puncak bukit moko bandung
puncak bukit moko bandung

Wisata Bukit Moko Puncak Tertinggi di Bandung

Posted on

Bukit Moko Puncak Tertinggi di Bandung

Banyak orang yang tidak tau tempat bukit moko ini, tapi bagi warga bandung dan sekitarnya, tempat yang tingginya 1500 meter di atas permukaan laut merupakan lokasi wisata yang tidak asing lagi. Dikarenakan tingginya, tempat ini menjadi puncak tertinggi di kota bandung. Anda bisa melihat pemandangan kota bandung dengan jelas dari atas sini.

puncak bukit moko bandung
puncak bukit moko bandung

Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan-pemandangan hutan pinus sambil berjalan menuju puncak bintang. Lokasi bukit ini berada di Desa Cimenyan, Bandung.

Akses dan Rute Kendaraan Umum

Kendaraan umum tidak ada yang lewat di sini, satu-satuya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepeda, motor atau mobil, ataupun kalau ingin yang ekstrim bisa berjalan kaki. Dan bukit ini terletak di daerah sekitar terminal Cicaheum, jalan yang lurus naik keatas bernama jalan Padasuka, kalau lurus terus naik keatas hingga mentok, disitulah bukit moko berada.

puncak bukit moko bandung
puncak bukit moko bandung

Perjalanan ke bukit moko ini, anda akan menemui tempat bernama Caringin Tilu. Kenapa di namakan seperti itu, karena di tempat tersebut terdapat pohon beringin yang sangat besar. Dan di dalam bahasa sundanya pohon beringin di sebut Caringin. Caringin Tilu boleh di katakan sebuah tempat yang di jadikan sebuah tempat anak-anak muda untuk menghabiskan akhir pekannya. Sebenarnya tempat ini hanya berupa jalan yang kanan kirinya berdiri warung-warung makan biasa yang di jadikan tempat anak muda saling berkumpul. Anak-anak muda sangat suka berkumpul di tempat ini karena ketinggiannya, dan bandung terlihat indah.

Kalau anda naik ke atas lagi, jalan yang anda lalui berubah menjadi jalan yang berbatu. Setelah melalui jalur yang berbatu, anda akan sampai di puncak tertinggi bandung, yaitu Bukit Moko. Di tempat ini anda akan menemui segera menemui warung, warung itu bernama Warung Daweung. Warumg Daweung ini adalah satu-satunya warung yang berdiri di sini dan cocok sekali untuk menikmati keindahannya kota bandung. Daweung dalam bahasa sunda artinya melamun. Jadi wrung ini adalah tempat untuk melamun. Daripada melamun, lebih baik anda melihat pemandangan kota bandung yang sangat mengagumkan dari sini.

Warung Daweung
Warung Daweung

Di belakang Warung Daweung ini anda bisa melihat pemandangan hutan pinus yang sangat indah. Di kanan dan kirinya tergelar kebun-kebun warga yang tersusun sangat rapi. Jika anda beruntung, untuk menuju ke Bukit Moko  anda dapat menumpang pada mobil pick up yang membawa sayuran.

Tips Wisata ke Bukit Moko

  • Jika anda ingin menggunakan mobil, gunakanlah mobil yang agak tinggi, karena rute yang akan anda lalui sangat terjal. Dan jangan menggunakan mobil sedan, karena anda pasti sangat kerepotan.
  • Jika anda ingin menempuh dengan berjalan kaki sekitar 3-4 jam, dan kalau anda beruntung anda akan mendapatkan tumpangan dari warga-warga. Namun untuk persiapan, bawalah bekal yang cukup untuk di perjalanan.
  • Datanglah sebelum matahari terbenam, karena anda akan mendapatkan dua momen di sini yaitu sunset dan malamnya anda akan melihat banyak sekali cahaya gemerlap dari kota Bandung.
  • Apapun kendaraan yang anda gunakan, pastikan dalam keadaan baik, kalau bisa, sebelum berangkat anda cek dulu, agar tidak ada masalah di perjalanan.
  • Bawalah jaket atu pakaian-pakaian tebal lain, karena suhu di atas sana dapat mencapai 15 derajat celcius.
  • Dan juga bawalah uang secukupnya.

Incoming search terms:

  • hutan pinus bukit moko
Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply