Lele Konsumsi-Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan
Lele Konsumsi-Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan

Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan

Posted on

Peluang bisnis Budidaya Ikan Lele

Memang tidak kita sadari bahwa kebutuhan ikan lele di berbagai kota sebenarnya sangatlah tinggi, di Jakarta saja  tahun 2012 kebutuhan ikan lele mencapai 80 ton, namun baru terpenuhi sekitar 62,5% itu sekitar 50 ton saja. Wow tentunya ini bisa menjadi bisnsis yang sangat menguntungkan bukan? Jika kita berhasil membudidayakan ikan lele.

Lele Konsumsi-Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan
Lele Konsumsi-Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan

Dan kali ini kami akan membahas mengenai  peluang bisnis ikan lele yang sangatlah menjanjikan. Dan bagi kalian yang berminat untuk membudidayakan ikan lele ini, kami akan memeberikan beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk memulai budidaya ikan lele bagi para pemula,

Persiapan Kolam Lele

Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Kolam
Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Kolam

Yang pertama kali kalian harus persiapkan adalah mengenai kolam untuk ikan lele kalian nantinya. Mengenai bentuk kolamnya terbuat dari apa kolam tersebut. Dan berikut ini mengenai beberapa jenis kolam ikan lele yang mungkin sesuai dengan kondisi kalian.

Kolam Tanah

Kolam yang seperti ini memanglah sangat cocok sebagai habitat lele yang asli, dan kebanyakan peternak ikan juga masih menggunakan cara ini. Namun kalian tidak harus memksa, jika kalian tidak memiliki lahan yang cocok untuk dijadikan kolam.

Kolam Semen

Mungkin ini bisa menjadi alternatif yang cocok buat kalian yang memiliki halaman belakang yang kosong dan tidak terlalu besar. Kalian bisa membuat kolam untuk lele dari semen, tidak harus terlalu besar namun bisa kalian bagi menjadi beberapa kolam. Ini jauh lebih efektif karena tidak memerlukan perlakuan yang khusus seperti kolam tanah.

Kolam Terpal

Yang satu ini memang cukup efektif dan kreatif dari para peternak lele. Mereka memanfaatkan terpal sebagai alas kolamnya. Cara ini jauh lebih murah dan efektif bukan?

Penentuan Bibit Ikan

Setelah menentukan kolamnya langkah selanjutnya adalah mengisi kolam tersebut dengan ikan lele atau bibit ikan lele yang sangat murah.

Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Bibit Ikan
Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Bibit Ikan

Ada banyak bibit lele unggulan yang biasa dibudidayakan oleh pembudidaya ikan lele. Ini merupakan tahap paling penting karena bibit ikan lele akan menentukan hasil dari budidaya ikan lele yang sedang kalian tekuni. Jadi jangan sampai salah dalam memilih bibit ikan lele. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan lele yang cocok untuk kalian budidayakan.

Lele Lokal

Jenis ikan ini adalah jenis ikan yang dulunya paling sering dibudidayakan oleh para peternak lele, Karena memang ikan ini sudah ada sejak zaman dulu. Karakteristik dari ikan ini adalah berwarna hitam dan memiliki patil yang keras dan dapat melukai semua musuhnya termasuk manusia. Jika terkena manusia bisa mengakibatkan bengkak dan disertai demam. Dan hingga kini jenis inilah yang masih dibudidayakan oleh para peternak lele, meskipun kalah bersaing dengan jenis-jenis lele pendatang baru seperti lele dumbo dan lele sangkuriang.

Lele Dumbo

Ikan lele jenis ini merupakan lele impor, perkawinan silang dari lele Taiwan dan lele Afrika. Memiliki ukuran yang lebih besar dari lele local dan tumbuh sangat cepat. Karena memeang memiliki beberapa kelebihan yang sangat menguntungkan para peternak lele.

Lele Phyton

Ikan yang satu ini memang memiliki belang-belang pada kulitnya yang mirip dengan ular. Namun sebenarnya tidak ada hubungannya dengan ular phyton. Ini adalah lele perkawinan silang lele dumbo dengan lele Taiwan. Cocok dikembangkan di wilayah yang bersuhu dingin.

Lele Sangkuriang

Dari namanya juga sudah dapat kita tebak asal lele ini dari mana. Pertama kali di kembangkaan di daerah  sukabumi, Jawa Barat. Merupakan Perkawinan silang dari lele dumbo betina generasi F2 dengan lele dumbo dari generasi F6. Yang bertujuan untuk mendapatkan sifat unggul dari lele dumbo generasi yang awal.

Pemilihan Pakan Ikan

Setelah kita menentukan bibit ikan lele yang ingin kita budidayakan. Langkah selanjutnya adalah memilihkan pakan yang pas dan cocok untuk budidaya ikan lele kita. Pakan ikan lele juga sangat diperlukan untuk mendapatkan lele yang berkembang dengan cepat dan berkualitas yang bagus. Pemberian pakan yang tepat yang mudah dicerna oleh ikan dan mengandung banyak protein dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kesehatan ikan.

Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Pakan
Peluang Usaha dan Cara Budidaya Ikan Lele yang Menjanjikan-Pemilihan Pakan

Sekarang ini suda banyak pakan ikan yang sudah jadi dan dijual di toko dalam bentuk pelet. Kebanyakan peternak menggunakan pakan yang berupa pelet karena memang sangat praktis daripada harus membuatnya sendiri. Namun akan lebih baik lagi bila kita membuatnya sendiri dengan menambahkan beberapa hewan seperti keong, bekicot, dan ikan rucah. Dan jika kalian hendak membeli pakan di toko alangkah lebih baiknya jika kalian bertanya dulu apa saja jenisnya beserta dengan kelebihan dan kekurangan. Yang paling penting berhati-hati dan teliti.

Dalam perawatannya kita harus memberikan makan secara rutin agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak ada lele yang terserang penyakit yang mengakibatkan lele tidak bisa berkembang ataupun mati.

Demikianlah sedikit mengenai cara untuk budidaya ikan lele yang mungkin cocok buat kalian para pembaca. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang hendak berbisnis ikan lele.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply