Klasifikasi Mangga

Mengenal Lebih Jauh tentang Mangga

Posted on

Mangga adalah sejenis buah yang termasuk dalam marga Mangifera,yang memilki 35-40 suku anacardiaceiae dan memiliki nama ilmiah yaitu Mangifera indica. Mangga merupakan buah yang bisa hidup di indonesia yang memiliki iklim cuaca tropis. Asal dari jenis nama buah ini adalah Malayalam maanga. Kata ini dalam bahasa Indonesia dipadankan menjadi kata mangga dan ada juga yang menyebutnya dengan istilah pelem atau ada juga yang menyebutnya poh, dan di pihak lain, kata ini oleh orang-orang Portugis  dibawa ke Eropa dan disebut  menjadi manga (dalam bahasa Portugis), mango (dalam bahasa Inggris). Nama ilmiah dari buah ini  sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga dan berasal dari India”.

mangga
Buah Mangga

Mangga berasal dari perbatasan india dan burma. Dan saat ini mangga berkembang sampai ke Asia tenggara kira-kira 1500 tahun yang lalu termasuk di Indonesia. Mangga telah banyak berkembang di negara-negara di dunia.

Pohon mangga termasuk kedalam tumbuhan monokotil karena memilki biji berkeping satu, memilki batang yang kuat, dan daunnya berbentuk menyirip, seperti contoh di bawah ini

pohon-mangga
Pohon Mangga

Buah mangga termasukdalanm katagori kelompok buah batu /drupa yang memiliki daging, dan memiliki  ukuran dan bentuk yang sering berubah-ubah tergantung pada macamnya, mulai dari bulat misalnya adalah mangga gedong, bulat telur misalnya gadung, indramayu, arumanis dll hingga lonjong memanjang misalnya mangga golek. Buah kira-kira memiliki panjang 25–30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang sering disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang biasa disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut buah.

Kulit buah sedikit tebal dan berbintik –bintik kelenjar. Jika buah ini masak berwarna merah jingga,kuning atau krem. Memiliki biji berwarna putih, gepeng memanjang dan tebal.

Manfaat mangga adalah dapat menurunkan gejala hiperglisemia (diabetes mellitus)karena mangga memilki kandungan senyawa organik tarakserol -3beta bersama dengan  ekstrak etil assetat yang bersinergis dengan insulin dan dapat mengaktivasi GLUT4, lalu menstimulasi sintesis glikogen.

Mangga bisa dinikmati dalam berbagai varian makanan. Misalnya dibuat jus mangga,asinan mangga,sambel mangga, ice cream mangga, rujak, pudding dan lain-lain. Anda bisa mengkreasikan sendiri sesuai selera anda.

Sekian dari kami,semoga bermanfaat!!!! ‘_’

 

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply