Tips Membuat Nugget Ayam Sehat

Posted on

Hay para ibu, membuat keluarga bahagia adalah salah satu tugas ibu, bukan hanya membersihkan rumah, mengurus anak, mengurus suami tugas ibu salah satunya adalah memasak terkadang ibu bingung untuk membuatkan makanan apa untuk  hari ini, bosan dengan model makanan yang itu itu aja pingin berkreasi yang lain dan membuatkan makanan untuk orang tersayang dengan yang istimewa, nugget sendiri memiliki bermacam jenis ada nugget ikan, nugget salmon, nugget sayur, nugget tahu, nugget daging sapi dan masih banyak varian lainnya.

Tergantung selera anda ingin membuat nugget rasa apa dan disini saya ingin memberikan tips membuat nugget ayam yang lezat dan yang terpenting sehat. membuat makanan sendiri selain lebih murah juga sekaligus bisa memperhatikan kesehatan dari makanan yang kita berikan untuk itu ayo buatkan nugget ayam yang tidak hanya rasanya yang enak nugget ayam juga sehat untuk kesehatan tubuh, nah berikut ini ada  tips membuat nugget ayam sehat yang bisa di buat sendiri di rumah.

Bahan-Bahan Nugget Ayam Sehat

1.siapkan bahan utamanya yaitu 500 gram daging giling ayam, pilih bagian atas dada ayam supaya rasanya gurih dan enak. Tapi jika anda ingin memakai ayam utuh juga tidak apa hanya saja rasanya akan beda di akhirnya.

2.2 butir telur ayam ukuran besar atau bisa 3 buah butir telur ayam ukuran kecil.

3.5 siung bawang putih kupas kulitnya dan haluskan

4.lada bubuk, jika anda ingin membuatkan anak anda yang tidak menyukai pedas tidak menggunakan lada bubuk juga tidak masalah.

5.penyedap rasa, bahan yang ini juga tidak wajib agar tetap ada rasa gurihnya anda bisa menambahkan garam.

6.satu sendok kecil garam yang beryodium

7.6 pcs roti tawar putih, hilangkan bagian coklat di pinggirnya

8.margarin secukupnya untuk olesan loyang

9.bahan untuk lapisan luar nugget adalah 160 gram tepung roti dan dua butir telur ukuran besar

Cara Membuat Nugget Ayam

1.siapkan wadah untuk merendam 6 pcs roti tawar, tunggu sampai lembek lalu peras pelan-pelan dan usahakan menggunakan air yang matang ya.

2.ambil wadah ukuran sedang masukkan 500 gram daging ayam giling, 5 siung bawang putih yang sudah di haluskan lada secukupnya, garam dapur dan penyedap rasa uleni adonan sampai tercampur rata.

3.masukkan ampas roti di adonan ayam campur dan aduk sampai rata.

4.pecahkan 2 butir telur dan campurkan ke adonan aduk sampai rata.

5.ambil loyang dan olesi dengan margarin, masukkan adonan dan ratakan, bentuknya harus pipih ya kira-kira setebal 1-1,5 cm.

6.kukus loyang kurang lebih 20-25 menit dengan api sedang setelah matang diamkan di suhu ruangan.

7.ambil satu wadah kecil masukkan dua butir telur dan kocok

8.siapkan wadah lagi tuangkan tepung roti

9.potong adonan nugget ayam yang sudah jadi sesuai selera lalu yang pertama masukkan ke adonan telur dan masukkan ke adonan tepung roti, tekan dengan pelan-pelan sampai semuanya tertutup dengan tepung roti.

nugget ayam sehat
nugget ayam sehat

Nah nugget ayam yang sehat sudah jadi siap di hidangkan ke keluarga, nuggetnya bisa langsung anda goreng atau bisa di simpan di freezer untuk di goreng lain hari, agar ada variasi rasa anda bisa menambahkan sayuran, keju, ikan salmon, udang dan bahan lainnya, selain untuk di makan sendiri anda juga bisa membuka usaha nugget ayam sehat.

Itulah tips dari saya tentang cara membuat nugget ayam yang sehat, terima kasih dan selamat mencoba.

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply