Cara Menanam Cabe Rawit dengan Biji
Cara Menanam Cabe Rawit dengan Biji

Cara Kreatif Budidaya Cabe Rawit

Posted on

Cara Menanam Cabe Rawit Dengan Biji

Cara Menanam Cabe Rawit dengan Biji
Cara Menanam Cabe Rawit dengan Biji

Jaman sekarang cabe rawit harganya sangat mahal sekali satu kilogramnya bisa mencapai harga seratus ribu rupiah dengan ini kami dari gedubar.com mempunyai cara yang sangat mudah untuk untuk menanam pohon caberawit yang bisa dilakukan dirumah kalian. Jika ingin mendapatkan suatu hal dengan maksimal maka hal awal yang harus dilakukan adalah melakukan awalan yang baik.

Adapun langkah awalan yang baik untuk menanam cabe rawit adalah dibawah ini:

  1. Siapkan atau buat benih cabe rawit
  2. Menyemai benih cabe rawit terlebih dahulu
  3. Setelah disemai kemudian tanam benih cabe rawit
  4. Merawat tanaman cabe rawit dengan baik dan teratur.

Diatas adalah awalan yang baik untuk menanam cabe rawit, anda bisa menggunakan pot atau bisa langsung ditanamkan langsung dihalaman rumah anda. Adapun cara cara untuk melakukan hal itu semua adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Benih Cabe Rawit

Cara Membuat Benih Cabe Rawit
Cara Membuat Benih Cabe Rawit

Sebetulnya ada cara yang lebih mudah lagi untuk menyiapkan benih cabe rawit yaitu beli di toko petani cabe rawit yang sudah dijamin kulaitasnya, akan tetapi dikarnakan tujuan kita hanya untuk sekedar memenuhi bahan masak dirumah kita maka kita akan belajar sedikit untuk membuat benih cabe rawit. Dibawah ini adalah sdikit cara untuk mnghasilkan benih cabe rawit yang baik dan bagus.

  • Jangan sekali kali membuat benih cabe rawit sisaan atau bekas cabe yang kita dapat dari membeli sebuah gorengan karena rata rata cabe yang digunakan adlah cabe yang masih mentah dan belumk terlalu tua. Saran kami lebih baik memakai cabe dari warung yang menjual sayuran dikarnakan biasanya cabe rawit merah yang dijual itu sudah merah matang, dan lebih baik lagi jika kita telah mempunyai pohon cabe rawit sendiri, kalau begitu tinggal pilih cabe rawit yang sudah matang dan berwarna merah dan pastikan cabe dalam kondisi baik jangan sampai cabai dalam kondisi kurang baik(kena penyakit atau dimakan oleh hama).
  • setelah kalian mempunyai cabe rawit yang berkualitas baik yang akan digunakan untuk membuat benih maka potonglah cabe tersebut menjadi tiga bagian setelah itu ambil bagian buah cabe yang tengahnya saja setelah itu pisahkan antara biji, kulit cabe tersebut.
  • Tahap selanjutnya anda sudah mempunyai benih cabe rawit, kemudian siapkan sebuah tempat untuk menanam benih tersebut dan isi tempat tersebut dengan air yang hangat setelah itu haluskan satu bawang merah kemudian campurkan bawang merah tersebut dengan air hangat tadi lalu rendam biji yang telah dipilih tadi kemudian semalaman.
  • Keesokan harinya akan terlihat biji yang mengambang dan yang tenggelam aambil biji yang tenggelam saja dan buah yang mengambang. Kemudian jemur biji tadi tapi ingat jangan langsung terkena sinar matahari karna itu akan merusak pada benih cabe rawit tersebut.

Cara Menyemai Benih Cabe Rawit

Cara Menyemai Benih Cabe Rawit
Cara Menyemai Benih Cabe Rawit

Setelah kita telah memiliki bibit cabe rawit maka tahap selanjutnya adalah menyemainya, kenapa tidak langsung ditanam di pot saja atau halaman rumah? Ini karena jika kita langsung menanamnya di pot atau di halaman rumah langsung maka hasil yang akan didapat tidak akan sesuai dengan keinginan kita. Maka dari itu jita harus menyemainya terlebih dahulu agar kita bisa memilih bibit cabe yang baik dan yang terkena penyakit. Didalam menyemai binih cabe rawit dapat menggunakan beberapa lembar tisu    adapun caranya sebagai berikut:

  • Basahi beberapa lembar tisu dengan air bersih, kemudian taburkan benih jaberawit yang telah dipilih tadi kemudian tutup lembaran tisu yang telah di taburi benih cabe rawit tersebut dengan beberapa tisu yang sudah dibasahi. Kemudian masukan tisu tadi kedalam tempat atau wadah kemudian tutup rapat, setelah itu tunggu sampai beberapa hari sampai benih cabe rawit berkecambah. Setelah itu pindahkan bibit cabe yang sudah disemai kemudian pindahkan kedalam pot atau kehalaman rumah anda.

Jika cara diatas terlalu rumit untuk anda lakukan anda juga bisa melakukan dengan menggunakan pot adapun caranya sebagai berikut:

Letakkan benih jaberawit yang anda miliki kedalam pot, kemudian tutup dengan tanah sedikit saja jangan terlalu tebal kemudian taruh pot tersebut di tempat yang terjangkang dari pancaran sinar mata hari secara langsung dan jangan sampai di patoki oleh ayam atau hewan lainnya yang dapat merusak benih tersebut, siram benih tersebut dengan air setiap pagi dan sore tapi menggunakan perasaan atau menggunakan semprotan jangan langsung diguyur, setelah itu tunggu sampai tiga atau empat hari maka biji cabai akan kelihatan mana yang tumbuh baik atau tidak. Setelah itu tanam pohon cabai itu di pot atau di halaman rumah anda.

Cara Menanam Cabe Rawit dalam Pot

Cara Menanam Cabe Rawit dengan Pot
Cara Menanam Cabe Rawit dengan Pot

Langkah yang pertama siapkan pot yang berdia meter 30Cm, kemudian isi pot tersebut dengan campuran tanah gembur, pupuk kompos, dan pupuk kandang. Setelah itu pilih bibit cabe yang sehat dengan cara mencari batang yang kuat dan mempunyai sekitar 5-7 helai. Kemudian letakkan bibit cabe tersebut kedalam pot jika anda menggunakan pot ketika menyemainya jangan lupa untuk melepas plastiknya dan jangan sampai merusak pada akar bibit tersebut. Dan saran kami ketika memindahkan bibit cabai diwaktu sore hari atau pagi hari ketika panas matahari tidak terlalu menyengat. Kemudian tutup lobang dengan tanah yang di gunakan untuk menyemai tadi setelah itu siram dengan air setiap hari secukupnya dan tunggu beberapa minggu.

Bagaimana mudahkan untuk menanam cabe sendiri, semoga bermanfaat bagi anda semua hitung hitung untuk meminimalisirkan biaya kebutuhan bumbu masak.

Gravatar Image
saya adalah seorang remaja yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply