gram karbohidrat.

5. Buah Berri

Buah Berri
Buah Berri

Buah berri ini kaya akan pigmen alami yang juga di sebut dengan antosianin dan antioksidan. Buah berri seperti strowberri, blueberry dan juga blackberry mengandung karbohidrat. Sementara blueberry ini paling tinggi karbohidratnya atau 21 gram per cangkir. Buah berri ini di kenal tinggi antioksidannya, yang akan memberikan perlindungan untuk tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Semangka

Semangka
Semangka

Semangka ini mempunyai rendah kalori dan juga kadar air yang tinggi, semangka merupakan sumber dari vitamin C yang sangat baik. Semangka ini merupakan antioksidan utama untuk mencegah katarak dan juga meningkatkan penglihatan.

7. Apel

Apel
Apel

Apel ini adalah salah satu buah yang paling populer bagi para pecinta kesehatan. Satu buah apel mengandung 23 gram karbohidrat. Sementara itu jus apel mengandug 30 gram karbohidrat. Apel ini dikenal mengadung  fitonutrien daa antioksidan yang di perlukan untuk kesehatan yang optimal.

8. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi Jalar

Ubi jalar menyedikan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi. 8 Ons ubi jalar mengandung 240 kalori dan 55 gram karbohidrat. Ubi jalar ini merupakan sumber serat yang baik.

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini mengandung lebih banyak protein, jika di banding dengan sayuran lainnya. Kacang juga kaya akan karbohidrat kompleks. Kacang juga mengandung protein. Kacang ini juga memiliki tinggi serat yang bermanfaat membantu penernaan dan juga memantu menjaga berat badan yang sehat.

10. Sereal

Sereal bergizi
Sereal bergizi

Sereal ini mengandung karbohidrat yang tinggi yaitu sekitar 98%. Nutrisi lain dalam sereal termasuk vitamin serat, seng, zat besi, protein dan vitamin B.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply