cara-merawat-laptop
cara-merawat-laptop

Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Posted on

Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

merawat laptop
merawat laptop

Seiring dengan majunya teknologi, laptop atau komputer merupakan alat yang menjadi kebutuhan sehari – hari dalam sebuah pekerjan seperti perkantoran, perusahaan, ollshop dll. Selain itu juga digunakan untuk mengerjakan tugas, menyimpan data, membuat file penting bahkan sebagai alat untuk membantu dalam presentasi. Dan tentunya laptop itu sendiri harus di rawat agar tetap normal dan tidak cepat rusak.

 

Beberapa Tips Merawat Laptop, antara lain :

            1.Memasang Anti Virus

Dalam sebuah alat elektronik semacam laptop, tentunya harus memiliki pengaman anti virus  agar tidak mudah terkena virus yang dapat membuat laptop anda menjadi tidak dalam peforma yang baik. Virus sendiri tidak semula ada, namun virus itu di ciptakan oleh manusia.

            2.Hindari Mencabut Baterai Saat Laptop Menyala

Seringkali saat terjadi masalah seperti laptop hang ataupun macet, cobalah mematikannnya dengan tombol power dan sebaiknya jangan langsung mencabut baterai pada laptop karena hal ini dikawatirkan akan berpengaruh pada Motherboad dan juga komponen – komponen yang ada di dalam laptop tersebut.

            3.Pakailah Laptop Sesuai Dengan Spesifikasi

Jangan mencoba memaksakan laptop untuk menjalankan aplikasi atau software yang tidak mampu di jalankan oleh laptop itu sendiri. Yang di maksud disini adalah jika anda mempunyai laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup rendah, maka jangan memaksakan untuk menjalankan  game yang berat sehingga laptop anda tidak mampu untuk mengangkatnya. Dan hal semacam itu akan berpengaruh pada Prosessor, RAM, dan juga VGA.

            4.Letakan Laptop Pada Tempat Yang Tepat

Pada saat anda menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas, sebaiknya letakan laptop anda pada tempat yangt tepat seperti pada tempat yang datar dan memiki permukaan yang keras semacam diatas meja, diatas lantai dll. Hal ini dimaksud agar laptop dapat mengeluarkan udara panas melalui rongga – rongga.

            5.Jauhkan Dari Benda Cair

Jika anda pada saat mengoperasikan laptop sebaiknya jauhkan dari benda yanag bersifat cair seperti kopi dll. Karena hal tersebut jika tumpah ke laptop, maka akan bermasalah bagi laptop anda sehingga terjadi konsleting.

            6.Gunakan Pendingin Laptop

Jika anda menjalankan laptop maka sebaiknya gunakan juga pendingin seperti Coolpad pada bawah laptop agar kondisi laptop tidak terlalu panas sehingga Prosessor tetap normal. Jika prosessor pada laptop terlalu panas, maka akan membuat laptop menjadi hang.

            7.Bersihkan Secara Rutin

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan kebersihan pada laptopnya sehingga terlihat seperti banyak debu yang berada pada keyboard dan komponen lainnya. Padahal hal itu dapat membuat laptop tidak awet.

            8.Jangan Menaruh Barang Yang Berat Diatas Laptop

Karena menaruh barang yang cukup berat diatas laptop dapat menyebabkan tekanan pada laptop anda sehingga dapat berpengaruh pada layar monitor anda.

            9.Jangan Menutup Monitor Setelah Memakai Laptop

Hal ini dimaksudkan jika setelah laptop digunakan cukup lama dan suhu laptop cukup panas, sebaiknya jangan langsung menutup monitor laptop. Karena hal semacam ini dikawatirkan panas laptop tidak bisa keluar dan akan berpengaruh pada monitor anda.

 

Leave a Reply