macam macam jenis mouse pada komputer.
macam macam jenis mouse pada komputer.

Jenis Jenis Mouse Pada Komputer

Posted on

Secara tidak kita sadari mouse yang kita pakai sangat berguna, coba kita mengoprasikan pc atau laptop tanpa mouse pasti terasa ada yang kurang, namun saat kita menggunakan komputer tanpa mouse masih bisa tapi kita mengoprasikan sedikit kesusahan. Mouse termasuk perangkat keras (software) yang befungsi sebagai penggerak pointer beserta kursor dalam komputer. Bukan itu saja fungsi mouse, mouse juga di gunakan untuk klik, double klik dan juga scrool atau yang sering kita sebut menggulung layar.

macam macam jenis mouse pada komputer.
macam macam jenis mouse pada komputer.

Tahukah anda? Jenis jenis mouse sangatlah beragam, oleh karna itu kali ini saya akan menggulas sedikit jenis mouse di antaranya jenis mouse berdasarkan fisik, berikut jenis mouse berdasarkan fisik:

Jenis Jenis Mouse Berdasarkan Fisik

1. Mouse Optic

mouse optic sering kita gunakan sampai saat ini, mouse ini menggunakan teknologi optic atau sinyal inframerah yang berada di bawah mouse untuk menggerakan pointer. Karna bawah mouse permukaanya datar dan rata kita dengen mudah menggerakan pinter pada komputer anda dengan mudah. Mouse ini juga mudah kita jumpai di toko toko alat komputer dan harganya relatif murah

2. Mouse Track Ball

Untuk mouse jenis ini sudah sangat sulit kita jumpai di toko toko elektronik, karna mouse ini sudah jarang di gunakan oleh para pengguna komputer. Mouse track ball menggunakan bola kecil untuk menggerakan pointer.

Dan berikut jenis jenis mouse berdasarkan fisiknya, sekarang tergantung anda mau menggunakan mouse yang mana. Dan saya akan menggenalkan lagi jenis mouse berdasarkan portnya, berikut jenis mouse berdasarkan portnya antara lain:

Jenis Jenis Mouse Berdasarkan Portnya

I. Mouse Serial

Pada masa era baru seperti sekarang mouse serial sudah tidak digunakan lagi. Mouse serial di gunakan jaman dahulu pada era pentium 1 pentium dan pentium 3 berjenis AT. Sesuai dengan namanya mouse ini memiliki port serial yang unjung portnya terdiri beberapa pin.

II. Mouse PS2

Mouse PS2 ini sampai sekarang masih digunakan oleh para pengguna komputer waulupun penggunanya tidak banyak seperti dulu, karna banyaknya jenis jenis mouse tipe baru dan berteknologi jenis mouse ini sedikit demi sedikit di tinggalkan. Di port PS2 memilki ciri cir berwarna hijau sedangkan keyboard PS2 memiliki warna biru atau ungu pada portnya.

III. Mouse USB

Mouse USB ini masih umum digunakan oleh para penggunanya meskipun sekarang banyak yang menggunakan mos wireless. Mouse ini sangat kompatibel yang sesuai dengan jaman sekarang, port mouse ini berupa usb dan dengan mudah kita menancapkan pada slot di komputer atau laptop anda.

IV. Mouse Wireless

Mouse wireless ini adalah tipe mos terbaru. Mouse ini tanpa kabel jadi kita memakai tidak ribet dengan adanya kabel, mouse ini menggunakan sinyal wireless jadi kita menggunakan sangat mudah tinggal kita tancapkan wireless device ke port usb dan mouse akan terdeteksi secara otomatis. Mouse ini harganya relatif mahal jika di bandingkan dengan mouse jenis lain. Namun mouse ini sangat ringkas.

Berikut jenis jenis mouse yang dapat saya sampaikan, sekarang tergantung anda mau menggunakan mouse tipe yang mana kalau saran saya pilihlah sesuai kemampuan anda membeli. Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat.

Gravatar Image
seorang remaja desa yang sedang berjuang untuk masa depan yang sesuai dengan harapan. kemudian berfikir bagaimana cara membahagiakan kedua orang tua dengan apa yang kita raih dan kita harus berprinsip hidup jangan mengejar waktu biarlah waktu yang mengejar kita.

Leave a Reply