2 Kelinci
2 Kelinci

Jenis – Jenis Kelinci yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Kelinci termasuk hewan mamalia dari keluarga Leporidae. Kelinci bukan termasuk hewan yang langka. Kita dapat menemukan kelinci di mana saja. Waktu itu, kelinci termasuk hewan liar yang tinggal di Afrika sampai ke daratan Eropa. Saat perkembangannya, pada tahun 1912, kelinci digolongkan dalam ordo Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi 2 keluarga, yakni Ochtonidae (jenis pika yang sangat pintar sekali bersiul) dan yang satu Leporidae (tergolong jenis kelinci dan terwelu). kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yakni konijntje yang artinya “anak kelinci”. Ini menunjukkan kalau masyarakat Nusantara mulai mengetahui kelinci saat masih masa kolonial, padahal di Pulau Sumatra ada spesies asli kelinci sumatra (Nesolagus netscheri) yang ditemukan pada tahun 1972 silam.

Kelinci biasanya dijadikan sebagai hewan peliharaan atau ada juga yang menjadikannya sebagai hewan pedaging. Ada juga jenis kelinci pedaging yang dijadikan sebagai hewan peliharaan. Di dunia ini masih banyak sekali jenis kelinci yang sangat jarang kita ketahui. Jenis kelinci yang terbesar di dunia, yakni Continental Giant. Continental Giant biasanya dijadikan sebagai hewan pedaging, tapi masih banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Continental Giant sudah diresmikan sebagai kelinci terbesar di dunia dengan tinggi atau panjang 4 feet + 4 inci (132 centimeter) dan berat 3,5 stones (22,2 kilogram).

Jenis – Jenis Kelinci Peliharaan dan Kelinci Pedaging

Pada umumnya, kelinci dibagi menjadi 2 jenis. Yaitu kelinci liar dan kelinci peliharaan. Berikut inilah jenis – jenis kelinci di dunia yang sering dipelihara oleh penyayang kelinci.

1. Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant

Kelinci flamish giant adalah kelinci terbesar daripada kelinci – kelinci yang lainnya. Flamish giant bisa berat sebesar 22 kg, walaupun rata – rata kelinci flemish giant dewasa beratnya hanya 15 kg. Di zaman sekarang kita akan sangat sulit menemukan kelinci flemish giant yang asli, karena para peternak kelinci kebanyakan hanya menggunakan ras hasil silangan yang hasilnya tidak sebesar ras yang aslinya. Ciri – ciri kelinci flemish giant diantaranya:

  • Badannya panjang dengan ukuran lebih dari 20 inci atau 50 cm. Ini sudah merupakan ukuran normal kelinci flemish giant dewasa. Tulang kelinci ini biasanya sangat tebal dan dadanya penuh dengan isi.
  • Bentuk kepala dari flemish giant sedikit lebar dengan telinga yang panjang dan tebal. Telinga ini berdiri kokoh dengan panjang tak kurang dari 6 inci atau 15 cm. Bentuk kaki dari kelinci flemish giant juga besar, panjang, dan juga sangat kokoh.
  • Kelinci flemish giant terdiri dari beberapa macam warna, di antaranya flemish giant hitam, coklat, kuning muda atau fawn, biru, abu terang, sandy atau sewarna dengan pasir, abu – abu besi atau sreel grey dan juga flemish giant putih. Kelinci flemish giant hanya memiliki satu warna saja. Kelinci flemish giant tidak mempunyai kombinasi warna.
  • Kelinci flemish giant bisa mencapai berat minimal 6,3 kg dan maksimal 12 kg.

2. Netherland Dwarf

N
Netherland Dwarf

Netherland Dwarf berarti belanda kerdil, seperti namanya, kelinci netherland dwarf mempunyai ukuran yang sangat mungil dan pertumbuhan kelinci netherland dwarf sangat lambat sekali. Konon, kelinci netherland dwarf dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia dan dipelihara di perkebunan kolonial. Netherland dwarf kurang cocok jika dijadikan sebagai kelinci ternak. Di Indonesia penyebaran kelinci netherland dwarf sangat merata.

3. Anggora

Kelinci
Anggora

Kelinci anggora termasuk jenis kelinci yang sangat lucu, kelinci anggora dipenuhi dengan bulu – bulu yang tebal dan halus. Kebanyakan orang memelihara kelinci anggora sebagai kelinci hias atau diambil bulu atau wool-nya. Bulu kelinci anggora memiliki tekstur yang halus dan lembut. Jenis kelinci ini diketahui bersal dari Ankara, Turki. Di dunia ini ada banyak sekali jenis kelinci anggora, mungkin kita saja yang belum mengetahuinya. Jenis kelinci anggora yang sangat terkenal yaitu kelinci anggora peranakan flemish giant, anggora peranakan Satin, anggora Jerman, anggora Inggris, dan anggora Perancis.

Kelinci anggora memiliki ukuran tubuh yang sangat beragam, sesuai dengan jenisnya. Jenis kelinci anggora yang paling kecil yaitu jenis ras kelinci anggora Inggris. Berat kelinci anggora Inggris rata – rata hanya mencapai 2,3 kg. Sedangkan untuk kelinci anggora yang paling besar adalah jenis kelinci anggora peranakan flemish giant yang bisa mencapai berat hingga 5 kg ketika sudah dewasa.

4. Satin

Satin
Satin

Ras kelinci satin berasal dari Amerika Serikat. Kelinci satin merupakan jenis kelinci hias dan pedaging. Setiap melahirkan, satin mampu melahirkan anak mencapai 7 -10 ekor dengan berat 4-5 kg ketika sudah mencapai usia di atas 8 bulan. Ciri – ciri kelinci jenis kelinci ini di antaranya, mempunyai kuku dan ruas tulang yang kuat dengan tubuh yang panjang, kepala yang lebar serta lehernya yang pendek, sehingga posturnya terlihat kuat.

Sekilas satin ini hampir mirip dengan kelinci rex sehingga disebut juga sebagai satin rex. Wajar saja jika bulu – bulunya tak jauh berbeda dengan rex, tapi bulunya masih tebal dan lebat satin.

Kelinci satin mempunyai warna yang sangat beragam, di antaranya coklat, merah, krem, perak, dan ada juga kombinasi warna berspot putih atau totol putih. Kelinci ini memiliki 11 varietas, yaitu hitam, coklat, biru, broken, California, chinchilla, tembaga, merah, otter, siam, dan putih.

5. Kelinci New Zealand White

Walaupun kelinci ini bernama new zealand white, bukan berarti kelinci ini berasal new zealand. Kelinci ini berasal dari Amerika. Kelinci ini merupakan hasil persilangan flemish giant dengan berat mencapai 5,5 kg dan bisa bertahan hidup hingga 10 tahun jika kelinci ini dipelihara dengan cara yang benar. Kelinci ini juga dapat dijadikan sebagai kelinci potong.

Kelinci new zealand mampu melahirkan anak sampai 10-12 ekor. Kelinci ini memiliki ciri – ciri bulu putih albino yang khas dan mata warna merah seperti kelinci lokal (kelinci jawa).

 

 

Gravatar Image
Seseorang yang ingin membahagiakan kedua orang tua dan kelak ingin menjadi seseorang yang sukses dunia dan akhiratnya, serta ingin menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply