Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani, Lombok)
Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani, Lombok)

Wow, Nih Tempat Terbaik Untuk Melihat Edelweiss di Indonesia

Posted on

Para pendaki gunung pada umumnya sangat akrab dengan edelweiss. Bunga ini tumbuh di dataran tinggi, khususnya di puncak gunung. Inilah 4 tempat yang bisa anda datangi unutuk melihat bunga yang cantik ini. Bunga ini banyak di bawa pulang oleh para pendaki sebagai bukti dirinya telah menaklukan gunung. Sebenarnya hal itu di larang, seiring berjalannya waktu, bunga ini terancam punah. Edelweiss ini dikenal sebagai bunga abadi. Warnanya yang putih melambangkan cinta, ketulusan. Letaknya di puncak gunung tinggi ini melambangkan pengorbanan. Dan bunga yang bisa bertahan lama melambangkan keabadian. Di indonesia ini edelweiss terbanyak ialah spesies Anaphalis javanica yang tersebar di pulau jawa. Walaupun spesies ini termasuk spesies langka, tentu saja anda bisa mendatangi langsung habitat bunga ini, walaupun anda harus mendaki gunung dulu.

1. Alun-alun Surya Kencana (Gunung Gede, Jawa Barat)

Alun-alun Surya Kencana (Gunung Gede, Jawa Barat)
Alun-alun Surya Kencana (Gunung Gede, Jawa Barat)

Salah satu tempat edelweiss tumbuh adalah di alun-alun surya kencana. Ribuan tanaman edelweiss ini memenuhi dataran seluas 50 hektar, dengan ketinggian 2.750 Mdpl. Untuk mencapai tempt ini, anda bisa mendaki gunung gede lewat jalur Cibodas atau jalur putri. Taman nasional gunug gede pangrangi ini terletak di 3 kabupaten yaitu bogor, cianjur dan sukabumi. Kalau dari jalur cibodas jaraknya sekitar 11 kilometer, atau 8 jam pendakian. Jika mendaki melewati jalur putri, anda bisa sampai di alun-alun surya kencana dengan lebih cepat, namun jalurnya lebih terjal.

2. Alun-alun Mandalawangi (Gunung Pangrango, Jawa Barat)

Alun-alun Mandalawangi (Gunung Pangrango, Jawa Barat)
Alun-alun Mandalawangi (Gunung Pangrango, Jawa Barat)

Anda bisa menemukan satu lagi tempat edelweiss dengan panoramanya yang sangat indah. Alun-alun mandalawangi ini terletak di gunung pangrango, kaau dari kandang badak sekitar 2-2,5 jam menempuhnya yang merupakan titik temu puncak gede dan gunung pangrango. Karena tempatnya lebih tinggi dari pucak gunung gede, edelweiss alun-alun mandalawngi ini lebih rimbun dan ukuran bunganya juga lebih besar. Nilai yang lebih di tawarkan dari alun-alun mandalawangi ini adalah panoramanya yang sangat indah. Jika cuacanya sedang cerah, anda bisa melihat kawah gunung gede yang berada di bawahnya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menikmati rimbunnya bunga edelweiss sambil memandang megahnya gunung salak. Keindahan savana edelweiss ini pernah bertuang dalam bait-bait puisi milik Su Hok Gie. Gie ini adalah seorang aktivis orde baru yang juga seorang pecinta alam.

3. Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani, Lombok)

Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani, Lombok)
Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani, Lombok)

Dengan ketinggian 3.726 Mdpl, Rinjani ini di kenal sebagai salah satu gunung terindah  di indonesia. Jika anda mendaki gunung ini, anda akan melihat padang rumput yang sangat luas. Jika anda mempunyai kesempatan untuk mendaki Rinjani, gunakanlah jalur sembalun yang terkenal indahnya. Setelah 12 jam pendakian melewaati pos 1, pos 2, pos 3, maka anda akan tiba di plawangan sembalun. Pemandangan yang super cantik yaitu Danau Sagara Anak. Dan bung-bunga edelweiss itu tumbuh di sekelilingnya. Lokasinya ada di gunung rinjani yang terkenal akan golden sunrisenya itu. Kamu bisa temukan padang edelweiss di ketinggiaan 2.700 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Alun (Gunung Papandayan, Jawa Barat)

Gunung Alun (Gunung Papandayan, Jawa Barat)
Gunung Alun (Gunung Papandayan, Jawa Barat)

Papandayan ini terletak di Kabupaten garut. Gunung yang ketinggian 2.665 Mdpl ini punya magnet untuk para pendaki. Salah satunya adalah kawah belerang degan pemandangan yang sangat eksotis. Tapi, yang menjadi favorit bagi para pendaki ialah Tegal Alun, kawasan puncak gunung papandayan. Hamparan edelweiss menjadi panorama yang dominan saat kamu melepaskan pandangan di gunung alun. Disana tidak boleh mendirikan tenda, dan sebaiknya kamu berangkat sebelum matahari terbit. Melihat sinar mentari yang turun dan menimpa hamparan edelweiss adalah pemandangan yang bisa kamu bawa pulang atas kenangan mendaki papandayan.

5. Gunung Semeru, Ranu Kumbolo

Gunung Semeru, Ranu Kumbolo
Gunung Semeru, Ranu Kumbolo

Bunga edelweiss ini di sebut sebagai bunga abadi karena daya tahannya yang lama. Dan banyak di jumpai di pegunungan. Salah satu yang terbaik untuk melihatnya adalah di Ranu Kumbolo. Bunga keabadian yang menjadi salah satu tanaman yang paling kami temui saat mendaki puncak para dewa. Letih saat mendaki itu sudah pasti, namun adakalanya rasa letih itu hilang ketika sudah melihat bunga edelweiss yang indah itu. Danau di ranu kumbolo sangat luar biasa cantik, tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata.

6. Gunung Lawu

Edelweiss gunung lawu
Edelweiss gunung lawu

Hanya di jalur pendakian gunung lawu kamu bisa dapati bunga edelweiss dengan warna yang sedikit berbeda yaitu warna ungu. Namun untuk melihatnya butuh sedikit perjuangan. Tidak selalu ada di saat edelweiss lain mulai bermekaran, sekalipun ada letaknya bisa saja di tepian jurang menganga sebagai pemandangannya. Bisa juga tersembunyi di antara warna putih dan coklat yang menjadi dominan bagi edelweiss. Ada banyak fakta dari bung edelweiss yang kurang di ketahui oleh para pendaki. Para pendaki pada umumnya hanya tau bahwa bunga edelweiss adalah bunga abadi.

7. Gunung Merbabu

edelweiss gunung merbabu
edelweiss gunung merbabu

Edelweiss menjadi magnet tersendiri bagi para pendaki yang melalui jalur pendakian Selo, mulai dari Tuk Pakis hingga Sabana I dan juga Sabana II. Bunga edelweiss adalah sebuah bunga yang menjadi dekat dengan para pendaki gunung, saking dekatnya sampai banyak pendaki nakal yang memetik bunga edelweiss ini. Hamparan edelweiss seluas 50 hektare ada di ketinggian 2.700 hingga 2.750 meter di atas permukaan laut. Seakan-akan pemandangan ini menjadi bukti petualangan ke Gunung Merbabu.

8. Kalimati

edelweiss kalimati
edelweiss kalimati

Puncak tertinggi di Jawa bukanlah satu-satunya godaan untuk berkunjung ke Semeru. Kalau melewati Kalimati ini, kamu langsung akan menemukan hamparan edelweiss yang tidak boleh dilewatkan. Melihat edelweiss ini berlatar belakang kerut puncak sang mahameru memang menjadi satu potret yang tak akan dilupakan.

Gravatar Image
Gadis kota yang sedang mencari ilmu, jauh dari tempat asalnya demi mandapatkan ilmu dunia dan akhirot, bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan ingin membanggakan kedua orang tua.

Leave a Reply