Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Posted on

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan kumpulan sebuah komputer yang jumlahnya lebih dari satu dan saling berhubungan antara komputer satu dengan komputer lainnya yang dapat bertukar maupun berbagi informasi melalui protokol komunikasi. Jaringan komputer memiliki banyak manfaat bagi kebutuhan manusia, maupun dalam bidang ekonomi, bidang sosial, bidang teknologi, bidang pendidikan, dll. Berikut adalah manfaat jaringan komputer bagi manusia.

 

Manfaat Jaringan Komputer Dalam Berbagai Bidang :

 

Untuk Bidang Ekonomi

untuk bidang ekonomi
untuk bidang ekonomi

            1.Mempermudah Dalam Menghitung

Dalam bidang ekonomi tentunya tidak akan jauh dengan yang namanya hitung – berhitung, misalnya untuk menghitung kondisi keuangan dalam suatu usaha, menghitung laba dan kerugian.

            2.Memberikan Infromasi Ekonomi Secara Akurat

Dalam bidang yang menyangkut tentang informasi, tentunya jaringan komputer adalah yang bersangkutan sangat penting dalam memberikan layanan internet yang berfungsi untuk membagi dan mendapatkan informasi.

            3.Sebagai Lahan Bisnis

Selain untuk berbagi informasi, jaringan komputer merupakan kebutuhan penting bagi mereka yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis. Dan dalam media sosial ataupin internet yang menjadi lahan mereka untuk mengembangkan bisnisnya ataupun berdagang dalam bentuk online shop.

 

Untuk Bidang Sosial

untuk bidang sosial
untuk bidang sosial

Dengan adanya jaringan komputer yang sangat bermanfaat dalam membantu kegiatan manussia, misalnya dalam proses interaksi social yang akan lebih mudah dan memiliki banyak manfaat bagi individu maupun kelompok.

            1.Mencari Sahabat Lama

Jaringan komputer dapat memberi layanan internet yang dapat anda manfaatkan utuk mencari teman anda dalam media sosia atau semacamnya yang sudah lama tidak ketemu dan anda juga tidak memiliki indentis maupun alamat teman anda tersebut.

            2.Mencari Informasi Tentang Dunia Luar

Anda dapat memanfaatkan jaringan komputer sebagai media yang dapat membantu anda dalam mengakses jaringan komputer dan yang akan anda gunakan untuk mencari informasi tentang dunia luar yang belum anda ketahui.

            3.Membentuk Komunitas

Dengan jaringan komputer anda dapat mencari masa atau orang yang mungkin dapat anda ajak dalam membentuk suatu Komunitas atau semacamnya yang memiliki kegiatan yang baik. Misalnya kegiatan peduli terhadap penghijauan tanaman dan bisa juga untuk kegiatan peduli terhadap orang – orang yang terkena bencana alam.

 

Untuk Bidang Teknologi

untuk bidang teknologi
untuk bidang teknologi

Jaringan komputer juga memiliki banyak manfaat dalam bidang Teknologi. Manfaat bagi bidang teknologi, antara lain :

            1.Mempermudah Dalam Proses Manufaktur

Dalam sebuah pabrik manufaktur, didalamnya tentu saja terdapat banyak mesin – mesin yang digunakan dalam proses pembentukan suatu produk. Dan mesin – mesin yang bertugas dalam memproduksi suatu barang tersebut tentunya tidak berjalan dengan sendirinya, namun dengan bantuan yang memanfaatkan jaringan komputer.

            2.Membantu Mendeteksi Masalah Pada Peralatan

Dalam sebuah Manufaktur tentunya terdapat mesin – mesin yang digunakan dalam proses produksi. Jika dalam suatu alat mengalami masalah, maka harus membutuhkan alat yang mampu mendeteksi masalah apa yang sedang terjadi pada alat tersebut dan sekaligus dapat memberikan cara memecahkan masalah tersebut. Dan jaringan komputer juga bermanfaat dalam bidang seperti itu.

 

Untuk Bidang Pendidikan

untuk bidang pendidikan
untuk bidang pendidikan

Manfaat jaringan komputer dalam bidang pendidikan, antara lain :

            1.Menambah Pengetahuan Siswa dan Guru

Dengan menggunakan jaringan compute siswa dan juga guru sangat mudah dalam mencari informasi terbaru ataupun pelajaran – pelajaran yang belum ada di dalam buku pelajaran. Selain itu jaringan komputer juga dapat membantu kita dalam proses belajar sejara online.

            2.Memberikan Tes Dan Sebagai Penilai Yang Akurat

Dalam ujian nasional saat ini banyak yang menggunakan sistem online dengan menggunakan komputer yang didalamnya sudah ada soal yanh di ujikan dan selain itu juga dapat memberi nilai secara langsung.

 

Leave a Reply