Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah
Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah

Posted on

Bunga anggrek adalah salah satu jenis bunga yang banyak ditanam oleh orang. Banyak orang meluangkan waktunya untuk menanam ataupun merawat bunga ini. Karena memang bunga anggrek dapat memperindah tampilan depan rumah kita. Bunga anggrek ini dapat ditanam di dalam pot ataupun digantung di tembok rumah.

Bunga anggrek dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia karena memang tanaman anggrek ini dapat hidup di daerah tropika sampai wilayah sirkumpolar. Oleh sebab itulah banyak orang yang gemar melakukan pemeliharaan anggrek hias di halaman rumah miliknya. Mungkin anda juga tertarik untuk memelihara tanaman hias yang satu ini? Dan berikut ini adalah cara menanam dan merawat bunga anggrek baik di dalam pot ataupun ditempel pada dinding.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah
Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah

Bunga Anggrek juga termasuk bunga yang dapat mengungkapkan atau mewakili perasaan seseorang terhadap pasangan mereka. Oleh karena itu banyak toko tanaman hias yang menjual bunga potong anggrek. Karena banyaknya orang yang berminat untuk membudidayakan tanaman anggrek ini sebagai penghias halaman rumah mereka.

Pada penjelasan berikut mengenai cara menanm bunga anggrek, ada beberapa hal yang semestinya perlu kalian ketahui terlebih dahulu.

1. Menanam Bunga Anggrek di Dalam Pot

Bunga Anggrek ini merupakan jenis bunga yang memang cukup ideal untuk ditanam di dalam pot. Pot yang digunakan untuk menanam bunga anggrek bisa dari pot plastik ataupun pot dari tanah liat. Namun disarankan menggunakan pot dari tanah liat karena memang memiliki beberapa kelebihan dari pot plastik. Pot dari tanah liat yang mempunyai lubang-lubang kecil yang berdiameter 2 cm dapat membantu sirkulasi udara serta dapat mempermudah aerasi dan drainase.

Selain itu memakai pot yang terbuat dari tanah liat juga memungkinkan air dapat terserap ke dinding pot ketika terjadi lebihan air saat penyiraman atau air hujan. Dengan begitu bunga anggrek tidak akan terkena penyakit busuk akar. Dan juga menggunakan pot tanah liat juga dapat membuat keadaan tanah di dalam pot akan tetap dingin.

Setelah menentukan pot yang digunakan untuk menanam bunga anggrek, selanjutnya adlah memilih media tanam yang sesuai untuk bunga anggrek. Untuk media tanam ini kita bisa memberi campuran beberapa media tanam seperti pecahan genteng, batu bata, batang pakis, serbuk kayu, sabut kelapa, dan arang kayu.

Dan untuk lebih mudahnya disarankan kalian mengisi pot dengan media tanam berupa sabut kelapa, potongan pakis, arang kayu, dan pecahan batu bata. Setelah pot terisi oleh media penanaman mulailah memasukan tanaman anggrek yang telah anda beli dari toko dalam kemasan botol ukuran 2 cm.

2. Menanam Bunga anggrek di Tempel di Batang Pohon

Bunga anggrek jenis epifit dapat memperoleh tampilan yang lebih menarik dan berkesan lebih alami jika menanamnya dengan ditempel pada batang pohon. Dan penanaman semacam ini merupakan habitat asli dari bunga anggrek jenis ini. Diusahakan menanam bunga anggek ini di pohon yang rindang agar bunga dapat memperoleh sinar matahari yang tidak berlebih. Bunga anggrek ini sebenarnya dapat ditanam di pohon yang masih hidup ataupun matzi, asalkan memenuhi syarat-syarat penanaman.

Jika menanamnya di pohon yang masih hidup usahakan pohon tersebut memiliki kulit pohon yang sedikit kasar agar dapat menjadi tempat akar menempel. Sebelum ditempel pada batang pohon, terlebih dahulu batang ditempeli dengan media yang bisa mengikat air seperti sabut kelapa, potongan pakis, ataupun ijuk.

Untuk tanaman muda dan biit dari kompot, sebelum ditempel potong sebagian akarnya lalu cuci bersih pakai air. Selanjutnya akar dari bibit tanaman tersebut dicelupkan ke dalam larutan fungisida selama dua menit. Lalu dicelupkan lagi ke dalam larutan pengatur tumbuh dengan waktu yang sama dengan sebelumnya.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah
Cara Merawat Bunga Anggek Untuk Memperindah Tampilan Rumah

Setelah kita menanam bung anggrek di dalam pot ataupun di batang pohon, kita juga harus merawatnya dengan benar agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Dan berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk merawat bunga anggrek.

Penyiraman

Jika musim kemarau siramlah tanaman anggrek dua kali sehari, namun saat musim penghujan dan kalian menempatkan tanaman anggrek kalian di luar rumah, segera pindahkan ke dalam agar tanaman tidak terkena air hujan yang akan mengakibatkan tanah menjadi snagat bash dan tejadi pembusukan akar.

Berikan sinar Matahari

Tanaman bunga anggrek juga memerlukan sinar matahari untuk mendukung pertumbuhannya. Dan kalian dapat menempatkan bunga pada tempat yang tidakterkena sinar matahari secara langsung. Dan dengan menagtur seberapa terik sinar matahari yang mengenai tanaman akan membuat bunga anggek terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat terjadi pada bunga.

Lampu Ruangan

Selain menggunakan sinar matahari kalian biasa menggunakan lampu ruangan agar anggrek dapat tetap mendapat cahaya.

Jaga Kelembaban Lingkungan tumbuhan dan Media Tanam

Meski bunga anggrek dapat hidup di lingkungan yang memiliki kondisi cukup lembab. Tingkat kelembaban tanaman ini harus tetap dijaga agar bisa tumbuh dengan baik.

Pemberian Pupuk

Memberikan pupuk pada bunga anggrek ini juga dapat membantu perkembangan bunga. Namun jangan sembarangan memberi pupuk, pergilah ke toko tempat anda membeli bibit bunga anggrek dan tanyakan pupuk yang cocok untuk bunga anggrek milik anda.

Demikianlah cara menanam dan merawat bunga anggrek yang mungkin bisa anda lakukan untuk mempercantik tampilan rumah kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply