Senam Aerobic Bagi Kesehatan
Senam Aerobic Bagi Kesehatan

Manfaat Senam Aerobic Bagi Kesehatan

Posted on

Senam aerobic merupakan salah satu latihan kardio yang cukup efektif untuk membakar lemak pada tubuh. Selain itu senam aerobic sangat baik untuk kesehatan tubuh kita secaraa menyeluruh. Anda bisa melakukan senam ini di mana saja, bahkan jika anda tidak sempat pergi ke tempat kebugaran anda bisa melakukannya di rumah anda.

Senam aerobic sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama baik untuk kesehatan jantung. Senam ini  bisa di bilang santai karna tidak membutuhkan tenaga yang lebih. Dapat di lakukan oleh berbagai kalangan. Misalnya di kalangan orang tua, ibu hamil, anak-anak.

Apa saja manfaat senam aerobic? Berikut berbagai macam manfaat yang akan anda dapatkan dari melakukan senam secara rutin.

  1. Meningkatkan fungsi jantung. Senam aerobic dapat meningkatkan denyut jantung dan menstabilkan irama jantung sehingga jantung anda akan menjadi lebih sehat.
  2. Mencegah dan mengurangi berbagai macam penyakit. Senam aerobic ini cukup ampuh untuh mengurangi atau mencegah penyakit. Seperti jantung, stroke, kolestrol, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya (kanker).
  3. Dapat mengurangi berat badan. Sudah sepantasnya setiap olahraga memiliki peran dalam hal menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan melakukan senam aerobic secara rutin dapat menurunkan berat badan secara bertahap.
  4. Dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Tentunya setiap manusia pernah merasakan lesu dan letih ketika menjalankan aktivitas. Dengan melakukan senam aerobic inni dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  5. Dapat Meningkatkan kesehatan otot. Otot manusia membutuhkan oksigen yang cukup untuk membantu terhindar dari berbagai jenis limbah. Senam serobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan oksigen yang cukup dalam otot dan akan menjauhkan dari berbagai limbah.  Selain itu aerobic bisa mengurangi ketidaknyamanan yang di rasakan oleh para penderita nyeri otot kronis.
  6. Membersihkan arteri pada tubuh. Latihan aerobic dapat meningkatkan kolestrol baik sekaligus dapat menurunkan kolestrol jahat yang ada dalam darah. Kolestrol jahat dapat mengakibatkan dapat mengakibatkan plak pada arteri yang dapat menyebabkabkan penyakit berbahaya seperti sakit jantung.
  7. Dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stess. Senam aerobic merupakan salah satu olahraga yang dapat mengaktifkan endorphin yang berfungsi untuk memberikan rasa tenang. Selain itu anda juga dapat mengurangi stress yang di akibatkan oleh berbagai  aktivitas anda.
  8. Mengurangi tekanan darah tinggi. Latihan ini di percaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi karena latihan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
  9. Mencegah terjadinya diabetes, sudah bukan menjadi rahaia umum olahraga aerobic ini merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.
  10. Mengatasi insomnia, insomnia ini adalah penyakit suli tidur. Yang dapat di sebabkan oleh berbagai hal. Dengan melakukan latihan ini juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan menjadikan tidur anda lebih nyenyak.
  11. Dapat memperkuat tulang dan sendi. Ini merupakan manfaat yang sangat penting bagi setiap orang terutama pada awanita. Karna tulang sendi, dan tulang yang kuat dapat mengurangi kemungkinan wanita terkena penyakit
  12. Awet muda. Melakukan latihan aerobic secara rutin ini adalah salah satu rahasia awet muda. pembakaran lemak dan kalori serta pembuangan kringat inilah yang membuat anda awet muda.  Pembuangan kringat ini dapat meningkatkan elastisitas otot dan kulit. Sehingga akan terlihat lebih cerah dan sehat.
  13. Bagi ibu hamil. Dengan melakukan senam aerobic dapat membantu dalam persalinan normal. Karna meningkatkan elastisitas otot. Sebelum melakukannya anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu dan di akhiri dengan pendinginan.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply