Gudeg Bu Ahmad-gudeg paling enak
Gudeg Bu Ahmad-gudeg paling enak

Wisata Kuliner Gudeg Paling Enak di Kota Jogja

Posted on

Jika kita berbicara mengenai kota Jogja, pasti kita langsung akan membahas mengenai makanan khas dari Jogja yang sangat terkenal ini. Makanan yang hanya berbahan utama yaitu buah nangka. Meski begitu cirri khas yang dimiliki gudeg dapat membuat banyak orang ketagihan jika mengkonsumsinya. Dan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa gudeg paling enak yang ada di kota Jogja, yang mungkin bisa menjadi tujuan persinggahan kalian nanti ketika berkunjung ke Jogja.

Makanan yang meski terlihat sederhana ini memang sangat menipu pandangan kita, dan akan sangat disayangkan bila anda berlibur ke kota Jogja tanpa menikmati makanan yang satu ini. Dan jika kalian tahu, terdapat beberapa tempat yang memang menyediakan menu gudeg paling enak di kota Jogja dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum-gudeg paling enak jogja
Gudeg Yu Djum-gudeg paling enak jogja

Sebuah warung makan yang cukup terkenal dengan menu utamanya yaitu gudeg. Gudeg yu Djum adalah tempat paling tenar untuk membeli gudeg kering. Campuran sayur nangka yang ada di dalam gudeg ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih, yang sangat serasi enak sekali ketika sudah menyentuh lidah. Dan yang bikin tambah enak lagi itu sambal goring kreceknya yang akan terasa panas di mulut kita.

Seporsi Gudeg legendaris yu Djum ini dipatok mulai harga Rp 10.000 sampai Rp 200.000, Sesuai dengan paket yang dipilih. Dan untuk menu yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg, sambal goring krecek, dengan lauk pendamping 10 telur pindang dan seekor ayam. Dan gudeg ini juga bisa dijadikan oleh-oleh karena mampu bertahan hingga tiga hari.

Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata Bu Pujo-gudeg paling enak jogja
Gudeg Permata Bu Pujo-gudeg paling enak jogja

Terletak di sudut barat Bioskop Permata di Jalan Gajah Mada. Terdapat sebuah warung lesehan milik Bu Pujo yang menghidangkan gudeg basah paling enak. Berbeda dengan Gudeg Kering karena gudeg basah dihidangkan dengan kuah santan yang nyemek dan manisnya pas tidak semanis gudeg kering.

Gudeg Bu Pujo ini mulai berdiri sejak 1951, saat itu Bioskop Permata masih ramai akan pengunjung. Dulunya pelanggan Gudeg ini hanyalah para anak muda yang hendak menonton di Bioskop namun sekarang tempat ini ramai akan pembeli yang rata-rata adalah penggemar gudeg atau orang yang suka keluar pada malam hari, mulai pukul 21.00 sampai kuali-kuali yang berisi gudeg itu habis pada dini hari. Keistimewaan dari gudeg ini adalah areh dan sambal krecek yang diberi taburan rawit pedas, rasanya benar-benar sangat menggigit di bibir kalian.

Gudeg Bu Ahmad

Warung makan Gudeg Bu hj Ahmad berada di sebelah utara Kampus Universitas Gadjah Mada. Warung Gudeg paling enak yang terletak di dekat kampus ini menjadi langganan mahasiswa dan juga dosen di Universitas Gadjah Mada. Pada awal berdirinya tahun 1950 warung gudeg ini berada di atas selokan mataram. Dan setelah itu munculah julukan Gudeg Selokan Mataram. Warung tersebut selalu mendapat pelanggan dari para pekerja yang sedang membangun kampus.

Gudeg Bu Ahmad-gudeg paling enak
Gudeg Bu Ahmad-gudeg paling enak

Pada awalnya menu yang disajikan ada bermacam-macam seperti soto, nasi rames, dan juga gudeg. Namun karena orang lebih banyak membeli gudeg, sehingga Bu Ahmad mengurangi menunya menjadi hanya gudeg. Gudeg di warung tersebut juga bisa dilengkap dengan lauk-lauk lain seperti telur, ayam, ampela, ataupun tahu. Karena kebanjiran pelanggan akhirnya pada tahun 1998 warung tersebut pindah ke lokasi sekarang, yang sangat strategis.

Gudeg yang dihidangkan adalah gudeg basah namun tidak sebasah Gudeg Permata. Meski kreceknya tidak terlalu pedas ayamnya sangatlah empuk dan sangat nikmat. Harga juga bervariasi tergantung paket yang dipesan. Berminat silahkan mampir!

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro-gudeg paling enak jogja
Gudeg Bu Tjitro-gudeg paling enak jogja

Terletak di jalan Janti 330, memang sangat terkenal dikalangan para penggemar gudeg kering. Satu porsi dari gudeg bu Tjitro dihidangkan dengan buntil daun papaya, sambal goreng krecek, dan tempe. Dan menu tambah lain adalah opor ayam dan telur dengan tambahan sambal bajak.

Jika kalian ingin menikmatinya di rumah kalian bisa memesannya, karena Gudeg bu Tjitro menyediakan kemasan kendil yang tahan hingga dua hari. Ada juga Gudeg presto yang dikemas dalam kaleng, gudeg ini tahan hingga satu tahun. Jadi kalian berminat? Jika kalian hendak memesannya dalam jumlah yang banyak mungkin tempat ini sangatlah pas, karena di warung makan ini mampu mengakomodasi hingga 300 pesanan. Jadi jika kalian pergi melintasi kawasan ini tidak ada salahnya mencoba mampir dan mencicipi gudeg di sini.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon-gudeg paling enak jogja
Gudeg Pawon-gudeg paling enak jogja

Begitulah kondisi jika kalian berkunjung ke Warung Gudeg Pawon.

Jika mendengar namanya Gudeg Pawon mungkin kita kita berpikir artinya gudeg dapur. Karena dalam bahasa jawa pawon itu berarti dapur. Namun itulah yang menjadi keunikan dari warung makan ini, jika kita hendak menikmati gudeg ini kita harus pergi langsung ke dapurnya untuk mengambilnya sendiri. Namun kita harus mengantri terlebih dahulu, karena memang warung makan ini sangatlah laris. Warung gudeg yang buka pukul 22.00 ini sangat laris pembeli, karena biasanya pada pukul 23.00 gudeg di sana sudah habis terjual. Wow, hebat bukan?

Gudeg ini cukup berbeda dengan gudeg yang lain. Gudeg Pawon memiliki rasa yang lebih pedas dan gurih dibanding gudeg jogja lainnya. Gudeg Pawon ini juga termasuk gudeg basah dan sensasinya hamper menyerupai sayur lodeh. Nah, hebat bukan? Jika kalian hendak mencicipi gudeg ini usahakan kalian dating sebelum jam sepuluh malam karena antriannya akan sangat panjang. Dan mungkin sebelum jam sepuluh juga sudah ada beberapa orang yang mengantri.

Itulah, sedikit informasi mengenai beberapa warung Gudeg paling enak yang ada di kota Jogja, yang boleh kalian coba sendiri rasanya. Jangan hanya mendengar dari orang lain.

Gravatar Image
Hanyalah seorang remaja biasa yang tidak tampan, rupawan, apalagi menawan. Memperjuangkan impian-impian yang suatu hari nanti akan menjadi sebuah kenyataan. Mempelajari banyak hal untuk merangkai masa depan. Masa depan yang bahagia bersama keluarga kecil yang sederhana.

Leave a Reply