Tempe
Tempe

Manfaat Mengkonsumsi Tempe

Posted on
Tempe
Tempe

Siapa yang tidak mengenal tempe?makanan khas indonesia ini ternyata  tidak hanya terkenal di Indonesia ternyata di luar Negeri tempe juga mempunyai penggemar sendiri tempe terbuat dari bahan dasar kedelai tidak hanya di goreng ternyata beragam makanan bisa di buat dengan menggunakan  tempe, selain dari rasa tempe yang gurih dan enak ternyata tempe mengandung banyak sekali manfaat yang bahkan tidak di temukan di makanan lainnya. Tempe menjadi makanan pendamping sayur atau yang lainnya.

Harga tempe yang murah meriah, membuat tempe menjadi alternative untuk ibu rumah tangga meskipun sekarang harga tempe naik akibat bahan dasar tempe yaitu kedelai diimpor tapi tetap tempe menjadi favorit semua kalangan, mau tau apa gizi yang terkandung dalam tempe sebelum kita membahas tentang manfaat tempe mari kita bahas terlebih dahulu kandungan gizi tempe.

Kandungan Gizi Pada Tempe

Tempe adalah salah satu macam makanan yang banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh tempe memiliki beragam manfaat untuk tubuh manusia, harganya yang masih terjangkau dan semua kalangan sanggup membelinya membuat makanan ini sebagai salah satu makanan andalan kandungan gizi pada tempe juga sangat banyak antara lain.

a.Tempe mengandung serat pangan.

b.Tempe mengandung kabohidrat.

c.Tempe mengandung kalsium.

d.Tempe mengandung zat besi.

e.Tempe mengandung vitamin B.

f.Tempe mengandung protein nabati.

g.Tempe mengandung fosfor.

h.Tempe mengandung keratin.

Bahkan tempe sangat baik untuk sumber protein nabati dibandingkan dengan protein hewani seperti daging sapi. Dan menurut para peneliti kandungan protein pada tempe lebih tinggi dari pada protein dari hewani, baru-baru ini peneliti mengungkapkan bahwa tempe mempunyai kandungan gizi yang lebuh banyak dari pada yoghurt yang terbuat dari susu fermentasi.

Setelah mengetahui banyaknya kandungan gizi pada tempe sekarang saya akan membagikan informasi tentang manfaat tempe bagi kesehatan.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Untuk Balita Dan Anak-Anak

1.Membuat anak sehat karena tempe mengandung antioksidan dan antibiotika yang membuat anak menjadi sehat, bisa menyembuhkan infeksi dan  bisa mencegah penyakit turunan.

2.Tempe mudah di cerna dan mengandung enzim pencernaan yang di hasilkan oleh ragi ketika proses fermentasi  dan sangat baik untuk pencernaan anak-anak.

Untuk Orang Dewasa

1.Tempe sangat cocok untuk anda yang sedang proses diet karena tempe bebas lemak. Kandungan proteinnya terdiri dari 18 jenis protein dan asam amino.

2.Tempe dapat meningkatkan kadar  HDL. Kadar kolesterol baik dalam darah ini mampu mengusir kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3.Tempe dapat mencegah penyakit degeneratif

4.Tempe dapat menjaga jantung agar tetap sehat karena tempe bisa meningkatkan kolesterol baik

5.Tempe baik untuk kulit dan otot karena mengandung vitamin

6.Tempe bisa mencegah penyakit anemia karena tingginya kandungan mineral dan mudah di serap darah.

7.Tempe menjaga tulang agar tetap kuat dan mencegah penyakit asteoporosis.

Dari ke 7 manfaat tempe di atas sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang terkandung dalam tempe untuk mendapatkan manfaat yang lain ayo rasakan secara langsung manfaat tempe dengan cara mengkonsumsi nya, berikut ini adalah tips memasak atau mengkonsumsi tempe.

Tips Mengkonsumsi Dan Memasak Tempe

1.Sebaiknya tempe di masak dengan cara di bacem, atau di campur dengan air menggoreng tempe akan mengakibatkan berkurangnya nutrisi dalam tempe.

2.Bagi anak balita tempe bisa menjadi makanan sehat dengan cara mencampurkannya dengan sayur atu di rebus dengan sayur.

3.Belilah tempe yang masih bagus atau layak untuk di konsumsi, anda bisa mencium tempe, memegang teksturnya, warnanya.

4.Jangan biarkan tempe terlalu lama dalam lemari es sebaiknya ketika anda menyimpan tempe dalam lemari es anda diamkan dulu beberapa saat atau langsung saja memasak setelah membeli.

5.Jika anda menghendaki membuat tempe sendiri pastikan ragi yang anda pakai berkualitas.

Ini adalah salah satu olahan dari tempe yang lezat.

Burger tempe saus lada hitam
Burger tempe saus lada hitam

Demikianlah ulasan dari saya tentang manfaat tempe, berilah keluarga anda hidangan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh agar anda dan keluarga anda selalu sehat, dan jangan takut untuk memakan makanan yang murah karena belum tentu makanan murah seperti tempe tidak mempunyai manfaat, buktinya tempe banyak sekali menyimpan manfaat. Terima Kasih.

 

 

 

Gravatar Image
Gadis yang tinggal di setengah kota setengah desa berjuang demi masa depan mengejar cita cita yang tergambar di mimpi, gadis yang mensyukuri apa yang sudah di berikan Allah dan berjuang demi membanggakan kedua orang tua dan bersemangat untuk mengejar kesuksesan dunia dan akhirot.

Leave a Reply