Kelinci Anggora

Cara Mudah Merawat Kelinci Anggora Dengan Baik

Posted on

Pasti kalian suka dengan yang namanya hewan yang satu ini yaitu Kelinci Anggora, hewan ini biasanya jadi hewan peliharaan untuk orang-orang yang suka sekali dengan binatang. Beberapa trik untuk merawat hewan peliharaan kalian yang kalian sukai supaya tetep bagus dan menarik saat dilihat, kelinci ini termasuk hewan yang dipelihara keindahan bulu dan bentuknya. Tentunya hewan yang kita sukai tidak mau kalau hewan ini tidak dirawat dengan baik? Nah, binatang kali ini saya akan membagikan beberapa trik untuk merawatnya dengan baik dan supaya tetap cantik.

Kelinci Anggora adalah kelinci yang bersal dari Turi tepatnya dari kota Ankara. Kelinci ini memiliki ciri-ciri berbulu tebal supaya sangat unik saat dipelihara, selain itu bulu yang halus dan lebat dari kelinci membuatnya bisa dijadikan sebagai woll. Dipasar hewan biasanya kelinci anggora bisa didapatkan dengan sekitar harga Rp 250.000 untuk anakan dan 250.00 sampai 300.000 untuk kelinci anggora dewasa.

kelinci-anggora
kelinci-anggora

Merawat Kelinci Anggora

Kalian harus merhatikan dari kandangnya, kandangnya sebaiknya disekat untuk memisahkan kelinci satu dengan kelinci yang lainnya terutama bagi jantan, karena jantan biasanya suka berkelahi dan itupun bisa mengakibatkan luka, ukuran yang direkomendasikan yaitu 50×50. Tetapi jika kalian mempunyai halaman yang lebih, kalian bisa melepas kelinci itu agar bisa berlarian bebas secara alami. Terlebih lagi kalau alasnya rumput, seperti rumput gajah atau rumput jepang, beri ruang gerak agar lebih tidak stres dan jauhkan dari tanah yang basah dan becek biar tidak terlalu kotor.

Kandang tidak boleh lembab, bersihkan dan jemur kandang sesering mungkin agar terhindar dari berbagai macam penyakit, kandang yang kering itu lebih baik. Kalian bisa memberi alas pada kandang tersebut biar kotoran tidak terinjak-injak dan kandang akan terlihat lebih bersih.

Kandang-Kelinci-Yang-Baik
Kandang-Kelinci-Yang-Baik

Makanan

Menjaga pola makan kelinci yaitu salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatannya, kasih makanan dengan pola makan yang teratur. Makanan yang paling baik untuk kelinci adalah makanan yang tidak mengandung banyak air, karena kalau mengandung banyak air akan menjadi bau dan timbulah berbagai macam penyakit. Atur pola makannya, kalian bisa memberi makan kelinci dengan memberikan pada waktu pagi dan sore atau sore dan malam. Kalian harus menyediakan tempat makan dan minum yang baik, sehingga makanan tidak tercampur dengan kotoran.

Hindari pemberian pakan yang bersifat monoton pada kelinci seperti pemberian satu jenis makan, hal yang mendasar yang perlu diperhatikan pada saat memelihara kelinci adalah menghindari beberapa mitos yang tidak benar mengenai kelinci. Kelinci membutuhkan air minum dan kangkung yang baik

Makanan-Yang-Baik-Untuk-Kelinci
Makanan-Yang-Baik-Untuk-Kelinci

Kebersihan

Memandikan kelinci sekali itu perlu untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi didalam bulu kelinci. Untuk memandikan tidak sulit, cukup kalian memandikan dengan memakai air hangat dan shampo, sediakan air hangat untuk mandi bayi supaya tidak terlalu panas. Masukkan kelinci kedalam ember yang berisi air hangat basahi lalu bersihkan dengan menggunakan shampo, setelah itu bilas sampai bersih karena shampo merupakan racun bagi kelinci dikhawatirkan akan tertelan saat kalian memandikan. Keringkan dengan handuk lalu beri bedak, berikan bedak dengan jenis bedak gatal atau bedak bayi berikan setelah bulunya sudah kering.

Penyakit

Perhatikan tingkah laku kelinci kalian kalau terjadi perubahan pada fisik atau prilaku segera kalian cari tahu apakah ada yang salah dengan tingkah itu?. Beri obat dan beri rawatan sesuai dengan penyakit yang sedang diderita, penanganan secara dini pada penyakit dapat menyelamatkan kelinci dari bahaya. Kalau terlambat menangani akan mengakibatkan penyakit itu akan semakin parah dan akan mengakibatkan kematian.

Sebetulnya banyak sekali yang perlu diperhatikan dalam memelihara kelinci anggora, cara yang mudah adalah dengan cara mencegah segala kemungkinan yang tidak kalian inginkan dan kalian harus memperhatikan tingkah lakunya.

Kelinci Membutuhkan Olahraga

Hal yang paling sering dilupakan oleh penggemar kelinci, kelinci adalah hewan aktif yang membutuhkan ruang gerak yang cukup dan juga membutuhkan latihan seperti lompat. Jika tidak mempunyai kandang besar sering-seringlah mengajak kelinci kalian untuk keluar untuk sekedar latihan supaya badannya tetap sehat.

Pada saat kalian memberikan ruang kelinci didalam rumah kalian harus bisa ngehindari kandang dengan kabel karena kelinci memiliki gigi yang tidak berhenti mengunyah, maka kandang kelinci sebaiknya jauhkan dari kabel dan juga stop kontak yang membahayakan kelinci dan juga merugikan kalian.

Kelinci Juga Membutuhkan Perhatian

Kalau kalian ingin memelihara kelinci kalian jangan cuma memelihara satu ekor, kelinci membutuhkan teman untuk berinteraksi dan sebisa mungkin memelihara kelinci satu pasang agar naluri biologis kelinci dapat tersalurkan. Kelinci yang hidup sendiri lebih rentang stres dan mudah banget untuk terserang penyakit.

Pada saat keadaan tertentu klaian bisa melakukan interaksi dengan kelinci, namun dengan hal ini kalian harus membutuhkan kesabaran dan membiasakan mengingat naluri kelinci, kelinci sebagai hewan buruan ada secara alami dalam tubuh kelinci. Menggendong kelinci sering mungkin dengan lembut akan membuat kelinci terbiasa, pada awalnya kelinci akan mberontak oleh karna itu pengawasan orang dewasa sangat dibutuhkan pada masa awal memelihara kelinci. Pelajari juga cara menggendong kelinci dengan baik agar kelinci tidak merasakan kesakitan.

Kelinci merupakan hewan peliharaan yang kalian rawat dengan baik, kesehatan kelinci berarti juga merupakan kesehatan kalian. Kelinci harus dirawat agar terhindar dari kutu, jika kalian tidak memiliki keterampilan saat memandikan kelinci kalian supaya minta penanganannya pada yang sudah ahli. Shampo khusus kelinci sangat diperlukan sekali dan teknik memijat akan membantu kelinci kalian sehat dan tidak stres pada saat dimandikan.

Gravatar Image
Saya adalah gadis desa yang berkaca mata yang sedang mencari ilmu untuk menjadi pengusaha sukses dan ingin bisa menjadi kebanggaan orang tua.

Leave a Reply