bunga-anggrek

Beberapa Macam Bunga Anggrek di Indonesia

Posted on

Bunga anggrek adalah salah satu jenis tumbuhan bunga yang memiliki jumlah spesies terbanyak dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya. Pesona dan warna bunga yang satu ini memang tidak bisa kita pungkiri keindahannya, sehingga wajar saja kalau ibu-ibu rumah tangga dan para wanita di Indonesia memelihara bunga anggek dirumahnya.

Jenis tanaman ini cenderung memiliki organ atau bagian-bagian yang sukulen atan tanaman dengan daging tebal karena memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Tumbuhan anggrek memperoleh asupan air dari turunnya hujan tetesan embun dan uap air diudara, meskipun tanaman ini tidak dapat ditemukan di daerah gurun karena bentuk akarnya yang tidak intesif. Tanaman ini menyesuaikan sinar matahari tapi tidak secara langsung karena tanaman ini banyak ditemukan dilantai hutan atau dibawah naungan.

Bentuk anggrek pada umumnya memiliki daun yang berbentuk oval, yaitu daun khas tanaman monokotil yang memanjang dengan bagian tulang daunnya yang memanjang, daun anggrek ini biasanya juga menebal karena berfungsi sebagai penyimpan air. Bunga anggrek ini yang berbentuk tersusun secara majemuk yaitu bunga muncul dari bagian tangkai bunga yang memanjang yang keluar dari ketiak daun.

Bunga anggrek ini memiliki bentuk batang yang beruas-ruas, jenis anggrek yang hidup ditanah memiliki batang yang pendek dan cenderung mirip umbi. Bentuk tumbuhan batang anggrek ini bisa memanjang atau melebar tergantung dengan saat tumbuh.

Bunga anggrek
Bunga anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memiliki banyak varian jenis dan warna yang menarik sehingga menjadi primadona untuk para wanita di seluruh Indonesia. Bunga ini banyak manfaatnya bisa dibuat untuk obat herbal, sebagai bahan pelengkap makanan, dan juga bisa untuk simbol kejantanan.

Jenis-jenis dan Macam-macam Bunga Anggrek

Jenis Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhan

Monopodial

Bunga anggrek monopodial
Bunga anggrek monopodial

Jenis bunga anggrek ini hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja, bagian bunga ini tumbuh dari ujung batang.

Simpodial

bunga anggrek simpodial
bunga anggrek simpodial

Jenis bunga anggrek ini memiliki lebih dari satu titik tumbuh, tunasnya baru muncul dari sekitar batang utamanya.

Jenis Anggrek Berdasarkan Tempat Tumbuh

Anggrek Epifit

Anggrek epifit
Anggrek epifit

Bunga anggrek epifit merupakan bunga yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inang serta membutuhkan naungan dari cahaya matahari.

Anggrek Terestial

anggrek terestial
anggrek terestial

Jenis bunga anggerek yang tumbuh ditanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung, akar anggrek ini menyerap makanan dari tanah langsung.

Anggrek Saprofit

anggrek saprofit
anggrek saprofit

Anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering  dan membutuhkan sedikit sinar matahari.

Anggrek Litofit

anggrek litofit
anggrek litofit

Merupakan jenis anggrek yang hidup pada batu-batuan dan tahan terhadap sinar matahari.

Jenis-jenis Anggrek Langka dan di Lindungi

Bunga anggrek ini sama dengan jenis tanaman bunga lainnya, anggrek memiliki beberapa jenis spesies dan bunga ini sudah tergolong bunga yang hampir punah atau langka.

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

bunga anggrek yang langka
bunga anggrek yang langka

Ciri khas dari jenis bunga ini memiliki warna putih serta terdapat corak warna merah dan kuning.

Anggrek Tebu

anggrek-tebu
anggrek-tebu

Bunga anggrek tebu adalah spesies anggrek terbesar disunia karena bisa memiliki berat 1 ton dan tinggi 3 meter.

Anggrek kasut kumis

anggrek kasut kumis
anggrek kasut kumis

Bunga anggrek ini memiliki bentuk seperti kantong semar yang berbulu.

Incoming search terms:

  • anggrek litofit
Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply