Motoor

Tips Ampuh dan Sederhana Membeli Sepeda Motor Bekas yang Benar

Posted on
Sepeda Motor Bekas
Sepeda Motor Bekas

Apakah anda ingin membeli sepeda motor? Tapi tidak punya banyak uang. Tenang saja, sepeda motor bekas bisa menjadi pilihan anda. Walaupun namanya sudah bekas, tapi masih banyak sepeda motor yang kondisinya masih baik. Kitalah yang harus pintar – pintar dalam memilihnya. Inilah beberapa tips memilih sepeda motor bekas

1. Budgeting

Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin membeli motor bekas yaitu budgeting atau keuangan yang telah anda siapkan. Budgeting adalah hal yang sangat penting di saat anda ingin membeli sepeda motor. Akan lebih baik jika anda menyesuaikan kemampuan finansial anda dengan motor bekas yang ingin anda beli. Anda harus lebih bijak dalam mencari motor yang sesuai dengan budget dan tentunya kemampuan finansial yang anda miliki.

2. Pilihlah Jenis Motor yang Sedang Anda Inginkan

Anda harus menentukan jenis sepeda motor yang akan anda pilih dan anda idam – idamkan. Anda tahu kan kalau di Indonesia ini banyak sekali pilihan jenis sepeda motor. Mulai dari motor bebek, matic, sport sampai motor offroad. Anda harus menyesuaikan sepeda motor yang ingin anda beli dengan kebutuhan dan kesenangan anda. Anda pasti menginginkan motor bekas yang murah tapi cocok kalau dibawa kemana – mana dan dapat membantu aktivitas anda setiap hari kan?

3. Anda Harus Menentukan Kegunaan dan Tujuan dari Pembelian Motor Bekas

Anda harus memikirkan tujuan anda membeli sepeda motor tersebut. Anda harus mengetahui, setelah anda membeli sepeda motor bekas ini tujuannya untuk apa? Janganlah anda overbuy, anda harus menyesuaikan antara tujuan dan uang yang sudah anda miliki.

4. Cari Tahu Spesifikasi Sepeda Motor Incaran Anda

Sudahkah anda mempunyai sepeda motor bekas yang akan anda pilih? Kalau sudah, berarti sekarang anda harus mencari spesifikasi yang lengkap dari sepeda motor yang sudah anda pilih tersebut. Anda harus mencari sejelas- jelasnya, agar nanti anda tidak akan menyesal. Seperti CC, kemampuan sepeda motor tersebut, kelebihan, kekurangan, komponen yang terkait erat dengan kendaraan tersebut, pokoknya semuanya deh. Motor ini enak dikendarai atau tidak, boros atau irit, dan sebagainya. Banyak sekali review dari segala macam sepeda motor yang sudah bertebaran di dunia maya, dari yang review positif hingga review yang negatif.

5. Ceklah Harga Pasar dari Motor Impian Anda

Harga Sepeda Motor Bekas
Harga Sepeda Motor Bekas

 

Anda kan sudah mengetahui motor impian anda tergolong dalam tipe motor apa, mengetahui kemampuan, dan tentu juga dengan segala kekurangannya. Sekarang saatnya lah anda harus mencari tahu range atau rata – rata harga dari sepeda motor yang telah anda incar tersebut. Jika harga motor yang ingin anda beli telah sesuai dengan budget, maka lanjutkan dengan mencari di dealer atau anda bisa juga mencarinya di media periklanan atau yang lainnya. Kalau faktanya harga sepeda motor itu tidak sesuai dengan budget anda, janganlah memaksakan diri, kalau anda tidak ingin terganggu dengan keinginan yang hanya bersifat sementara tersebut. Lebih baik anda mencari motor lain yang sesuai dengan budget anda. Jangan sampai anda memaksakan kemampuan finansial dan kehendak anda.

6. Jangan Terpaku pada 1 Jenis dan Merk  Saja

Zaman sekarang sangat banyak sekali jenis motor dan merknya, dan sangat mudah sekali untuk ditemui. Alangkah baiknya jika anda memiliki daftar lain dari jenis dan merk yang anda sukai sebagai cadangan. Faktanya, tidak semua sepeda motor yang akan anda pilih dalam keadaan yang baik, dan sebaliknya, mungkin saja ada beberapa merk atau jenis motor bekas lain yang memiliki spesifikasi yang hampir sama dan dalam kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. Makanya, upayakan untuk selalu berikan punya pilihan jenis dan merk motor yang lain dalam daftar pilihan motor anda, tapi tidak usah banyak – banyak, agar nanti anda tidak bingung sendiri saat akan memilihnya.

 

 

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply