penyebab komputer mudah panas
penyebab komputer mudah panas

Penyebab Komputer Mudah Panas

Posted on

di jaman yang seperti ini komputer bisa masuk kebutuhan pokok. dengan adanya komputer dapat membantu pekerjaan kita seperti: transaksi bank jual beli online dan masih banyak lagi. jadi dengan adanya komputer berdampak positif bagi kehidupan kita, namun jika ada dampak positif pasti ada dampak negatifnya juga seperti mata minus, kecanduan game dan bahkan juga ada yang menggunakan komputer sebagai kejahatan seperti judi online,pembobolan atm dan seterusnya. jadi kita harus memanfaatkan komputer dengan baik,dengan kita mengunakan komputer dengan jangka waktu yang cukup lama. Akan menyebabkan komputer kita akan panas bahkan akan mati secara tiba tiba, Untuk mencegah itu terjadi kita harus menjaganya dan merawatnya.dan kenalilah penyebab kompututer cepat panas, berikut saya akan kasih tau penyebab panas antara lain:

penyebab komputer mudah panas
penyebab komputer mudah panas

 

Penyebab Komputer Mudah Panas

  1. Komputer Digunakan Main Game Terlalu Lama

Kusus yang satu ini biasanya di lakukan oleh para pengguna komputer yang gila main game, apalagi yang di mainkan game beresolusi tinggi akan menyebabkan komponen VGA, processor dan memori akan bekerja tinggi atau berat.  Jika processor bekerja dengan berat akan menyebabkan panas yang tinggi hal ini yang menyebabkan komputer tiba tiba mati sendiri. Untuk mengatasinya kita harus memasang fan atau kipas di belakang cpu hal ini berfungsi mengeluarkan panas di dalam cpu.

  1. Fan Pendingin Rusak Atau Kotor Berdebu

Cobalah setiap sebulan sekali atau setidaknya 6 bulan sekalai kita mengecek komponen periferal komputer, hal sepele ini yang penting untuk kelanjutan komputer kita, dan jika komputer kita mudah panas coba kita lihat fan-nya apakah masih berputar dengan normal atau sangat berdebu. Jika fan kita berputarnya mulai menurun sebaiknya kita ganti fan tersebut karna akan berdampak pada processor atau fan kita berdebu cukup di bersihkan saja debunya.

  1. Perhatikan Processornya

Jika kita mau membeli komputer atau laptop kita perhatikan processornya apakah sudah sesuai denga kebutuhan kita. Dan kita cek merknya jika AMD membolehkan panas processor hingga 85 drajat celcius namun jika intel hanya membolehkan sampai 7 drajat celcius saja tetapi processor ini tahan banting. Sekarang tergantung anda mau pilih yang mana

  1. Power Suply Bermasalah

Power suply adalah koponen komputer yang menyuply listrik ke komputer dan komponen komponenya jika sampi power suply bocor akan menyebabkan tegangan listrik ke motherboard hal ini akan menyebabkan seluruh komponen panas bahkan komponen yang terkena teganganya rusak. Jika kita ingin menghindari hal itu kita pasang stabilizer ( stavolt) atau UPS.

  1. Overclock Bios

Overclock Bios atau yang sering di pangil Perfomace kartu grafis adalah di mana seluruh komponen di dalam cpu  di suruh bekerja dengan maksimum. Hal ini lah yang menyebabkan komputer cepat panas atau yang lebih mengerikan lagi komponen komputer tidak berfungsi. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi kembalikan bios ke normalnya.

  1. Posisi Heatsink Miring atau Tidak tepat

Pastikan heatsink terpasang dengan benar jika heatsink terpasang miring atau tidak pas maka akan menyebabkan processor overheat. Jadi periksalah cpu anda jika heatsink miring pasanglah kembali dengan normal atau lebih baik buka alumunium dan bersihkan jangan lupa di kasih pasta dan pasang kembali.

 

Berikut hal hal yang menyebabkan komputer anda overheat atau panas dan mati sendiri, pahamilah penyebab penyebab tersebut dan cegah hal tersebut terjadi. Sekian dari saya semoga bermanfraat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply