bakso ikan
bakso ikan

Membuat Bakso Ikan Dengan Cara Mudah

Posted on
bakso
bakso

Membuat bakso ikan sangatlah mudah anda lakukan dirumah, anak-anak dan orang dewasa memang meyukai bakso apalagi bakso yang anda buat sendiri dirumah, bakso yang biasanya kita beli di pinggir jalan itu hal yang sangat biasa, dan memiliki rasa yang sama dengan cara anda membuat bakso ikan yang sangat mudah in pasti keluarga anda lebih memilih dirumah. Untuk memakan masakan anda, dan tidak akan embeli bakso yang ada dipinggr jalan, bakso ikan ini sangatlah mudah untuk buat dan memiliki rasa yang sangat enak.

Cara membuat bakso ikan ini sangatlah mudah dan cara membuat bakso ini mirip sekali dengan cara membuat bakso sapi, selain rasanya yang enak.

Cara membuat bakso memang merupakan salah satu yang digemari para masyarakat indonesia, hampir seluruh daerah menjual bakso dan banyak kita jumpai bakso yang rasanya lezat, tapi memang bakso yang mereka jual adalah bakso daging sapi dan kuah daging sapi yang sangat enak dan segar, cara membuat bakso ikan ini sangatlah mudah daripada membuat bakso daging sapi biasanya.

Cara membuat bakso ikan ikan memanglah sangat mudah tidak semudah masakan indonesia yang lain, ada beberapa resep yang perlu anda lakukan dan anda simak untuk membuat bakso ikan kuah agar hasilnya sempurna dan memiliki rasa yang enak dan lezat. Pentingnya yang digunakan adalah daging yang sangat segar dan memunyai tekstur yang kenyal untuk dimakan nanti, daging ikan yang digunakan harus segar dan mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak lembek supaya bakso ikan yang anda bikin hasilnya juga menjadi kenyal dan mantap untuk disantap.

pentol
pentol

Selain ikan menjadi bahan utamanya, tepung sagu atau tepung topioka yang digunakan harus bersih dari kotoran, tepung yang harus digunakan harus disaring terlebih dahulu sampai benar-benar bersih, karena bakso ini sensitif dengan suhu, untuk itu ikan yang digunakan harus dalam keadaan dingin, selain itu nanti kita tidak menggunakan air untuk adonan pembuatan bakso ikan ini, untuk menjaga kekenyalan pentol bakso ikannya, setelah bakso ikannya matang supaya ditiriskan saja dan jangan terlalu lama merebusnya supaya baksonya tetap memiliki tekstur yang kenyal dan empuk untuk dimakan.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai berikut:

  1. Bahan utama yang digunakan adalah ikan yang sudah bersih dari durinya kurang lebih sebanyak 500 gr.
  2. Bawang putih yang berukuran sedang sebanyak 3-4 siung saja.
  3. Es serut sedikit saja untuk membantu pemblenderannya.
  4. Tepung sagu atau tepung topioka sebanyak 2,5 sendok sampai 3 sendok makan.
  5.  Telur ayam yang hanya diambil putihnya 2 butir saja.
  6. Gula pasir secupnya atau sesuai selera anda.
  7. Garam dapur yang beryodium.
  8. Merica bubuk
  9. Air bersih secukupnya.

Cara Membuatnya:

  1. Langkah yang pertama masukkan ikannya, kedalam blender bersamaan dengan bawang putih, putih telur, garam, dan jangan lupa masukkan es serut sedikit saja.
  2. Siapkan wadah dan tuangkan hasil blenderan ikan diatas.
  3. Tuang tepung sagu atau tepung tapioka sambil diaduk dan diuleni selama 5 menit.
  4. Siapkan panci dan rebus air berish secukupnya sampai membentuk bulatan seperti bakso.
  5. Ambil adonan bakso dengan menggunakan sendok dan masukkan kedalam panci yang berisi air panas.
  6. Rebus kembali bakso tadi dangan menggunakan api yang kecil, sampai bakso ikannya mengembang dan matang.
  7. Setelah matang lalu tiriskan dan segera angkat panci.

Itulah beberapa cara untuk memasak bakso ikan yang sangat mudah dan pastinya rasanya enak.

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Hidup itu seperti bersepeda, walaupun banyak rintangan membentang kamu harus terus mengayuhnya untuk menjaga keseimbangan..

Leave a Reply