Macam Obat-Obatan dan Tujuan Penggunaanya

Posted on

Dalam berbagai pengguanaanya.Obat mempunyai semacam berbagai bentuk.obat memiliki semua bentuk dan mempunyai karakteristik dan memiliki tujuannya tersendiri.Ada beberapa zat yang tidak begitu stabil jika berada dalam kesediaan tablet sehingga harus dibentuk dengan menjadi tablet atau kapsul atau ada pula obat yang bisa langsung di larutkan yang bisa dimaksudkan adalah agar lambung kita cepat mencernanya.semua ini dilakukan khusus agar efek yang dinginkan datang dengan cepat.bagi kita ketika berpraktek di apotek, maka perlu diperhatikan benar etiket obat yanbg dibuat.

obat generik
Obat Generik

Misalnya tablet dengan kaplet itu berbeda, atau tablet yang harus dikunyah dulu (seperti obat maag golongan antasida), seharusnyalah etiket obat memuat instruksi yang singkat namun benar dan jelas. Jangan sampai pasien menjadi bingung dengan petunjuk etiket obat. Oleh karena itu penting sekali bagi kita semua untuk mengetahui bentuk sediaan obat.

1. Pulvis (serbuk)

Macam obat ini merupakan  campuran kering bahan obat atau zat kimia yang dihaluskan, ditujukan untuk pemakaian luar.Obat ini juga khusus dengan anda yang tidak bisa menelan kapsul atau tablet yang berukuran besar dan juga obat ini dikhususkan untuk anak kecil.

2. Pulveres

Macam obat ini juga agak sama teteapi obat ini juga ada perbedaanya karena bobot yang dipakai kurang lebih sama dan dibungkus menggunakan pengemasan yang harus cocok karena untuk sekali minum.

3. Tablet (compressi)

Pasti anda yang sering ketergantungan obat ini pasti anda mengetahui obat inikan .obat ini merupakan sediaan padat kompak dibuat secara kempa cetak dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler kedua permukaan rata atau cembung mengandung satu jenis obat atau lebih dengan atau tanpa bahan tambahan.

a. Tablet kempa
paling banyak digunakan, ukuran dapat bervariasi, bentuk serta penandaannya tergantung desain cetakan.
b. Tablet cetak
Dibuat dengan memberikan tekanan rendah pada massa lembab dalam lubang cetakan
c. Tablet trikurat
tablet kempa atau cetak bentuk kecil umumnya silindris. sudah jarang ditemukan
d. Tablet hipodermik
Dibuat dari bahan yang mudah larut atau melarut sempurna dalam air. Dulu untuk membuat sediaan injeksi hipodermik, sekarang diberikan secara oral.
e. Tablet sublingual
dikehendaki efek cepat (tidak lewat hati). Digunakan dengan meletakan tablet di bawah lidah.
f. Tablet bukal
Digunakan dengan meletakan diantara pipi dan gusi
g. tablet Effervescent
Tablet larut dalam air. harus dikemas dalam wadah tertutup rapat atau kemasan tahan lembab.
Pada etiket tertulis “tidak untuk langsung ditelan”
h. Tablet kunyah
Cara penggunaannya dikunyah. Meninggalkan sisa rasa enak dirongga mulut, mudah ditelan, tidak meninggalkan rasa pahit atau tidak enak.

4. Pil (pilulae)
Obat ini Merupakan bentuk sediaan padat bundar dan kecil mengandung bahan obat dan dimaksudkan untuk pemakaian oral. Saat ini sudah jarang ditemukan karena tergusur tablet dan kapsul. Masih banyak ditemukan pada seduhan jamu.

5. Kapsul (capsule)

Obat ini juga sangatlah familiar karena obat ini  merupakan sediaan padat yang terdiri dari obat dalam cangkang keras atau lunak yang dapat larut. keuntungan/tujuan sediaan kapsul adalah :
a. menutupi bau dan rasa yang tidak enak
b. menghindari kontak langsung dengan udara dan sinar matahari
c. Lebih enak dipandang (memperbaiki penampilan)
d. Dapat untuk 2 sediaan yang tidak tercampur secara fisis (income fisis), dengan pemisahan antara lain menggunakan kapsul lain yang lebih kecil kemudian dimasukan bersama serbuk lain ke dalam kapsul yang lebih besar.
e. Mudah ditelan

Sekian dari artikel saya mungkin pengetahuan ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda semua

 

Gravatar Image
Saya adalah anak yang sangat ingin jadi anak yang sukses dunia aman dan tenang dan akhirot masuk surga firdaus nggak masuk neraka ! Dan saya juga akan jadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua!!! Aminnn...(^-^)

Leave a Reply